5 Tips Memilih Software Kasir (POS) Untuk Minimarket Anda

5 Tips Memilih Software Kasir (POS) Untuk Minimarket Anda

Jika saat ini Anda sedang mencari software kasir (point of sale) untuk minimarket maupun toko Anda. Artikel ini harus Anda baca sampai selesai karena ini akan sangat berguna sekali untuk Anda. Intinya sich jangan gegabah saat Anda ingin memutusakan membeli sebuah sistem. Jangan sampai sistem yang tujuan awalnya Anda beli untuk membantu bisnis Anda justru menjadi sebaliknya.

Dewasa ini seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat berdampak pula dengan perkembangan software kasir. Banyak sekali software kasir yang bisa Anda jumpai di internet saat ini. Mulai software kasir yang berbayar maupun yang hanya cuma-cuma alias gratis bisa dengan mudah Anda download. 

Macam-Macam Software Kasir

Seperti yang sudah dibahas di atas jika perkembangan teknologi juga sangat berdampak di pada perkembangan software kasir. Oleh karena itu munculah beberapa jenis software kasir antara lain;

1. Software Kasir Dekstop

Aplikasi Kasir Desktop yaitu suatu aplikasi yang beroperasi secara offline dan Anda harus menginstalnya sendiri pada laptop atau komputer. Dan bahasa yang digunakan biasanya seperti  Microsoft office, Borland Delphi dll. Untuk software kasir berbasis dekstop ini cotohnya adalah beeaccounting. Jika Anda ingin mencoba softwarenya bisa download disini. 

2. Sofware Kasir  Web Base

Aplikasi Kasir Web yaitu  aplikasi  yang hanya dapat beroperasi jika ada jaringan/koneksi  internet.  Sedangkan bahasa yang digunakan di web base adalah JavaScript, PHP,  HTML, CSS, dll. Contoh dari software kasir web base ini namanya beepos. Jika Anda ingin cek seperti apa sistemnya bisa klik disini.

3. Software Kasir Android

Aplikasi kasir Android yaitu aplikasi yang hanya berjalan di OS android saja. Dan ini biasanya juga dipengaruhi oleh beberapa merk gadget kadang-kadang meski OS nya sama tapi ada yang tidak support. Kalau untuk software kasir berbasis Android ini Anda bisa download di gadget Anda dengan cara klik link ini. Atau bisa Anda search di play store dengan kata kunci “Beepos Mobile – Aplikasi Kasir Online”

Keunggulan dan Kekurangan Masing-Masing Software

  • Aplikasi Berbasis Desktop

Keunggulan :

  1. Dapat jalan independen alias tidak membutuhkan browser.
  2. Tidak perlu koneksi internet, karena semua file yang diperlukan untuk menjalankan aplikasinya sudah terinstall dikomputer.
  3. Dapat dengan mudah memodifikasi settingannya.
  4. Prosesnya lebih cepat.

Kekurangan :

  1. Apabila akan menjalankan aplikasi, harus diinstal terlebih dahulu di komputer.
  2. Bermasalah dengan lisensi. Hal ini membutuhkan lisensi yang banyak pada setiap computer
  3. Aplikasi tidak dapat dibuka di computer lain, jika belum diinstall
  4. Biasanya memerlukan hardware dengan spesifikasi tinggi.
  • Aplikasi Berbasis Web

Keunggulan :

  1. Kita dapat menjalankan aplikasi berbasis web dimanapun kapanpun tanpa harus melakukan penginstalan.
  2. Terkait dengan isu lisensi (hak cipta), kita tidak memerlukan lisensi ketika menggunakan web-based application, sebab lisensi telah menjadi tanggung jawab dari web penyedia aplikasi.
  3. Dapat dijalankan di system operasi manapun. Tidak perduli apakah kita menggunakan linux, windows, aplikasi berbasis web dapat dijalankan asalkan kita memiliki browser dan akses internet.
  4. Dapat diakses lewat banyak media seperti: computer, handheld dan handphone yang sudah sesuai dengan standard WAP.
  5. Tidak perlu spesifikasi computer yang tingggi untuk menggunakan aplikasi berbasis web ini, sebab di beberapa kasus, sebagian besar proses dilakukan di web server penyedia aplikasi berbasis web ini.

Kekurangan : 

  1. Dibutuhkan koneksi intranet dan internet yang handal dan stabil, hal ini bertujuan agar pada saat aplikasi dijalankan akan berjalan dengan baik dan lancer.
  2. Dibutuhkan system keamanan yang baik dikarenakan aplikasi dijalankan secara terpusat, sehingga apabila server di pusat down maka system aplikasi tidak bias berjalan.
  • Aplikasi Berbasis Andorid

Keunggulan :

  1. Biaya Hardware karena cukup menggunakan gadget
  2. Penggunaannya Simple karena memang hanya untuk jual beli
  3. Tidak memakan tempat karena bentuknya yang kecil

Kekurangan :

  1. Mudah Hilang karena bentuknya yang kecil jadi mudah untuk di curi 
  2. Biasanya hanya support dengan bebraap hardware tertentu baik printer, laci dll
  3. Tidak ada customer display karena portnya yang terbatas

Sampai disini Anda sudah tahu belum mana yang Anda butuhkan untuk toko Anda, mau yang dekstop, web base atau yang android nie. Tapi kalau android biasanya lebih cocok untuk kuliner ataupun butik-butik kalau sudah minimarket toko dll lebih baik memilih yang berbasis dekstop atau yang web base atau justru kombinasi keduanya hehe. Ini sich hanya sekedar saran karena Anda yang paling tahu dengan kebutuhan bisnis Anda sendiri.

Nah setelah Anda tahu jenis software apa yang ingin digunakan. Sekarang saatnya Anda harus memilih mau menggunakan software dari perusahaan mana. Karena jika Anda sampai salah bisa-bisa software tersebut tidak bisa Anda gunakan jadinya mubazir deh. Berikut ini beberapa tips sebelum Anda memutuskan membeli software kasir ;

5 Tips Memilih Software Kasir

1. Kemudahan Penggunaan

Pelatihan bisa membuang-buang banyak waktu dan uang. Sangat penting untuk memiliki sistem yang bisa digunakan langsung. Di luar menu sehari-hari, menambahkan item baru dan mengedit yang sudah ada harus intuitif dan mudah.

2. Menawarkan Fitur Free Trial
Agar Anda tidak seperti membeli kucing dalam karung. Pastikan jika software kasir cefe/ restoran yang akan Anda beli ada versi trialnya yang dapat diuji coba gratis atau penawaran demo yang dapat Anda download. Dengan seperti ini Anda dapat mengidentifikasi apakah software yang Anda sudah sesuai.

3. Dilengkapi dengan Fitur Wajib
Pastikan jika software restoran yang Anda pilih memiliki fitur sebagai berikut ;

  • Laporan Barang Terlaris (Fast Moving)
  • Diskon Promo, Membership
  • Multy Payment
  • Laporan Transaksi Harian
  • Laporan laba rugi dan Neraca

4. After Sales

Ingat bagaimana Anda hanya berkata kita tidak hidup di dunia yang sempurna? Nah, itu sesuatu yang perlu dipertimbangkan ketika Anda membutuhkan bantuan. Coba Anda menelepon malam-malam dan akankah mereka berada di sana ketika Anda membutuhkan mereka? Entah itu pada saat makan siang atau malam hari, itu bagus untuk mengetahui apakah mereka ada ketika Anda membutuhkannya. Carilah berbagai media dukungan, seperti bantuan halaman di situs web mereka, video instruksional, dan telepon dan email real-live-orang akses.

5. Harga

Harga disini menjadi pertimbangan terakhir. Mengapa begitu? Jika Anda membeli software yang murah namun justru membuat kinerja Anda terhambat jatuhnya menjadi mahal apalagi jika softwarenya tidak sesuai dengan proses bisnis Anda. Lebih baik sedikit mahal namun semua kebutuhan Anda sudah terakomodir dengan baik.

Kesimpulannya adalah Anda harus benar-benar mempertimbangkan segala sesuatunya sebelum membeli sebuah sistem. Karena membeli sebuah sistem berarti Anda berinvestasi buka membeli barang sekali pakai. Jadi jangan biarkan harga murah mengalahkan segalanya. Ingat murah dan  mahalnya suatu barang tergantung dengan fungsinya bukan diukur dari harganya.

Sekian artikel dari saya jika ada yang ingin ditanyakan silahkan koment dibawah. Dan jangan lupa share artikel ini ke akun sosial media Anda ya. Agar teman Anda juga mendapatkan manfaatnya. Terimakasih

Salam Let’s #beefree

 

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Asal kamu mau berjuang untuk meraihnya. @venjaskens

Comments

  1. terima kasih atas informasi dan ulasan yang bermanfaat mengenai sofware kasir ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.