4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Kasir Restoran

4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Kasir Restoran

Suksesnya sebuah usaha restoran tentunya dipengaruhi dan juga ditentukan oleh berbagai faktor. Mulai dari lokasi restorannya, menu yang tersedia hingga yang tidak boleh dilewatkan adalah para pekerjanya. Khusus untuk para pekerjanya maka posisi kasir restoran seringkali dilewatkan oleh banyak orang. Padahal posisi kasir ini memegang peranan yang tidak kalah pentingnya. Kenapa sih begitu? Soalnya kasir ini akan berinteraksi langsung dengan pelanggan dan menentukan puas atau tidaknya kunjungan mereka ke restoran. Untuk itulah, berikut ini ada 4 kesalahan yang sering dilakukan kasir restoran mesti diketahui guna bisa dihindari.

1. Kurang Ramah pada Pelanggan

Kesalahan pertama yang sering dilakukan kasir restoran adalah mereka kurang ramah terhadap pelanggan. Bahkan biasanya kesalahan ini seringkali dilakukan tanpa disadari oleh banyak kasir. Biasanya kurang ramah ini paling sering terjadi ketika kondisi restoran sedang ramai dan membuat para kasir harus bekerja ekstra. Dalam kondisi lelah dan tekanan kerja yang tinggi seringkali membuat banyak kasir kehilangan kontrol emosinya. Sayangnya, hal tersebut seringkali diekspresikan secara kurang tepat hingga membuat pelayanan terhadap pelanggan menjadi kurang ramah. Biasanya disebabkan karena ingin cepat menyelesaikan pekerjaan. Padahal hal tersebut hanya akan menjadi bumerang karena akan membuat Anda tidak disukai pelanggan dan membuat mereka enggan untuk kembali lagi.

2. Tidak Mengulang Pesanan

Kesalahan berikutnya yang juga sering dilakukan oleh kasir restoran adalah dengan tidak mengulang pesanan. Padahal dengan mengulang pesanan pada pelanggan akan membuat mereka merasa diperhatikan dan juga dihargai. Selain itu, dengan mengulang pesanan maka akan meminimalisir terjadinya kesalahan order atau detail menu yang tidak sesuai keinginan. Hal tersebut tentunya berujung untuk menjaga kepercayaan dan kepuasan pelanggan.

3. Kurang Hati-Hati Dalam Menghitung Uang

Kesalahan yang satu ini bisa dibilang cukup vatal karena berdampak langsung dengan tagihan dan juga finansial restoran. Kesalahan tersebut adalah kurang hati-hati dalam menghitung uang. Mulai dari uang yang diterima dari pelanggan hingga uang yang untuk kembalian. Meskipun sudah dibantu dengan adanya mesin kasir, sayangnya karena kurang teliti ataupun karena terburu-buru membuat nominal uang tidak seharusnya. Hal ini bisa diatasi dengan selalu teliti terhadap penghitungan uang dan juga usahakan untuk tidak terlalu terburu-buru. Bahkan tidak ada salahnya untuk melakukan penghitungan uang kembali untuk memastikan ketepatannya apabila waktu yang dimiliki memang memungkinkan.

4. Tidak Memperhatikan Keaslian dari Uang

Kesalahan terakhir yang sering dilakukan adalah dengan tidak memperhatikan keaslian uang yang diberikan oleh pelanggan. Soalnya sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa sekarang ini sudah banyak sekali beredar uang palsu. Masalahnya apabila tidak diteliti uang palsu ini memiliki tingkat kemiripan yang sangat tinggi dengan uang asli. Hal ini bisa menjadi petaka apabila kasir kurang teliti dan menerima begitu saja uang dari setiap pelanggan. Untuk itulah, penting sekali bagi setiap kasir untuk memeriksa uang yang diberikan kepada pelanggan. Apalagi sekarang ini, juga sudah alat bantu untuk memeriksa keaslian uang yang pastinya lebih memudahkan Anda.

Semoga point-point yang sudah dijelaskan di atas tentang 4 kesalahan yang sering dilakukan kasir restoran bisa bermanfaat untuk Anda. Supaya Anda yang berprofesi sebagai kasir restoran dapat menghindari kesalahan tersebut . Apabila Anda merasa artikel ini sangat bermanfaat dan ingin banyak orang lain untuk mengetahuinya, jangan ragu untuk men-sharenya ke teman-teman Anda. Karena berbagi ilmu itu tentu tidak bikin rugi. Salam Let’s #beefree

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *