5 Cara Mengatur Keuangan Wirausaha Baru

5 Cara Mengatur Keuangan Wirausaha Baru

Memulai bisnis dengan wirausaha merupakan terobosan untuk menyangga keuangan yang pada mulanya hanya berasalkan dari pekerjaan utama. Seseorang yang kerjanya hanya sebagai karyawan maupun pegawai swasta bisa saja melakukan terobosan tersebut dengan hanya bermodalkan dengan menggunakan penghasilan utama.

Nah untuk yang masih baru dalam dunia wirausaha ini maka sangat diperlukan untuk mengatur keuangannya. Hal tersebut bertujuan untuk bisa mengetahui sudah sejauh mana keefektifan penjualannya. Oleh karena itu berikut ini akan kami ulas mengenai 5 cara mengatur keuangan wirausaha baru.

1. Memisahkan uang bisnis dan pribadi

Cara yang pertama adalah dengan memisahkan uang bisnis dan uang pribadi. Peran pemilik usaha juga sebagai pekerja yang dilakukan di usaha yang dijalankan. Maka dari itu, bagi pemilik usaha seharusnya tetap mengalokasikan keuntungan untuk bisa memberikan gaji kepada dirinya sendiri. Dengan menjalankan sistem tersebut maka pemilik usaha tersebut akan menggunakan uang gajinya untuk berbelanja urusan pribadi. Sedangkan besar atau kecilnya gaji pemilik usaha ditentukan dari jumlah keuntungan usahanya.

2. Memanfaatkan pihak ketiga atau menggunakan software

Cara yang kedua yaitu memanfaatkan pihak ketiga atau menggunakan software. Untuk membantu Anda dalam pencatatan keuangan maka Anda bisa melakukan penggunaan karyawan atau pihak ketiga. Anda juga bisa memanfaatkan software manajemen keuangan yang sederhana.

Contoh software keuangan yang sederhana adalah Microsoft Excel. Dengan Anda menggunakan software tersebut maka Anda akan lebih menghemat waktu Anda serta pekerjaan Anda daripada Anda harus membayar seorang akuntan.

3. Mengelola arus kas

Cara yang ketiga yaitu mengelola arus kas. Merencanakan keuangan memang sangat penting sehingga Anda tidak akan kehabisan uang tunai dan kemudian gulung tikar. Anda harus mencatat uang masuk dan keluar secara riil. Catatan tersebut harus dipisahkan supaya Anda tahu dengan jelas arus kas keuangan usaha Anda.

Ada juga harus mencatatnya dengan rapi supaya bisa Anda manfaatkan untuk banyak keperluan dan Anda juga bisa mengetahui berapa keuntungan beserta omset yang dihasilkan dari usaha dan Anda juga akan tahu perkembangan usaha Anda.

Baca Juga: Ini Dia Pentingnya Mengatur Keuangan Untuk Usaha Kecil

4. Membangun dana darurat

Cara yang keempat yaitu membangun dana darurat. Sebaiknya para wirausahawan mempunyai cadangan dana darurat. Hal tersebut dibutuhkan jika sewaktu-waktu terdapat hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya kegagalan.

Hal tersebut menjadi penting agar memastikan bahwa tidak semua aset milik Anda merupakan keterkaitan dengan bisnis Anda. Apabila terjadi kegagalan, maka dana darurat merupakan cadangan guna menjalani kehidupan yang selanjutnya.

5. Mengatur modal dan sumber daya

Dan cara yang terakhir yaitu mengatur modal dan juga sumber daya. Uang bukanlah satu-satunya modal, modal juga bisa diambil dari selain uang. Untuk memulai berwirausaha memanglah sangat perlu ketersediaan modal. Modal uang umumnya akan digunakan untuk membeli bahan baku serta peralatan yang akan dibutuhkan guna tetap berjalannya usaha tersebut.

Kebutuhan modal sebaiknya memang diambil dari modal milik sendiri, hal tersebut dikarenakan supaya tidak terdapat risiko untuk berhutang kepada lain pihak. Akan tetapi apabila penting untuk melakukan hutang maka sebaiknya Anda meminjamnya kepada keluarga, teman atau juga bank.

Sedangkan modal selain uang umumnya berhubungan dengan pengetahuan tentang dasar-dasar wirausaha. Bukan hanya itu saja, sumber daya yang penting lagi untuk menjalankan wirausaha yaitu kemampuan penjualan ke pasaran.

Nah itulah pembahasan kami untuk Anda mengenai 5 cara mengatur keuangan wirausaha baru seperti Anda. Semoga artikel ini bisa Anda manfaatkan untuk membantu Anda dalam memanajemen keuangan usaha atau bisnis Anda tang masih baru sehingga bisa berdampak positif pada kelangsungan bisnis Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.