5 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Aplikasi Kasir Toko Untuk Bisnis Anda

aplikasi kasir toko

Menggunakan aplikasi kasir toko adalah keharusan bagi setiap bisnis berbasis produk yang melakukan banyak transaksi setiap hari. Bergantung pada kebutuhan bisnis Anda, aplikasi kasir toko dapat memiliki model standar dengan fitur terbatas, hingga sistem penjualan komprehensif (POS-point of sales) dengan daftar fitur yang panjang.

Jika Anda mencoba memutuskan jenis aplikasi kasir toko mana yang tepat untuk bisnis Anda, kami telah menguraikan beberapa hal untuk Anda pertimbangkan sebelum melakukan pembelian sehingga Anda menemukan sistem yang sangat cocok untuk Anda.

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Aplikasi Kasir Untuk UMKM

1. Pertimbangkan Ukuran dan Kebutuhan Bisnis Anda

Aplikasi Kasir Toko

Aplikasi Kasir Toko (Sumber: Freepik.com)

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah seberapa besar bisnis Anda saat ini dan proyeksi pertumbuhan Anda untuk beberapa tahun ke depan. Jika bisnis Anda dalam bentuk toko, pertimbangkan juga proyeksi menuju mini market. Mungkin Anda memiliki ribuan item dalam persediaan dengan beberapa kategori. Atau Anda mungkin menjalankan operasi yang jauh lebih kecil dengan hanya beberapa lusin item dalam inventaris dan area perbelanjaan yang lebih kecil.

Penting juga untuk memahami apa yang Anda lihat sendiri sekarang dan dalam waktu dekat nantinya sehingga Anda dapat memutuskan apa kebutuhan yang cocok untuk sistem Anda. Jika bisnis Anda relatif besar dengan banyak produk, beli sistem POS komprehensif dengan pemindai barcode dan kode produk untuk merampingkan transaksi. Hal ini juga merupakan pilihan yang baik jika Anda melihat pertumbuhan yang signifikan dalam waktu dekat karena sistem ini menawarkan skalabilitas.

Mesin kasir yang lebih sederhana mungkin akan cukup jika Anda memiliki persediaan minimal, hanya beberapa transaksi, dan lebih sedikit kebutuhan secara keseluruhan.

2. Cari fitur keamanan yang tepat untuk toko Anda

Selain aplikasi kasir toko, Anda perlu juga perlu mempertimbangkan keamanan sistem offline Anda. Menyimpan uang tunai, cek, dan informasi pembayaran elektronik selalu menjadi perhatian pemilik bisnis. Itulah mengapa penting untuk mencari beberapa fitur keamanan mendasar untuk aplikasi kasir toko Anda.

Laci pengunci akan memastikan bahwa orang yang tidak berwenang tidak bisa mendapatkan akses ke uang tunai dan cek. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk memasang kotak uang tunai di dekatnya sehingga sejumlah besar uang dapat disimpan dengan aman. Hal ini juga akan mencegah jumlah uang tunai yang sudah masuk mesin register Anda agar tidak melebihi jumlah tertentu, yang dapat mencegah pencurian internal dan juga perampokan. Selain itu, fitur kata sandi juga akan membuat pihak yang tidak diinginkan menggunakan kasir dan mengakses informasi pembayaran pelanggan Anda.

3. Jelajahi fitur pelacakan inventaris

Jika bisnis Anda hanya memiliki persediaan terbatas, maka aplikasi mesin kasir dasar sudah cukup. Jika untuk toko skala lebih besar, ketika berhadapan dengan jumlah inventaris yang besar, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir toko (sistem POS, point of sales) yang lebih komprehensif dengan fitur pelacakan inventaris yang lengkap.

Aplikasi kasir toko ini akan secara otomatis memonitor transaksi harian sehingga Anda selalu tahu persis berapa banyak produk yang Anda miliki. Daripada melakukan penghitungan inventaris secara manual, fitur ini dapat menghemat waktu dan mencegah Anda kehabisan produk tertentu.

4. Pertimbangkan opsi pencetakan tanda terima

Masalah lain yang perlu dipertimbangkan adalah apakah Anda ingin menggunakan kasir tinta atau menggunakan mesin kasir pita. Biaya awal printer tinta lebih mahal tetapi dapat menghemat uang dalam jangka panjang. Karena dengan menggunakan mesin printer tinta untuk mencetak tanda terima, Anda tidak perlu terus membeli kartrid tinta baru. Printer pita cetak lebih murah di muka dan teks pada tanda terima lebih jelas, tetapi Anda akan dikenai biaya kartrid tinta tiap habis pakai.

5. Putuskan apakah Anda ingin membeli dari pengecer atau vendor

Saat mencari aplikasi mesin kasir toko dengan fitur standar, berbelanja di pengecer biasanya merupakan pilihan terbaik Anda dan Anda mungkin dapat menemukan mesin kasir berkualitas di banyak toko offline. Kalau tidak, mencari online juga bisa menghasilkan banyak opsi. Beberapa pemilik bisnis bahkan berbelanja barang bekas dan membeli model bekas dengan harga lebih murah.

Jika Anda mencari sistem POS yang canggih, sebaiknya Anda membeli langsung dari vendor. Mereka bisa menawarkan beberapa paket dan opsi harga terbaik untuk mengakomodasi kebutuhan toko Anda.

Perhatikan pedoman diatas untuk membantu Anda memilih aplikasi mesin kasir yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran bisnis Anda. Setelah implementasi, Anda harus memperhatikan peningkatan efisiensi dalam operasi harian dan omzet yang dihasilkan. Hal ini berarti lebih banyak dari sisi produktivitas dan pelanggan juga merasa lebih bahagia karena mereka dapat menyelesaikan transaksi tanpa masalah.

Jika Anda menginginkan Aplikasi Kasir Toko dengan berbagai fitur yang lengkap, Anda bisa menggunakan Software Kasir Bee.id!

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Digital Marketing | Bisnis itu 'Efek', penyebabnya itu penggunanya sendiri..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.