3 Cara Stock Opname Minimarket yang Efektif

3-cara-stock-opname-minimarket-yang-efektif-image

Setiap perusahaan tentunya harus melakukan pendataan ulang untuk mengetahui progress dari perusahaan itu sendiri. Tidak terkecuali perusahaan seperti minimarket. Hal tersebutlah yang kemudian membuat proses stock opname pada minimarket menjadi sangat dibutuhkan.

Bagi mereka yang masih awam mungkin istilah stock opname masih terdengar asing di telinga. Namun bagi mereka yang sudah terbiasa bekerja di minimarket tentunya istilah ini sudah tidak asing lagi. Stock opname pada minimarket bisa dibilang adalah menghitung ulang stock maupun ketersediaan barang yang ada di gudang.

3 Cara Efektif Stock Opname

Stock barang inilah yang kemudian akan menjalankan perusahaan minimarket itu sendiri. Sayangnya, masih banyak pihak yang kesulitan untuk melakukan stock opname dengan cara yang benar. Untuk itulah, berikut ini akan dijelaskan cara stock opname minimarket yang efektif seperti berikut ini.

1. Lakukan Ketika Toko Tutup

Tips pertama untuk melakukan stock opname secara efektif adalah lakukan ketika toko tutup. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa stock opname adalah menghitung barang yang tersedia. Tentunya hal ini akan menjadi masalah atau bahkan semakin rumit apabila melakukan stock opname ketika toko sedang buka.

Karena hal ini akan menyebabkan barang yang seharusnya belum dihitung ternyata sudah terbeli oleh pelanggan. Hal ini dipastikan akan membuat perhitungan stock barang menjadi rancu. Untuk mencegah hal tersebutlah, lakukan stock opname ketika toko tutup untuk membuat perhitungan barang menjadi lebih rinci dan tidak terganggu dengan hal lainnya.

2. Hindari Peak Season

Tidak bisa dipungkiri bahwa melakukan stock opname juga harus dipenuhi perhitungan. Hal tersebut bukannya tanpa alasan. Seperti yang diketahui bahwa ketika melakukan stock opname maka harus dipastikan bahwa toko sedang tutup agar perhitungan tidak terganggu. Yang belum diketahui oleh banyak orang adalah proses stock opname ini sendiri membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Sangat tergantung dengan besar atau kecilnya minimarket itu sendiri. Ada yang membutuhkan waktu satu hari hingga satu minggu. Tentu melakukan hal ini akan membuat penghasilan dari minimarket menurun. Untuk itulah, untuk menghindari kerugian yang lebih besar lagi usahakan melakukan stock opname di luar peak season atau waktu laris.

Dimana yang dimaksud dengan waktu laris adalah waktu atau hari-hari ketika pembelian di minimarket tengah tinggi-tingginya. Biasanya hal ini terjadi di musim libur atau hari raya. Berangkat dari hal tersebut, ada beberapa momen yang paling tepat untuk melakukan stock opname seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

  • Momen Akhir Tahun

Melakukan stock opname di akhir tahun biasanya dilakukan untuk menghadapi tahun baru dengan laporan keuangan yang baru. Hal ini juga dilakukan untuk melihat perkembangan minimarket tersebut dalam rentang satu tahun terakhir.

  • Momen Setengah Tahun

Biasanya yang melakukan stock opname di setengah tahun atau tiap semester adalah perusahaan minimarket dengan jumlah persediaan yang cukup besar. Hal ini dilakukan agar lebih mudah melakukan penghitungan barang agar tidak terlalu menumpuk.

  • Disela Hari Kerja

Melakukan stock opname juga bisa dilakukan di hari kerja. Hanya saja perlu diingat bahwa melakukan stock opname di hari kerja jangan dilakukan semua. Lakukan bertahap hari demi hari agar tidak terlalu menguras waktu.

3. Manfaatkan Teknologi

Dengan teknologi yang sudah maju sekarang tentunya tidak boleh disia-siakan. Salah satunya adalah ketika melakukan stock opname yang dibantu dengan teknologi. Yaitu dengan menggunakan stock opname secara elektronik. Yaitu sebuah mesin khusus yang dibuat untuk membantu stock opname secara lebih mudah, ringkas, teliti dan juga cepat.

Cara stock opname minimarket yang efektif sebenarnya tidak terlalu rumit asalkan tahu seluk beluknya. Tips di atas bisa dijadikan landasan utama untuk melakukan hal tersebut. Terutama bagi Anda yang bekerja langsung di perusahaan retail seperti minimarket.

Sekian Artikel dari saya semoga bermanfaat. Jangan lupa dishare di akun sosial media Anda ya agar teman Anda juga mendapatkan maanfaatnya. Banyak berbagi banyak rejeki lho. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan koment dibawah. Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Asal kamu mau berjuang untuk meraihnya. @venjaskens

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *