5 Kunci Cara Mengatur Keuangan Bisnis Untuk Pemula

5 Kunci Cara Mengatur Keuangan Bisnis Untuk Pemula

Pebisnis pemula tentu saja masih perlu memiliki pengalaman yang cukup, oleh karena itu perlu belajar untuk banyak mendapatkan sehingga bisa membantu dalam bisnis yang dijalani. Selain itu juga punya pebisnis pemula membutuhkan ilmu mengenai cara mengatur keuangan bisnis agar bisnis yang dikelola tetap berjalan. Lalu bagaimana caranya?

Pada artikel kali ini kami akan bahas 5 kunci cara mengatur keuangan bisnis untuk pemula. Berikut adalah caranya.

1. Buat budget secara rutin

Cara pertama yaitu dengan membuat budget secara rutin yang mana cara yang satu ini adalah yang paling penting cari pengaturan keuangan bisnis bagi pemula. Membuat budget tersebut akan menjadi batasan guna menilai kinerja dan juga efisiensi dari usaha. Jangan anda menyusun budgeting maka secara tidak langsung Anda akan membuat pembatas dan hal tersebut akan membantu anda dalam membatasi pengeluaran sehingga sesuai dengan koridor yang sebelumnya telah ditentukan.

Kemudian jika Anda telah menyusun budgeting untuk periode ini maka selanjutnya Anda juga harus melakukan budgeting itu secara berkesinambungan. Ada juga harus menyesuaikan setiap budget dengan kondisi periode yang bersangkutan. Maka dari itu Anda juga perlu untuk mereview budgeting dari periode yang sebelumnya supaya anda mempunyai gambaran untuk melakukan budgeting kembali yang lebih baik.

Baca Juga: Tips Mengatur Keuangan Usaha Warung Kecil

2. Lakukan perencanaan general

Anda yang baru saja menceburkan diri ke dalam dunia bisnis, maka sebaiknya Anda memulainya dengan planning general. Misalnya dengan merencanakan apa saja program untuk bisnis Anda pada satu periode panjang ini, selanjutnya Anda harus membagi juga perencanaan tersebut ke dalam beberapa periode misalnya per triwulan, per bulanan atau juga mingguan.

Anda juga harus melakukan perhitungan dengan detail tentang kebutuhan dana supaya apa yang diprogram tersebut berjalan.

3. Buat Perencanaan Pendapatan

Cara yang ketiga yaitu dengan membuat perencanaan pendapatan yang mana perkiraan pendapatan tersebut haruslah bisa memenuhi kebutuhan akan modal yang sebelumnya sudah direncanakan. Oleh karena itu mulailah dengan membuat rencana bisnis yang Anda jalankan agar bisa mendatangkan pendapatan.

Misalnya dengan memulai dari berapa produk yang akan Anda jual, berapa jumlah target penjualan, menggunakan strategi apa agar mencapai target penjualan tersebut, sampai dengan memastikan keuntungan dari setiap penjualan.

4. Gunakan laba untuk kembangkan usaha

Anda memiliki hak untuk menikmati hasil dari jerih payah Anda selama membangun bisnis yaitu dengan menggunakan uang dari hasil keuntungan bisnis Anda untuk kemudian mengembangkan kembali bisnis tersebut.

Dengan menggunakan kenapa untuk mengembangkan bisnis Anda kemungkinan besar bisnis Anda akan lebih cepat sukses dan berkembang.

5. Awasi Arus Kas Keuangan

Ketika Anda menjalankan sebuah bisnis maka tentu saja Anda memerlukan pengawasan dari arus kas keuangan Anda secara berkala. Sebab terkadang arus kas keuangan merupakan hal yang sangat penting dan sulit untuk dilakukan oleh para pebisnis. Hal tersebut dikarenakan perlunya tingkat ketelitian yang lumayan tinggi.

Apabila Anda merasa kesulitan dalam mengawasi arus kas keuangan bisnis Anda, maka Anda dapat memanfaatkan jasa administrator guna mengontrol arus kas keuangan bisnis Anda serta menetapkan prosedur tentang keuangan yang lebih baik lagi. Selain itu juga Anda bisa memanfaatkan software akuntansi online sehingga Anda bisa gunakan untuk mengontrol arus kas keuangan bisnis Anda serta memudahkan Anda dalam membuat laporan arus kas.

Nah, demikianlah 5 kunci cara mengatur keuangan bisnis untuk pemula yang telah kami rangkumkan untuk Anda. Semoga cara-cara di atas bisa Anda gunakan untuk membuat bisnis Anda cepat berkembang.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.