7 Cara Mengelola Keuangan Usaha Warung Sembako

7 Cara Mengelola Keuangan Usaha Warung Sembako

Mengatur manajemen keuangan tidaklah mudah. Namun bisnis yang baik adalah sebuah bisnis yang memiliki cara pengelolaan keuangan yang baik pula. Tidak hanya perusahaan besar yang membutuhkan pengelolaan keuangan. UMKM seperti warung sembako pun perlu menggunakannya untuk membantu kemajuan warung tersebut.

Nah, berikut ini adalah tips mengelola keuangan untuk usaha warung sembako yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

Menetapkan Gaji dari Pendapatan Hasil

Di dalam dunia usaha, pastinya setiap pegawainya mengharapkan adanya sebuah gaji yang di berikan. Namun apa jadinya apabila Anda memberikan gaji ke diri sendiri sebagai pemilik usaha? Dengan menggaji diri sendiri akan meminimalisir kemungkinan adanya penggunaan uang untuk kepentingan pribadi. Keuntungan memanglah menjadi hak pemilik usaha. Namun kenapa tidak apabila keuntungan tersebut terus di jadikan investasi?

Menyisihkan Uang Untuk Bayar Pajak

Di Indonesia sendiri memberlakukan untuk seluruh pengusaha kecil maupun besar harus melakukan pembayaran wajib pajak untuk memberikan retribusi kepada negara. UMKM kelas warung sembako pun bisa melakukan hal ini. Anda bisa menyisihkan beberapa uang yang di hasilkan untuk dibayarkan kepada kantor pelayanan pajak agar warung Anda tidak memiliki tanggungan.

Melakukan Peninjauan Ulang Keuangan Secara Teratur

Cara mengelola keuangan untuk usaha warung sembako selanjutnya adalah dengan melakukan peninjauan ulang keuangan secara teratur. Para pengusaha sukses meyakini dengan melakukan hal tersebut seorang pemilik usaha akan lebih mengetahui pasang surut keuangan yang terjadi. Dengan begitu maka akan banyak sekali ide untuk memperbaiki usaha tersebut untuk menjadi lebih baik.

Kelebihan melakukan peninjauan ulang keuangan adalah untuk memudahkan pemilik bisnis dalam memahami frekuensi dan skala bisnis yang di jalankan. Dengan begitu pihak pemilik juga dapat mengetahui apakah usahanya sedang berkembang atau justru terpuruk.

Melakukan Budgeting secara Efisien

Budgeting merupakan hal yang sangat utama dalam mengelola keuangan. Apalagi jika bisnis yang di jalankan adalah warung sembako. Karena harga sembako yang cenderung naik dan turun, Anda perlu melakukan budgeting supaya barang yang di jual bisa laku semua dan tidak mengalami kerugian sama sekali. Anda bisa memulainya dengan melakukan analisa bisnis dari masalah yang sering terjadi.

Manfaatkan Fasilitas Pajak

Pengusaha UMKM termasuk pengusaha warung sembako memiliki fasilitas khusus dari pemerintah Indonesia. Apakah itu? Beberapa tahun belakangan ini pemerintah membentuk kebijakan yang memberikan dampak positif bagi UMKM yaitu amnesti pajak. Amnesti pajak yang di ciptakan saat ini bisa dengan mudah di manfaatkan oleh pelaku bisnis UMKM seperti warung sembako. 

Baca Juga: 5 Cara Mengatur Keuangan Usaha Warung Kelontong

Gunakan Struktur Bisnis

Pada umumnya, struktur bisnis di lakukan secara perorangan, kerjasama antar mitra, dan korporasi. Setiap macam tersebut memiliki persyaratan yang harus di sepakati dengan ketentuan yang berbeda. Dalam hal ini struktur bisnis di tentukan. Anda bisa memanfaatkan jasa konsultan bisnis profesional untuk menjaga stabilitas warung sembako yang di jalankan.

Melunasi Hutang Jika Ada

Cara mengelola keuangan yang terakhir adalah dengan melunasi hutang. Hutang yang di maksud bukanlah hutang yang dilakukan kepada klien saja. Namun juga termasuk hutang yang di lakukan dalam mengembangkan bisnis berbentuk modal. Usahakan bahwa hutang-hutang tersebut terlunasi sebelum akhirnya menetapkan biaya keuntungan secara menyeluruh.

Begitulah 7 cara mengelola keuangan usaha warung sembako. Sangat mudah bukan membuat sebuah usaha UMKM menjadi lebih maju? Hanya diperlukan kreatifitas khusus untuk merubah sesuatu yang biasa saja menjadi luar biasa.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.