4 Cara Efektif Meningkatkan Penjualan atau Sale di Minimarket

cara-efektif-meningkatkan-penjualan-atau-sale-di-minimarket-image

Salah satu keberhasilan penjualan adalah terjadinya transaksi yang signifikan dan terus tumbuh sehingga menghasilkan laba yang sesuai target. Hal ini yang menjadi dasar para pengusaha muda Indonesia terus berinovasi dalam kegiatan penjualannya.

Persaingan bisnis minimarket yang menghadapi persaingan ketat. Apalagi terbentuknya MEA mempermudah pengusaha asing untuk mendirikan usahanya di Indonesia banyak dari produk mereka sudah memiliki nama di kalangan masyarakat. Maka dari itu daya kreatifitas dan inovasi sangat dibutuhkan.

4 Cara Efektif Meningkatkan Penjualan Minimarket

Berikut ini 4 cara efektif supaya penjualan di minimarket terus meningkat.

1. Prioritaskan Qualitas Barang

Artinya ketika Anda membuka sebuah bisnis minimarket. Ambil contoh sebuah minimarket kebutuhan pangan. Sebagai pelaku bisnis minimarket biasanya ketika pertama kali membeli barang ke pemasok, Anda harus hati-hati dalam memperhatikan kualitas dari produk, nota-nota sebagai bukti pembayaran secara cash, serta kuantitas barang yang dibutuhkan.

Namun, setelah beberapa kali melakukan pembelian Anda jadi sering melakukan pembiaran terhadap kualitas produk, harga produk saat ini serta bukti-bukti pembayaran, bahkan tak jarang karena sudah merasa nyaman berbelanja dari pemasok Anda melakukan pembayarannya terakhir atau sistem mengutang terlebih dahulu.

Kebiasaan seperti ini harus Anda hindari, meski sudah merasa aman melakukan transaksi dengan salah satu pemasok ke minimarket. Ingat Anda tetap harus jeli terhadap setiap transaksi, karena ini akan berdampak pada Cash Flow (Arus Kas). Dengan ketelitian Anda akan mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi pada produk yang Anda jual.

2. Perhatikan Harga Yang Ditawarkan Dari Setiap pemasok

Tak jarang ketika Anda membuka sebuah usaha minimarket, maka sales-sales banyak yang menawarkan produk dengan harga sesuai keinginan mereka. Kunci seorang pengusaha yang ulung adalah ia mampu melihat apakah dengan harga yang ditawarkan sudah sesuai dengan produk yang dijual oleh sales tersebut.

Peran Anda adalah harus mampu memahami harga dari setiap produk yang ada di pasar. Jika diperlukan lakukan survei kecil-kecilan dengan berselancar di internet, disana akan muncul hasil pencarian dari daftar harga terhadap produk itu yang dijual sama di tempat lain. Ketika sudah melakukan hal tersebut Anda akan lebih selektif lagi untuk memilih pemasok produk.

3. Kuantitas Barang yang Harus dibeli

Di point ini, kita harus mampu menganalisis kebutuhan masyarakat yang sering berbelanja. Sehingga pada saat memperhitungkan barang yang akan dibeli sudah jelas jumlahnya. Karena ketika kita membeli barang sesuai dengan taksiran saja, barang tersebut bisa saja tidak menghasilkan transaksi melainkan malah membuat minus dalam laporan penjualan. Pencatatan stok barang minimum sangat dibutuhkan untuk mengkalkulasikan jumlah pembelanjaan yang harus kita beli sebagi barang yang tersedia.

4. Promosi yang Kreatif mampu Meningkatkan Penjualan

Apa yang dimaksud dengan promosi kreatif? Maksudnya adalah pelaku bisnis minimarket harus mampu melakukan kegiatan promosi terhadap produk apa saja yang tersedia, pemberian diskon harga pada kegiatan-kegiatan tertentu, atau pembuatan member card sehingga setiap transaksi yang dilakukan konsumen akan mendapatkan point pembelian, sehingga ketika point sudah mencapai batas maksimum perusahaan akan memberikan voucher belanja. Teknik-teknik seperti inilah yang akan menarik penjualan kita meningkat semakin melejit tinggi. Semakin banyaknya pengusaha yang mendirikan outlet-outlet minimarket maka kita juga harus pandai mencari teknik-teknik untuk penjualan. 

Sekian Artikel dari saya semoga bermanfaat. Jangan lupa dishare di akun sosial media Anda ya agar teman Anda juga mendapatkan maanfaatnya. Banyak berbagi banyak rejeki lho. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan koment dibawah. Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Asal kamu mau berjuang untuk meraihnya. @venjaskens

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *