6 Cara Terbaik Meningkatkan Penjualan Produk UKM

6 Cara Terbaik Meningkatkan Penjualan Produk UKM

Meningkatkan penjualan produk adalah impian setiap pengusaha, tidak terkecuali bagi yang menjalankan bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah). Bisa meraih hasil seperti yang diharapkan tentu menjadi sebuah tolak ukur keberhasilan bisnis yang tengah dirintis. Sehingga tidak heran, apabila kemudian banyak strategi dan trik turut diterapkan demi pencapaian sesuai dengan program yang sudah dibuat.

Sudah menjadi rahasia publik, bahwasanya peningkatan angka penjualan produk merupakan sebuah bukti real dari kemajuan usaha yang dikelola. Penjualan banyak produk ini mengindikasikan semakin tingginya pemasukan yang didapatkan oleh perusahaan. Dengan kata lain, dapat menjadi bukti akan berjalannya aktivitas usaha secara berkesinambungan.

Di tengah perkembangan arus teknologi dan informasi yang semakin canggih, tingkat persaingan dalam dunia bisnis juga semakin ketat. Hal ini membuat para pemilik usaha harus berpikir ekstra keras supaya bisnis yang dijalankannya bisa tetap bertahan di tengah arus globalisasi. Sebab melihat fakta di lapangan, tidak sedikit perusahaan yang gulung tikar alias bangkrut, terutama dari bagian UKM.

Strategi Ampuh Meningkatkan Penjualan Produk

Di dalam arus bisnis yang semakin panas, saat ini para pebisnis memang sangat dituntut supaya lebih kreatif dan inovatif dalam melakukan aktivitas bisnis. Apabila Anda termasuk salah satu orang yang sedang mencari jalan keluar untuk bisa meningkatkan omset melalui penjualan produk. Maka beberapa trik di bawah ini sangat direkomendasikan kepada Anda.

1. Melakukan Inovasi Terhadap Produk
Berkutat di zona nyaman dengan produk yang itu-itu saja merupakan sebuah kesalahan besar bagi pengelola UKM. Sebab dalam bisnis, Anda harus bisa memprediksi permintaan pasar yang menginginkan produk baru dan inovatif setiap harinya. Untuk bisa memenuhi tuntutan konsumen, maka pelaku UKM harus melakukan inovasi produk yang dijualnya. Misalnya dengan menambah variasi produk yang lebih kekinian.

2. Melakukan Promosi
Ini adalah hal yang seringkali diabaikan oleh pelaku UKM. Umumnya dikarenakan masih memiliki mindset bahwa biaya untuk promosi sangatlah mahal. Padahal, Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk melakukan promosi gratis. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan budget untuk pasang iklan dan segala macamnya. Promosi melalui media sosial atau internet ini terbilang sangat ampuh dalam menarik konsumen.

3. Strategi Pemasaran Produk
Kemajuan teknologi digital telah membuka banyak pintu bagi penggiat UKM untuk bisa memasarkan produknya dengan sistem online. Jadi, apabila saat ini Anda masih saja berkutat berjualan di toko fisik atau menawarkan produk secara langsung. Sekarang Anda bisa beralih ke internet, dimana jangkauan mangsa pasarnya jauh lebih besar dibandingkan dengan membuka lapak offline.

4. Menyediakan Diskon dan Redward
Salah satu hal yang mempengaruhi bisnis agar tetap stabil adalah adanya pelanggan tetap. Disini, untuk bisa menarik hati konsumen maka Anda bisa menggunakan cara seperti menyediakan potongan harga dan reward dalam bentuk uang maupun voucher kepada pelanggan setia. Misalnya saja berupa memberi voucher untuk minimal pembelian tertentu, yang mana bisa ditukarkan pada transaksi belanja selanjutnya.

5. Meningkatkan Kualitas Pelayanan
Kualitas pelayanan adalah hal terpenting dalam sebuah elemen bisnis. Pegiat UKM memang sudah seharusnya terbuka terhadap setiap kritik dan saran yang diajukan oleh konsumen. Selain membuat pembeli merasa dihargai, ini juga bisa menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan selanjutnya. Ingatlah kata pepatah , bahwa ‘Pembeli adalah raja’ sehingga harus dilayani dengan sebaik-baiknya.

6. Menetapkan SOP (Standar Operating Prosedur)
Tidak peduli seberapa besar usaha yang tengah Anda jalankan saat ini, penerapan SOP memang sangat diperlukan dalam sebuah bisnis. SOP atau standarisasi kerja diciptakan guna terjaganya kualitas produk yang dipasarkan, selain itu juga mengatur karyawan supaya tetap berada di jalur sistem yang sudah diterapkan. Apabila manajemen perusahaan baik, maka bisa berdampak pada bisnis yang dijalankan.

Itulah dia 6 Cara Terbaik untuk Meningkatkan penjualan produk UKM. Beri kami komentar Anda mengenai cara Anda meningkatkan penjualan produk UKM melalui kolom komentar dibawah. Jangan lupa share ke semua pengusaha UKM ya. Salam #Let’s beefree

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *