5 Tips Penting Memilih Point of Sale untuk Kafe Anda

5 Tips Penting Memilih Point of Sale untuk Kafe Anda

Memiliki bisnis dibidang kuliner termasuk kafe memang menjanjikan keuntungan yang besar. Produk yang merupakan kebutuhan primer dan fasilitas untuk bersantai yang nyaman tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Namun semakin besar keuntungan yang dijanjikan maka semakin besar pula risiko dan persiapannya.

Salah satu jenis persiapan yang sangat dianjurkan adalah digunakannya sistem Point of Sale (POS) dalam bisnis tersebut. Namun ada banyak perusahaan IT yang menawarkan POS sebagai produknya. Hal tersebut tentu menjadi kebimbangan tersendiri untuk memilihnya. 

Tips Memilih POS

Berikut penulis berikan 5 tips penting memilih POS untuk kafe anda.

1. Harus Support Customer Display

Customer display  adalah alat display output yang berguna untuk menampilkan informasi penting pada pelanggan. Customer display ini memberikan tampilan ringkas atas barang yang sedang di-entry oleh kasir. Customer display paling umum adalah sekumpulan LED 7 segment display dengan maksimum 20 karakter.

Tipe yang paling sering digunakan di Indonesia adalah 20 karakter dengan 2 baris tampilan. Beberapa software kasir justru menggunakan customer display untuk menggantikan monitor/LCD yang ditujukan untuk tampilan bagi kasir. 

2. Fleksibel

Sejatinya kehadiran sistem POS adalah untuk memudahkan. Maka pilihlah sistem POS yang bersifat fleksibel. Fleksibel disini maksudnya adalah support dengan berbagai hardware, mulai dari media untuk mencetak hingga media untuk pembayaran​.

Pilih juga sistem POS yang memungkinkan Anda untuk mendesain sendiri nota/struk serta mengatur potongan diskon dan promosi secara otomatis. Sistem POS yang menyediakan fitur multi operator juga sangat dibutuhkan untuk Anda yang memiliki kafe dengan sistem shift. Dan yang tidak kalah penting adalah, pilihlah sistem POS yang tidak memerlukan banyak tempat.

3. Akuntan Pribadi

Pilihlah sistem POS yang bukan hanya menyediakan laporan penjualan bulanan tapi juga laporan penjualan harian. Pilih juga sistem POS yang bisa menghitung secara otomatis laba dan omzet. Memilih sistem POS yang otomatis menghitung jumlah stock juga tidak kalah penting.

4. Laporan Rutin

Sebagai pebisnis pun tentu Anda memiliki urusan lain yang tidak kalah penting dengan berada di tempat bisnis anda sendiri. Namun terkadang hal itu terhambat karena rasa berat meninggalkan kafe walau hanya sebentar. Maka dari itu, pilihlah sistem POS yang menawarkan fitur laporan rutin via sms.

Lebih baik lagi bila laporan rutin tersebut bisa diatur sesuai keinginan Anda, entah itu laporan omzet atau laporan lainnya, entah hanya satu kali tiap tiga jam atau lainnya juga. Hal itu tentu akan memberikan kemudahan serta ketenangan tersendiri untuk anda.

5. Koordinasi

Dalam menjalankan bisnis dibidang kuliner termasuk kafe tentu anda memiliki beberapa karyawan dengan tugasnya masing-masing. Karena hal itu, tentuAanda membutuhkan sesuatu yang dapat membantu koordinasi anda dengan karyawan serta koordinasi antar tiap karyawan. Untuk hal itu maka pilihlah sistem POS dengan fitur manajemen resep yang telah terhubung ke fitur persediaan dapur serta menu restoran.

Hal tersebut untuk memudahkan kontrol terhadap produk. Pilih juga sistem POS yang menyediakan fitur multi cetak sehingga ketika konsumen memesan dengan media yang digunakan, bukan hanya kasir yang menerima laporan tapi juga bagian dapur dan pencatatan lainnya. Dan yang terakhir, pilihlah sistem POS yang memiliki fitur perbedaan hak akses agar setiap karyawan memiliki hak akses sesuai kebutuhannya.

Menggunakan sistem POS memang sangat dianjurkan dalam menjalankan sebuah bisnis terutama bisnis dibidang kuliner termasuk didalamnya kafe. Namun dengan pemilihan sistem POS yang kurang tepat justru akan membuat anda tidak merasa diuntungkan. Oleh karena itu, sangat disarankan memperhatikan beberapa tips diatas sebelum anda menentukan tawaran sistem POS mana yang akan anda pilih untuk kafe Anda.

Sekian Artikel dari saya semoga bermanfaat. Jangan lupa dishare di akun sosial media Anda ya agar teman Anda juga mendapatkan maanfaatnya. Banyak berbagi banyak rejeki lho. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan koment dibawah. Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Asal kamu mau berjuang untuk meraihnya. @venjaskens

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *