5 Tips Manajemen Karyawan untuk Meningkatkan Kinerja

5 Tips Manajemen Karyawan untuk Meningkatkan Kinerja

Kinerja karyawan menjadi salah satu hal yang wajib kita ketahui. Bagi Anda yang mempunyai bisnis atau usaha kecil, tentunya tidak selalu bisa dalam menaikkan gaji maupun memberikan tip kepada para karyawan supaya kinerjanya membaik. Oleh karena itu, sebagai pemilik bisnis maka Anda wajib menciptakan berbagai strategi dan tips manajemen karyawan untuk meningkatkan kinerja.

Seperti yang telah dikutip dari Fiona Reed sebagai kepala manajemen bakat di Mercer Survey, menyatakan bahwa bisnis atau usaha kecil harus tetap memperhatikan tingkatan kompetitif antara semua karyawan. Dengan begitu para karyawan akan selalu termotivasi sehingga kinerja akan meningkat.

Sedangkan survey yang telah dilakukan oleh Australia menyatakan bahwa ada 40% orang yang menginginkan untuk berhenti bekerja sebab kurang termotivasi. Nah, sudah seharusnya Anda mengetahui tips manajemen karyawan untuk meningkatkan kinerja.

  1. Sistem Penilaian Kinerja yang Transparan

Tips manajemen karyawan untuk meningkatkan kinerja yang pertama yaitu dengan melakukan sistem penilaian kinerja yang transparan. Apabila ditanya tentang kinerja yang semakin menurun, maka rata-rata dari mereka akan menjawab terkait sistem penilaian kinerja yang tidak transparan.

Kadang kala orang yang kerjanya kurang baik bisa naik gaji tinggi sedangkan yang sudah bekerja dengan baik gajinya masih minim. Seolah-olah ada pilih kasih antar karyawan. Maka dari itu, sebaiknya Anda membuat sistem penilaian kinerja yang transparan serta akuntabel. Hal tersebut dilakukan agar mereka tahu kinerja mereka sehingga bisa meningkatkan kinerja masing-masing karyawan. Baca Juga: Tips Buat Karyawan Lebih Bahagia dan Terus Berkarya

  1. Jenjang Karier

Jenjang karir memang memiliki kaitan yang erat dengan motivasi kerja. Contohnya ada karyawan yang sudah bekerja selama 5 tahun sebagai financial advisor, namun masih belum juga diangkat sebagai unit manager. Hal tersebut mengakibatkan karyawan menjadi kehilangan motivasi kerja serta target marketing mereka tidak tercapai. Bahkan bisa jadi ia memiliki pikiran untuk mencari pekerjaan di perusahaan yang lain. Maka dari itu, pikirkan dengan baik terkait jenjang karir karyawan.

  1. Reward dan Punishment

Tips selanjutnya untuk meningkatkan kinerja karyawan adalah dengan memberikan reward dan punishment. Cara tersebut memang sangat efektif untuk mempertahankan kualitas karyawan. Jadi, apabila ada karyawan yang memiliki kinerja unggul atau bahkan menghasilkan profit yang besar bagi perusahaan Anda, maka tidak ada salahnya jika Anda memberikan reward kepadanya.

Reward yang bisa Anda berikan seperti bonus uang, jalan-jalan ke luar maupun dalam negeri atau bahkan perhiasan. Sedangkan bagi karyawan yang melakukan pelanggaran di perusahaan Anda, maka Anda bisa memberikan punishment kepadanya. Hal tersebut dilakukan supaya karyawan yang lainnya termotivasi untuk tidak melakukan kesalahan yang akan merugikan baik perusahaan maupun dirinya sendiri.

  1. Penuhi Hak Karyawan

Tips selanjutnya untuk meningkatkan kinerja karyawan yaitu dengan memenuhi hak para karyawan. Hak karyawan yang dimaksud adalah gaji serta kenaikannya di setiap tahunnya, tunjangan kesehatan, tunjangan hari raya, komunikasi dan sebagainya. Jangan sampai Anda lalai akan hal itu.

Contohnya ada satu karyawan baru di perusahaan Anda dan Anda menjanjikan kepadanya bahwa ia akan mendapatkan tunjangan BPJS kesehatan dari perusahaan Anda. Akan tetapi, ternyata selama 3 bulan bekerja masih belum Anda daftarkan. Efeknya dia akan menjadi tidak semangat bekerja karena kecewa haknya tidak dipenuhi.

  1. Training dan Pelatihan

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, maka ada kalanya para karyawan harus menambah skill. Anda bisa mengadakan training serta pelatihan guna meningkatkan kinerja dan skill karyawan. Dengan begitu, kinerja para karyawan meningkat dan perusahaan Anda pun menjadi lebih baik.

Demikianlah ulasan tentang 5 tips manajemen karyawan untuk meningkatkan kinerja yang telah kami rangkum untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.