5 Faktor Penyebab Kegagalan Usaha Distributor

5 Faktor Penyebab Kegagalan Usaha Distributor

Di tengah perkembangan teknologi dan informasi yang semakin canggih ini, persaingan di pasar bisnis memang sangat ketat. Jika tidak bisa bertahan maka Anda harus siap untuk gulung tikar. Meskipun apabila diteliti secara lebih seksama, sebenarnya ada banyak faktor yang menjadi penyebab kebangkrutan sebuah bisnis. Secara umum, hal ini terdiri atas dua bagian, yaitu faktor internal dan eksternal.

Apabila Anda memiliki rencana membangun sebuah bisnis distributor, maka sangat penting untuk memerhatikan faktor apa saja yang dapat menyebabkan kegagalan sehingga bisa menghindarinya. Karena berkaca dari pengalaman orang lain saja tidak cukup. Anda harus melakukan riset mendalam dan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya untuk bisa bertahan.

Berikut di bawah ini adalah 5 faktor penyebab kegagalan usaha distributor yang wajib diketahui oleh para pebisnis pemula :

1. Kegagalan Penerapan Manajemen Perusahaan

Bukan rahasia umum lagi bahwa dalam dunia bisnis manajemen perusahaan memiliki peranan yang sangat penting. Karena hal ini berhubungan dengan memaksimalkan sumber daya manusia yang menjadi bagian dari bisnis tersebut. Jika manajemen tidak berjalan secara efektif dan efisien, maka dapat dipastikan usaha mengalami kebangkrutan karena tidak bisa mencapai tujuan yang ditetapkan.

Sebab manajemen ini hanya bisa dikatakan efisien jika perusahaan bisa menggunakan SDM dengan jumlah minimal tapi menghasilkan output yang maksimal. Kalau hal ini tidak terpenuhi, maka yang terjadi adalah pemborosan sumber daya (Banyak pekerja tapi tidak terampil dan manajemen amburadul, sehingga yang hasinya adalah kerugian karena jumlah produksi yang tidak optimal.

2. Kurang Berinovasi

Di tengah gejolak perkembangan teknologi digital seperti sekarang ini, pemilik usaha distributor memang dituntut untuk berfikir lebih kreatif dan inovatif. Karena salah satu hal penting supaya bisa bertahan di dalam arus ini adalah dengan bersifat fleksibel. Dengan kata lain, mengikuti perkembangan zaman dan trend yang sedang berlangsung pada saat ini sehingga tidak stuck atau jalan di tempat.

Banyak pengalaman dapat dipetik dari perusahaan distributor sebelumnya yang mengalami kejatuhan. Tidak sedikit diantaranya yang disebabkan oleh ketidakstabilan pemasaran produk. Kenapa? Karena tetap bertahan pada prinsip lama tanpa mengikuti permintaan pasar. Sehingga yang terjadi kemudian adalah produksi barang yang tidak menarik dan mengakibatkan kehilangan peminat.

3. Tidak Melakukan Riset Pasar

Riset pasar adalah hal terpenting yang harus dilakukan oleh perusahaan, karena nantinya akan memberikan hasil berupa laporan untuk menentukan peluang produk yang dijual di pasaran. Mengabaikan riset pasar dapat menimbulkan dampak yang sangat besar terhadap sebuah bisnis distributor, salah satunya adalah kebangkrutan. Karena produk dijual di tempat yang tidak tepat.

Tanpa melakukan aktivasi riset pasar ini, maka Anda tidak akan memiliki target pasar. Sehingga tercipta sebuah keadaan dimana perusahaan terus melakukan produksi dalam jumlah besar-besaran, namun barang tidak laku saat dijual di pasaran. Hal ini akan memicu terjadinya penumpukan produk dan uang terbuang sia-sia tanpa menghasilkan keuntungan finansial.

4. Pelayanan Yang Buruk

Dalam membangun sebuah usaha distributor, bukan hanya kualitas produk yang harus dipertahankan tapi juga pelayanan terhadap customer. Pelayanan yang buruk akan membuat para pembeli merasa enggan membeli produk Anda dan lebih memilih brand lainnya. Tanpa membangun “good service,” maka sudah jelas usaha tidak akan mendapat feedback yang positif dari pasar.

5. Kesulitan Bahan Baku

Sulitnya mendapatkan bahan baku produksi dari supplier bisa menjadi salah satu faktor penghancur usaha distributor. SItuasi ini umumnya disebabkan oleh beberapa faktor seperti bencana alam dan sebagainya, yang mengakibatkan pasokan terhambat. Oleh karenanya, sebagai seorang pebisnis maka sudah seharusnya Anda membuat banyak plan guna menanggulangi kejadian seperti ini.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

// //