5 Hal ini yang Tidak Boleh Dilakukan oleh Waitress

5 Hal ini yang Tidak Boleh Dilakukan oleh Waitress

Banyak hal yang mempengaruhi keberhasilan dari sebuah usaha restoran. Mulai dari faktor eksternal hingga faktor internal. Khusus untuk faktor internal, ada satu hal yang seringkali dilupakan tapi ternyata sangat vital. Hal tersebut tidak lain adalah keberadaan seorang waitress yang profesional dan dapat diandalkan.

Namun sayangnya, masih banyak waitress yang melakukan kesalahan yang berdampak negatif pada restoran, tempat dia bekerja karena minimnya pengetahuan akan service knowledge. Lantas apa sih sebenarnya kesalah-kesalahan yang terlihat kecil tapi ternyata fatal itu? Berikut 5 hal ini yang tidak boleh dilakukan oleh waitress;

1. Menyilangkan Tangan di Dada

Kesalahan ini seringkali dilakukan oleh banyak waitress tanpa mereka sadari. Padahal gerakan menyilangkan tangan di dada ini tidak bisa dipandang sebelah mata begitu saja. Asal tahu saja, bahasa tubuh ini akan menyiratkan kesombongan, angkuh dan juga defensif.

Sesuatu yang tentunya apabila dilihat oleh pelanggan secara tidak langsung akan merusak citra sebuah restoran. Membuat banyak pelanggan yang bisa saja enggan untuk datang kembali ke restoran tersebut. Jadi ada baiknya bagi setiap waitress untuk menjauhi dari sikap yang kurang terpuji satu ini.

2. Bersiap dengan Sikap Tidak Sempurna

Hampir persis dengan poin yang disebutkan nomor pertama, hal berikutnya yang tidak boleh dilakukan oleh seorang waitres adalah bersiap dengan sikap tidak sempurna. Apa sih itu bersiap dengan tidak sempurna? Mungkin ada yang masih belum paham.

Penjelasan sederhananya adalah bersiap dengan sikap tidak sempurna meliputi menekuk satu kaki ataupun menyilangkan satu kaki dengan kaki lainnya. Hal ini akan terlihat di mata pelanggan sebagai seorang waitress yang kelelahan dan enggan untuk melayani pelanggannya. Wah, jangan sampai deh hal ini dilihat oleh pelanggan.

3. Menguap Lebar Tanpa Ditutup

Menguap memang sebuah hal yang manusiawi dan wajar dilakukan oleh setiap orang. Namun bukan berarti, menguap bisa dilakukan di sembarang tempat dan di sembarang waktu. Nah, apalagi apabila Anda sedang melakukan tugas sebagai seorang waitress.

Apabila Anda ingin menguap maka usahakanlah untuk tidak terlalu lebar atau lebih baik lagi untuk segera menutupnya. Karena menguap merupakan sebuah pertanda banyak hal yang kurang baik bagi waitress di mata pelanggan. Mulai dari rasa lelah, rasa bosan hingga rasa malas. Lebih baik Anda menghindari hal ini dengan minum banyak air putih ataupun minuman penambah energi sebelum bekerja.

4. Mengunyah Permen Karet

Hal yang terlihat sederhana ini juga termasuk ke dalam 5 hal ini yang tidak boleh dilakukan oleh waitress yaitu mengunyah permen karet. Apakah Anda pernah melakukannya? Jika iya, baiknya segera menghentikan kebiasaan tersebut. Banyak citra buruk yang bisa didapatkan waitress apabila terus melakukan kebiasaan ini. Mulai dari dianggap tidak serius dengan pekerjaannya hingga tidak mampu melayani pelanggan dengan sepenuh hati.

5. Memandang Tidak Sopan ke Arah Pelanggan

Pelanggan tentunya mesti dan harus menjadi yang paling utama. Jadi jangan sampai waitress melakukan kesalahan paling fatal yaitu mengecewakan pelanggan. Bentuk mengecewakan pelanggan ini bermacam hal. Namun yang paling dilarang adalah dengan memandang tidak sopan ke arah pelanggan. Mulai dari memandang yang meremehkan, tidak bersahabat hingga pandangan yang mengindikasikan tindakan asusila.

Semoga point-point yang sudah dijelaskan di atas tentang 5 hal ini yang tidak boleh dilakukan oleh waitress bermanfaat untuk Anda. Agar nantinya Anda bisa menjadi seorang waitress yang profesional dan dapat diandalkan oleh restoran tempat Anda bekerja.

Apabila Anda merasa artikel ini sangat bermanfaat dan ingin banyak orang lain untuk mengetahuinya, jangan ragu untuk men-sharenya ke teman-teman Anda. Karena berbagi ilmu itu tentu tidak bikin rugi. Salam Let’s #beefree

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *