5 Tips Mengelola Keuangan Bisnis Petshop

5 Tips Mengelola Keuangan Bisnis Petshop

Dunia bisnis memang sedang banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia saat ini bahkan telah merambah ke berbagai sektor. Buat Anda pecinta hewan, terdapat peluang bisnis yang dapat Anda kembangkan yaitu bisnis petshop. Selain mendapatkan keuntungan, Anda juga dapat menyalurkan hobi Anda melalui bisnis ini. Untuk memudahkan Anda menjalankannya, Anda harus mempunyai ilmu dalam merawat hewan peliharaan.

Bisnis petshop merupakan salah satu bisnis sederhana, walaupun begitu untuk mengelola dan mengembangkannya bukanlah sesuatu yang mudah. Sebuah bisnis agar dapat maju dan berkembang tentunya harus dikelola dengan baik terlebih lagi dalam hal keuangan.

Berikut 5 tips mengelola keuangan bisnis petshop agar bisnis Anda dapat lebih maju dan berkembang :

1. Lakukan pembukuan

Cara yang pertama yang dapat Anda lakukan agar keuangan bisnis Anda dapat terkelola dengan baik adalah dengan melakukan pembukuan. Mengelola keuangan hanya berdasarkan ingatan tentunya tidak akan baik untuk keberlangsungan usaha Anda. Lakukan pencatatan yang lengkap perihal uang yang masuk dan keluar setiap harinya.

Dengan melakukan pembukuan maka akan memudahkan Anda untuk mengetahui besarnya arus kas yang masuk dan keluar. Selain itu, pembukuan akan memudahkan Anda untuk mengetahui besarnya keuntungan maupun kerugian bisnis Anda dengan pasti. Anda juga dapat melakukan pengecekan dengan mudah jika terjadi selisih keuangan atau ada uang yang terselip.

2. Pisahkan antara uang pribadi dan uang untuk bisnis

Hal utama yang harus Anda lakukan untuk mengelola keuangan bisnis petshop adalah dengan memisahkan antara uang pribadi dan uang bisnis. Dengan memisahkan antara keduanya resiko memakai uang bisnis untuk pribadi dapat dihindari. Jika kita memakai uang bisnis untuk pribadi tidak menutup kemungkinan kita akan kekurangan modal sehingga kesulitan untuk mengembangkan usaha.

Buatlah dua buah rekening bank yang berbeda untuk pribadi dan bisnis sehingga Anda dapat mengontrol pengeluaran pribadi Anda dan tidak menggunakan uang bisnis untuk kepentingan pribadi.

3. Hindari Piutang

Sebuah usaha terkadang akan laris manis jika mereka mau memberikan piutang kepada konsumen. Namun untuk memberikan piutang tentunya kita harus melihat apakah konsumen tersebut jujur dan dapat membayar hutangnya tepat waktu atau tidak. Jika Anda ragu-ragu maka lebih baik untuk menghindari memberikan piutang kepada pelanggan.

Mungkin sesekali Anda boleh melakukannya namun Anda juga harus membatasinya. Jika Anda terlalu banyak memberikan piutang, saat Anda membutuhkan modal Anda akan merasa kesulitan karena uang tersebut belum kembali kepada Anda.

4. Rencanakan Penggunaan Uang

Merencanakan penggunaan uang merupakan salah satu cara yang terbaik untuk mengelola keuangan bisnis petshop Anda. Saat modal Anda berlimpah, pastikan Anda tidak menggunakannya secara berlebihan untuk keperluan yang tidak begitu penting. Sehingga saat Anda kekurangan modal, Anda dapat mengatasinya agar tidak terjadi defisit keuangan.

Oleh sebab itu, Anda harus melakukan perencanaan penggunaan uang kas yang Anda miliki dengan baik.

5. Sisihkan Keuntungan untuk Modal

Setiap usaha tentunya pasti akan mendatangkan keuntungan bagi pemiliknya, begitu juga dengan bisnis petshop. Sebagian keuntungan yang Anda dapatkan, dapat Anda pakai untuk anggaran pribadi. Sedangkan setengahnya dapat Anda sisihkan untuk tambahan modal usaha Anda. Untuk mengembangkan suatu bisnis, tentu Anda akan membutuhkan tambahan modal.

Jangan menghabiskan seluruh keuntungan untuk anggaran pribadi karena suatu saat Anda akan kebingungan mendapatkan modal saat akan mengembangkan bisnis Anda.

Itulah 5 tips mengelola keuangan bisnis petshop agar usaha dapat terus maju dan berkembang. Semoga bermanfaat.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.