10 Prosedur Pelayanan Di Bisnis Restoran

10 Prosedur Pelayanan Di Bisnis Restoran

Restoran merupakan salah satu bisnis yang bergerak disektor makanan dan minuman. Restoran menjadi salah satu usaha yang cukup menunjang dalam industri pariwisata dan perhotelan. Dalam menjalankan usaha restoran, pelayanan menjadi salah satu faktor keberhasilan usaha Anda.

Jika Anda hanya mengandalkan makanan yang enak, konsumen akan malas datang direstoran Anda. Namun, jika Anda memberikan pelayanan yang memuaskan pelangan akan berdatangan ke restoran Anda karena merasa dihargai dan dihormati. Ungkapan pelangan adalah raja menjadi dasar bagi para pelaku usaha restoran agar memberikan pelayan terbaik pada para pembeli.

Dalam melakukan pelayanan terdapat standar operasional yang harus dipenuhi oleh para pramusaji restoran. Standar operasional prosedur pelayanan ini menjadi sangat penting untuk bisa memberikan kesan tersendiri bagi para pengunung.

Dengan mengikuti standar prosedur pelayanan yang baik disertai rasa tanggung jawab tinggi akan menjadikan pramusaji lebih bersikap profesional dalam bidangnya. Semua orang yang terlibat dalam pelayanan di restoran harus menyadari bahwa penilaian atas pelayanan di restoran tersebut datang dari sudut pandang tamu.

Oleh karena itu, para pramusaji harus mampu memberikan pelayanan kepada setiap tamu dengan sangat baik. Setiap tamu berhak mendapatkan pelayanan terbaik tanpa membedakan. Berikut ini merupakan beberapa standar operasional pelayanan di restoran bagi para pramusaji :

1. Greeting The Guest

Tamu yang memasuki restoran akan disambut dengan ramah oleh hostess restoran atau resepsionis. Hal ini dilakukan agar memberi kesan kekeluargaan serta memudahkan pelangan baru yang belum mengerti prosedur pemesanan.

2. Sitting The Guest

Setelah tamu memasuki restoran, tamu akan diantar pada meja yang telah dipesan atau membantu memilih meja yang disukai. Kemudian pramusaji akan membantu menarik kursi ketika pelangan akan duduk.

3. Puring Ice Water

Sajikan air putih sebagai pembuka sebelum pelangan memakan hidangan utama.

4. Presenting The Menu Atau Taking Order

Pramusaji akan memberikan daftar menu dari sisi kiri tamu, sambil membantu menjelaskan pada tamu jika mengalami kesulitan dalam memilih menu. Pramusaji juga dapat menawarkan hidangan spesial dari restoran tersebut.

5. Adjustment

Pramusaji melakukan clear up atau mengganti peralatan makan yang disesuaikan dengan menu yang dipesan oleh tamu. Penempatan sendok, garbu dan pisau yang benar akan menjadi nilai plus dalam pelayanan.

6. Serving The Food

Menyajikan makanan sesuai dengan aturan yang telah ditentukan, seperti meletakkan makanan dengan tangan kanan. Dalam kesempatan ini pramusaji dapat menjelaskan makanan yang dipesan.

7. Clear Up

Clear up adalah proses mengambil peralatan yang kotor setelah tamu selesai makan hidangan utama. Pada saat hidangan dessert akan dikeluarkan pramusaji akan mengambil peralatan yang tidak digunakan lagi.

8. Crumbing Down

Crumbing down adalah proses membersihkan meja makan dari kotoran setelah proses clear up dilakukan.

9. Presenting The Bill

Sebelum memberikan bill captain atau nota tagihan pramusaji bisa menanyakan komentar tamu mengenai pelayanan, citarasa makanan dan minuran serta suasana pada restoran. Komentar atau masukan dari para tamu dapat dijadikan tolak ukur pengembangan dan perbaikan restoran dimasa depan.

10. Ucapan Terimakasih

Setelah tamu selesai makan dan hendak pulang jangan lupa ucapkan terimakasih dan ucapkan salam perpisahan seperti selamat malam, jangan lupa datang ke restoran kami lagi. Ini membuat tamu Anda merasa dihargai dan dinantikan kehadirannya kembali.

Sekian Artikel dari saya semoga bermanfaat. Jangan lupa dishare di akun sosial media Anda ya agar teman Anda juga mendapatkan maanfaatnya. Banyak berbagi banyak rejeki lho. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan koment dibawah. Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Asal kamu mau berjuang untuk meraihnya. @venjaskens

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

// //