6 Cara Mengelola Keuangan Bisnis Fashion

6 Cara Mengelola Keuangan Bisnis Fashion

Salah satu cara untuk memastikan kefektifan perputaran keuangan usaha Anda yaitu dengan mengetahui keadaan keuangan bisnis Anda seutuhnya. Memahami setiap masalah keuangan bisnis merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menghindari utang bisnis yang tidak terduga. Selain itu juga agar mempunyai uang yang cukup untuk berinvestasi serta mengembangkan bisnis Anda. Potensi terjadinya kerugian finansial nantinya juga bisa dikurangi. Seluruh bisnis perlu dilakukan pengelolaan keuangan yang baik termasuk juga bisnis fashion. Berikut ada penjelasan mengenai 6 cara mengelola keuangan usaha fashion secara efektif.

6 Cara Mengelola Keuangan Usaha Secara Efektif

Mengelola keuangan usaha secara efektif memang bukanlah hal yang mudah. Ada 6 cara mengelola keuangan usaha fashion secara efektif yang bisa Anda coba terapkan, diantaranya yaitu:

  • Mengenali Berbagai Aspek Keuangan

Anda perlu mempelajari mengenai berbagai macam aspek keuangan. Hal ini merupakan langkah awal agar pengelolaan keuangan yang dilakukan bisa efektif. Jika belum mengerti cara membaca laporan keuangan, maka pelajarilah dengan baik. Laporan keuangan akan memberi tahu Anda informasi tentang keuangan bisnis yang Anda jalankan. Misalnya seperti asal usul dari uang, dimanakah uang dipakai dan berbagai macam hal penting lainnya.

  • Meninjau Biaya Pemasukan serta Pengeluaran

Tinjaulah biaya pemasukan serta pengeluaran. Jadi, ketika terjadi suatu masalah yang tidak terduga terkait keuangan, Anda bisa melakukan pengecekan disana. Hal ini akan membuat Anda menjadi tidak merasa kebingungan kemanakah perginya uang bisnis Anda.

  • Membuat Budget Secara Rutin

Salah satu hal terpenting di dalam proses mengatur keuangan usaha adalah budgeting. Penyusunan budgeting akan membantu Anda dalam proses pembuatan estimasi yang berguna untuk membantu membatasi pengeluaran sesuai dengan angka yang sudah ditentukan. Lakukan budgeting ini pada setiap bulannya. Hal ini penting dilaksanakan karena keadaan dan kebutuhan tentu saja akan berbeda pada setiap bulannya.

  • Membuat Pembukuan

Buatlah pembukuan invoice fashion dengan segera sesudah melakukan pengeluaran. Di dalam proses pembayaran tagihan berikanlah waktu maksimal. Misalnya dalam 7 hari seluruh tagihan harus dibayarkan. Tujuannya yaitu untuk memastikan tidak terjadi masalah atau hilang. Buatlah pembukuan yang rapi dan jelas agar mudah dibaca. Jika pembukuan tidak dibuat dengan rapi dan jelas, maka bisa mempersulit Anda sendiri untuk membacanya.

  • Menganalisa Anggaran Setiap Akhir Tahun

Proses analisa anggaran bisa dilaksanakan dengan cara melihat anggaran layanan yang terjadi dari tahun ke tahun. Cermatilah biaya untuk memberikan layanan mengalami kenaikan, penurunan atau tetap sama. Cari tahulah informasi mengenai jumlah biaya untuk memberikan layanan khusus suatu bisnis. Misalnya seperti penggajian, rekrutmen maupun manajemen manfaat.

Pahamilah berbagai macam biaya yang digunakan apakah sudah sesuai target ataukah belum. Terdapat angka yang sulit untuk bekerja dengan hal tersebut jika Anda ingin melakukan proses pemangkasan anggaran. Anda harus mengetahui dampaknya terhadap kuantitas serta kualitas layanan jika sumber daya tersebut berkurang. Baca Juga: Bisnis Kuliner Bisa Bangkrut Seketika karena 5 Kesalahan Ini

  • Memisahkan Rekening Usaha dengan Rekening Pribadi

Anda harus memisahkan antara rekening usaha dengan rekening pribadi.  Pemisahan rekening ini bisa membuat Anda lebih mudah untuk mengukur pertumbuhan dan perkembangan bisnis. Cara termudah yaitu dengan membuka rekening giro baru khusus untuk bisnis.

Itulah uraian mengenai 6 cara mengelola keuangan usaha fashion secara efektif yang bisa Anda coba lakukan. Tujuan dari pengelolaan keuangan usaha ini tidak lain hanyalah untuk membuat bisnis yang sedang dijalankan mengalami perkembangan. Jika bisnis berkembangan dengan pesat, maka tentunya penghasilan yang didapatkan juga akan berjumlah besar.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.