5 Ide Bisnis UKM Terbaik dan Cara Mudah Mengelolanya

5 Ide Bisnis UKM Terbaik dan Cara Mudah Mengelolanya

Bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah salah satu penggerak roda perekonomian di Indonesia. Kementerian Koperasi dan UKM menjelaskan bahwa terdapat60,34 persen nilai barang dan jasa yang diproduksi di Indonesia. UKM menjadi salah satu penyangga perekonomian bagi masyarakat Indonesia.

Banyak warga Indonesia yang menggantungkan hidupnya dari UKM. Tak ada salahnya juga jika Anda berminat menekuni bisnis UKM. Namun, Anda harus merencanakan bisnis UKM apa yang menjanjikan dan mudah dikerjakan. Simak ulasan berikut!

Ide Bisnis UKM Terbaik dan Cara Mudah Mengelolanya

1. Kuliner

Bisnis kuliner di Indonesia memang selalu menjadi andalan. Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia sehingga pasti bisnis makanan memiliki kesempatan yang terbuka lebar untuk mendatangkan profit. Terlebih, kebutuhan manusia terhadap makanan semakin berkembang, yaitu juga mementingkan kenyamanan tempat makan, fasilitas yang disediakan, kemasan produk makanan, nilai gizi yang terkandung, dan kehalalan dari produk tersebut.

Bisnis di bidang kuliner juga semakin melejit karena layanan pesan dan antar melalui jasa antar makanan yang dapat Anda akses di gadget Anda. Hal tersebut tentu meningkatkan jangkauan pemasaran yang lebih luas lagi.

Cara mengelolanya cukup mudah, yaitu Anda harus memastikan peluang bisnis Anda dan membuat perencanaan yang rinci. Jangan lupa memilih lokasi yang strategis dan berpromosi di dunia nyata maupun dunia maya.

2. Fashion

Fashion pada zaman sekarang sudah sangat berkembang. Bidang fashion pun semakin meluas, mulai dari baju, celana, rok, kulot, pakaian muslim-muslimah, pakaian bayi, hingga aksesoris dan sepatu. Pakaian merupakan kebutuhan dasar manusia sehingga bisnis di bidang ini tentu memiliki peluang pasar yang besar.

Untuk terjun dalam bisnis fashion, tentukan dahulu jenis pakaian yang menjadi fokus Anda. Menangani beberapa jenis pakaian membuat konsentrasi Anda terpecah dan kurang optimal. Selain itu, tetapkan tujuan pemasaran Anda, misalnya kepada anak-anak, wanita dewasa, atau laki-laki remaja. Bisnis yang terfokus dan terencana tentu memudahkan Anda untuk mengelolanya.

3. Perlengkapan bayi

Perlengkapan bayi semakin lama semakin berkembang. Jika dahulu bayi hanya cukup dengan perlak dan jarik, maka sekarang telah muncul berbagai peralatan untuk merawat bayi Anda. Peralatan untuk menggendong bayi tidak sekedar dengan jarik, tetapi sekarang sudah tersedia berbagai pilihan praktis jenis gendongan bayi.

Begitu pula dengan peralatan-peralatan lainnya. Bisnis ini pun terbuka lebar karena banyak ibu-ibu muda yang menginginkan peralatan bayi yang lebih modern.

Apabila Anda terjun dalam bidang ini, maka pastikan produk-produk yang Anda hasilkan adalah produk yang aman dan ramah bagi kondisi bayi. Pilihlah produk yang berkualitas. Bila perlu, desainlah produk Anda agar unik dan menarik sehingga membuat pelanggan senang dengan produk Anda.

4. Fotografi dan videografi

Bisnis ini begitu berkembang sekarang karena banyak orang yang ingin mengabadikan momen spesial dengan foto atau video yang berkualitas. Jika Anda terjun dalam bidang ini, maka pastikan Anda menguasai dasar-dasar fotografi. Anda dapat memposting hasil foto Anda di media sosial Anda agar orang-orang tertarik.

5. Make up artist

Sekarang begitu banyak orang yang menginginkan tampil dengan make up secara profesional. Apabila Anda memiliki keahlian dalam bidang make up, maka tak ada salahnya terjun di bidang ini. Kembangkan bisnis Anda di media sosial maupun secara online agar jangkauan semakin luas.

Bisnis UKM tentu akan semakin terbantu dengan fitur kasir onlie, yaitu BeePos. BeePos memudahkan Anda untuk menginput transaksi yang dilakukan secara mudah dan aman. Menarik, bukan?

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.