5 Tips Efektif Manajemen Stok Barang

5 Tips Efektif Manajemen Stok Barang

Ketika Anda mempunyai bisnis yang mana menjual sebuah produk atau barang tentunya Anda pun harus memahami dengan betul mengenai cara pengelolaan stok barang karena hal tersebut merupakan faktor yang penting kepada keberlangsungan bisnis yang anda miliki. Ketika Anda melakukan pengelolaan stok barang yang baik andapun dapat memperkirakan seberapa jumlah yang perlu dipesan atau diproduksi ketika periode yang berikutnya.

Dengan cara seperti ini pastinya resiko kelebihan cara dapat lebih ditekan sehingga tidak mengalami kerugian yang banyak. Nah, berikut ini adalah beberapa trik yang bisa anda lakukan untuk melakukan manajemen stok dengan baik:

Mengumpulkan data secara lengkap

Sederhananya pengelolaan stok barang tersebut dapat diartikan menjadi kegiatan menerima menyimpan dan juga mengeluarkan barang persediaan tersebut.

Data yang perlu Anda kumpulkan tentu menjadi salah satu landasan untuk menentukan seberapa banyak angka persediaan yang berikutnya. Adapun juga harus memastikan jika barang yang ada di gudang telah mempunyai jumlah yang sama sesuai dengan catatan data tersebut. Jika adanya ketidak sesuaian maka segera lakukan analisis dengan baik.

Buatlah forecast persediaan

Forecast sendiri merupakan pembuatan perkiraan jumlah barang yang kiranya perlu untuk ditambah menjadi stok yang ada di gudang. Cara terbaik untuk melakukan forecast persediaan ialah dengan meneliti data penjualan ketika periode sebelumnya. Dan jangan sampai Anda melupakan untuk mempertimbangkan hari tertentu seperti lebaran, libur nasional, natal, dan lain sebagainya karena bisa saja barang yang anda perlukan mengalami kenaikan harga yang cukup fluktuatif.

Perlunya mengeluarkan stok barang yang lebih lama

Pengelolaan stok yang seperti ini tentunya cukup baik untuk dilakukan karena stok persediaan barang yang sudah lama harus dikeluarkan terlebih dahulu, sehingga perusahaan pun tidak memperoleh kerugian sama sekali. Misalnya saja jika barang barang persediaan yang Anda miliki adalah bahan baku yang mudah basi pastinya Anda pun harus mengeluarkan stok barang yang sudah lama tersimpan.

Dengan cara yang seperti ini, Anda pun masih bisa membuat produksi yang berkualitas meskipun dengan persediaan yang telah lama tersimpan. Bahkan binis yang Anda geluti ini tidak akan mengalami kerugian karena persediaan dikeluarkan sesuai dengan waktu dari produksi perusahaan.

Lakukan analisis ABC

Tentunya di antara barang persediaan yang Anda miliki pasti membutuhkan perhatian yang jauh lebih. Apa saja yang jumlahnya sudah berkurang maka bisa melakukan analisis ABC. Dimana analisi ini bisa membuat Anda tahu barang apa saja yang perlu mendapatkan perhatian lebih.

  1. Anda harus memilih produk mana yang bernilai rendah dan produk yang bernilai tinggi.
  2. Mengetahui produk mana saja yang bernilai menengah tingkat penjualan yang tinggi.
  3. Mengetahui produk yang bernilai rendah tapi tingkat penjualan sangat tinggi.

Melakukan pengecekan barang sebelum menyimpannya

Cara ini akan bisa membantu Anda mengetahui barang mana saja yang kondisinya tidak sempurna entah itu dari kesalahan produksinya. Dengan cara seperti ini Anda pun bisa memilah mana saja barang cacat dan tidak cacat dan berikanlah tanda mengenai jenis barang tersebut. Hal yang seperti ini tentunya bisa mencegah anda dari adanya komplain dari pelanggan yang kecewa sebabkan produk yang tidak sempurna.

Nah, demikianlah informasi diberikan kepada Anda mengenai 5 tips efektif untuk melakukan manyaman stok barang. Dengan adanya diatas semoga saja bisa memberikan manfaat kepada Anda yang ingin menjadikan bisnis jauh lebih berkembang.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.