5 Aplikasi Perpajakan Online yang Perlu Diketahui

5 Aplikasi Perpajakan Online yang Perlu Diketahui

Kini DJP sudah mengembangkan berbagai macam aplikasi untuk mempermudah proses administrasi pajak baik bagi pegawai pajak maupun bagi pihak wajib pajak seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Adanya aplikasi ini selain mempermudah proses administrasi pajak juga mengurangi penggunaan kertas. Apakah Anda sudah mengetahui aplikasi perpajakan online apa saja yang sudah dikembangkan oleh DJP? Nah, untuk mengetahuinya yuk simak uraian berikut tentang 5 aplikasi memudahkan administrasi perpajakan.

5 Aplikasi Memudahkan Administrasi Perpajakan

Ada 5 aplikasi memudahkan administrasi perpajakan yang perlu Anda ketahui, diantaranya yaitu:

  • e-Registration

Awalnya pihak wajib pajak harus datang ke KPP jika ingin mengajukan permohonan NPWP. Namun, sekarang ini tidak harus seperti demikian. Permohonan bisa dilakukan lewat aplikasi online e-Registration yang terhubung langsung dengan Direktorat Jenderal Pajak atau DJP.

Pihak wajib pajak bisa melakukan pendaftaran NPWP, perubahan data, pengukuhan PKP, pemindahan tempat terdaftar, pencabutan PKP dan penghapusan NPWP melalui aplikasi e-Registration ini. Jadi, dengan aplikasi e-Registration pihak wajib pajak memperoleh kemudahan dalam berbagai macam proses yang berhubungan dengan NPWP.

  • e-Billing

Pembayaran pajak oleh wajib pajak bisa dilakukan di kantor pos atau bank dengan memakai formulir SSP atau Surat Setoran Pajak. Pengisian data melalui SSP dilakukan dengan cara manual. SSP di bank diberikan kepada teller dan diinput kembali oleh teller. Hal ini rawan menyebabkan adanya kesalahan input data. Dalam upaya menghindari kesalahan tersebut, aplikasi e-Billing dikembangkan.

Pihak wajib pajak nantinya akan diminta untuk mengisi pembayaran pajak sesuai berdasarkan kewajibannya. Setelah itu kode billing akan diterima. Pada saat akan melakukan pembayaran wajib pajak cukup memakai kode billing tersebut. Jadi, kesalahan input yang biasanya dilakukan oleh teller tidak terjadi lagi. Baca Juga: Dongkrak Bisnis dengan Menggunakan Software Kasir

  • e-Faktur

Bukti pungutan pajak yang dibuat oleh PKP yang melaksanakan BKP atau JKP dinamakan dengan faktur pajak. Sedangkan e-Faktur merupakan faktur pajak yang dibuat lewat aplikasi dan sudah disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Latar belakang pengembangan aplikasi e-Faktur ini yaitu karena keadaan pemakaian faktur pajak manual yang banyak disalahgunakan.

Jadi, tujuan pengembangan aplikasi ini yaitu untuk memberikan kemudahan pengadministrasian PPN dan menghilangkan penyalahgunaan faktur pajak fiktif. e-Faktur selain bisa dipakai untuk membuat faktur pajak elektronik juga bisa dipakai untuk membuat e-SPT.

  • e-SPT

Data penghitungan pajak ditulis dalam formulir SPT. Penghitungan serta pengisian SPT bisa dilakukan secara manual maupun memakai aplikasi khusus wajib pajak. SPT yang dibuat secara manual tentunya tidak praktis, apalagi jika pengisian datanya dalam jumlah cukup banyak. Hal inilah yang membuat DJP mengembangkan aplikasi e-SPT.

Tujuannya adalah supaya SPT bisa dibuat dengan lebih mudah oleh wajib pajak dan tidak memakai banyak kertas. Proses penghitungan tarif pajak dilakukan secara otomatis, jadi lebih akurat. Seluruh data yang telah diinputkan lewat aplikasi akan terorganisir dan tersimpan dengan baik pada database wajib pajak.

  • e-Filing

e-Filing adalah salah satu metode memberikan SPT secara online dan real-time lewat website DJP maupun ASP. Menggunakan e-Filing, wajib pajak tidak perlu datang ke KPP untuk melaporkan SPT yang sudah dibuatnya. Jadi cukup dengan mengakses website DJP atau ASP dari mana saja asalkan terhubung dengan jaringan internet. Untuk bisa memakai e-Filing, wajib pajak harus sudah mempunyai e-FIN yang bisa didapatkan dengan mengajukan permohonan ke KPP tempat terdaftar.

Itulah penjelasan mengenai 5 aplikasi perpajakan online yang perlu Anda ketahui. Semoga penjelasan singkat tersebut bisa menambah wawasan Anda terkait aplikasi perpajakan online.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.