6 Tips Untuk Memperkuat Team Work Karyawan Anda

6 Tips Untuk Memperkuat Team Work Karyawan Anda

Richard Bronson, seorang pengusaha terkenal pernah mengucapkan sebuah kalimat inspiratif yaitu, “Jika Anda ingin berjalan cepat, berjalanlah sendirian. Tetapi jika Anda ingin berjalan jauh, maka berjalanlah bersama-sama.”

Kalimat ini merujuk pada kerja sama yang akan lebih membawa banyak manfaat ketimbang bekerja sendirian. Hal yang sama juga berlaku bagi sebuah perusahaan yang tentunya menjadikan para karyawan sebagai roda utama perusahaan.

Lalu, apakah Anda selama ini selaku pimpinan merasa bahwa perusahaan Anda seperti berjalan di tempat?

Wah .. itu adalah tanda bahaya. Coba untuk mulai mengoreksi kesalahannya. Agar bisa jadi akar masalahnya karena team work di perusahaan Anda belum berjalan seperti seharusnya. Padahal dengan team work yang baik akan memberikan dampak positif juga bagi perusahaan.

Mulai dari pekerjaan yang cepat selesai, target yang dapat dinaikkan hingga hubungan antar karyawan yang berjalan harmonis dan menciptakan suasana kerja menyenangkan. Lalu, bagaimana sih cara membuat team work yang baik? Tenang saja, berikut ini ada 6 tips untuk memperkuat karyawan Anda.

1. Tetapkan Tujuan yang Jelas

Salah satu penyebab utama banyak karyawan yang bekerja secara tidak maksimal adalah karena tujuan kerja mereka yang tidak jelas. Hal ini membuat mereka tidak memiliki pemompa daya semangat untuk meraihnya.

Nah, Anda selaku pimpinan mesti bisa mengatasi hal ini dengan menetapkan tujuan yang jelas. Berikan sebuah tujuan jangka panjang dan juga jangka pendek yang detail. Dimana tujuan-tujuan ini hanya bisa diselesaikan apabila para karyawan saling bekerja satu sama lain.

2. Bangun Kepercayaan Antar Karyawan

Integritas dan rasa saling percaya adalah pondasi awal yang mesti tercipta pada sebuah team work. Tanpa terbangunnya pondasi awal tersebut maka mustahil team work akan berjalan dengan baik. Pasti pertanyaan berikutnya adalah bagaimana membangun rasa saling percaya antar karyawan?

Jawaban terbaiknya adalah dengan membangun komunikasi yang baik. Buatlah sebuah rapat santai yang mengumpulkan setiap karyawan. Lalu biarkan mereka mengeluarkan pendapatnya tanpa adanya intervensi terlalu berlebihan.

Biarkan setiap karyawan untuk mengenal kepribadian karyawan lain dengan adanya komunikasi yang berjalan dengan intens.

3. Buat Kegiatan untuk Mendekatkan Tim

Hal berikutnya yang termasuk dalam ada 6 tips untuk memperkuat karyawan Anda adalah dengan membuat kegiatan untuk mendekatkan tim.

Mulai dari kegiatan sederhana seperti melakukan makan siang bersama atau bahkan kalau perlu lakukan liburan khusus secara bersama. Hal ini tentunya dilakukan demi satu tujuan yaitu semakin mendekatkan satu karyawan dengan karyawan lainnya.

4. Buatlah Sebuah Sistem Penghargaan

Tips berikutnya adalah dengan membuat sistem penghargaan kepada karyawan yang terlihat menonjol dan mampu memberikan dampak positif pada team work.

Hal ini pastinya akan memacu persaingan sehat antar karyawan untuk terus memberikan kinerja terbaik yang dimilikinya. Hanya saja, buat sistem penghargaan ini secara jelas dan dapat dilihat oleh karyawan lainnya.

5. Berikan Pekerjaan yang Sesuai

Perlu diketahui bahwa setiap karyawan tentunya memiliki keunggulannya masing-masing. Fakta ini mesti diperhatikan agar tidak memberikan pekerjaan yang kurang sesuai dengan mereka.

Karena hal ini akan membuat team work menjadi terhambat. Tujuan dari team work adalah setiap anggota menyelesaikan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan keunggulan mereka.

6.Lakukan Pemeriksaan yang Rutin

Terakhir adalah jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan rutin terhadap team work tiap karyawan. Perhatikan apakah team work tersebut terhitung berhasil atau masih ada yang perlu diperbaiki lagi?

Dengan melakukan pemeriksaan rutin juga bisa dijadikan bahan evaluasi Anda sebagai seorang pemimpin. Supaya team work yang diinginkan dan juga memberikan dampak positif bagi perusahaan bisa dicapai.

Semoga point-point yang sudah dijelaskan di atas tentang 6 tips untuk memperkuat karyawan Anda bermanfaat untuk Anda dan usaha bisnis Anda.

Apabila Anda merasa artikel ini sangat bermanfaat dan ingin banyak orang lain untuk mengetahuinya, jangan ragu untuk men-sharenya ke teman-teman Anda. Karena berbagi ilmu itu tentu tidak bikin rugi. Salam Let’s #beefree

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *