7 Hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Memulai Usaha F&B

7 Hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Memulai Usaha F&B

Apakah membuka bisnis sendiri merupakan impian anda. bekerja untuk diri sendiri dan menciptakan lapangan perkerjaan untuk orang lain. Begitu indah ya jika kita bahas usaha sendiri. ada banyak usaha yang bisa kita jalani sebenarnya, salah satunya bisnis kuliner. Seperti yang kita tahu bersama setiap orang butuh makan dan bisnis kuliner ini paling banyak dicari. Berminat untuk usaha ini.

Apa Saja 7 Hal yang Perlu Disiapkan?

1. Kenali Jenis Kuliner Yang Akan Anda Jual

Jenis kuliner ada bermacam-macam. Bisa berupa camilan, lauk pauk, makanan berat, atau aneka sayur. Fokus dan harus tahu apa yang akan anda tawarkan kepada pelanggan anda. perbanyak referensi dan pengetahuan serta ketrampilan untuk menguasai jenis-jenis kuliner yang akan anda jual nantinya. Agar anda bisa dengan fokus tidak berganti-ganti jenis masakan.

2. Jaga Kualitas Rasa Makanan

Menjaga rasa makanan

Sumber: freepik.com

Unsur penting dalam bisnis kuliner adalah rasa masakan. Usahakan saat memasak rasa yang tercipta dari masakan anda benar-benar enak dan bisa diterima di lidah banyak orang. Rasa enak ini yang akan mendatangkan banyak pelanggan dan bisa melakukan pembelian ulang karena cita rasa yang terjaga. Jangan mengurangi takaran bumbu jika sudah laris ya..

3. Kebersihan Harus Selalu Diperhatikan

Saat anda merintis bisnis F&B, selalu perhatikan kebersihan dalam gerai anda. baik kebersihan makanan, tempat makan, alat masak, meja, kursi, lantai, hingga kebersihan karyawan anda. Jangan sampai rasa masakan enak tapi pelayan atau tempat anda kotor. Jangan lupa selalu sediakan pengusir serangga, dan tikus. Tidak mau kan pelanggan anda lari karena tiba muncul tikus atau kecoa.

4. Pilihan Lokasi Yang Strategis

Sebelum memulai usaha coba carilah tempat usaha yang menurut anda strategis. Bisa dengan gerai sederhana atau kafe tergantung dari jenis kuliner yang akan anda buka. Perhatikan juga sekeliling tempat tersebut apakah sudah ada yang menjual kuliner dengan jenis yang sama atau belum. Apabila sudah dan anda tetap mau disitu berikan kelebihan dari gerai anda.

5. Waktu Buka Gerai Yang Tepat

Perhatikan pula jam buka usaha anda. Jika gerai anda tidak buka selama 24 jam anda harus berfikir menentukan jam efektif untuk buka dan tutup gerai anda. Jika target anda adalah karyawan kantor maka jualanlah di waktu pagi hingga sore hari atau hanya sampai jam setelah makan siang. Hal ini untuk efektif waktu dan tenaga anda.

6. Harga Yang Sesuai

Hitunglah biaya bahan pokok, produksi, dan tenaga untuk masing-masing jenis makanan. Kemudian tambahkan margin yang akan anda ambil. Jangan terlalu banyak asal jalan terus. Sesuaikan harga dengan hitungan anda tadi agar tidak terkesal terlalu mahal atau justru terlalu murah. Operasi pasar juga perlu untuk melihat berapa harga makanan serupa di tempat lain.

7. Promosi

Hal yang tidak boleh anda lupakan saat membuka usaha kuliner anda. adakan soft opening dengan beberapa promo misalnya buy 1 get 1, atau diskon tertentu, atau diskon untuk pembelian selanjutnya, bisa juga dengan memberikan kartu member. Kreasikan promosi anda seoptimal mungkin agar gerai anda akan selalu menjadi tempat tujuan orang ketika hendak makan.

 

Bisnis kuliner sebenarnya dalah bisnis potensial karena semua orang memerlukan makanan. Hal yang paling utama adalah bagaimana kita senantiasa menjaga usaha F&B ini selalu berjalan lancar. Disinilah pentingnya mengembangkan potensi yang ada di diri anda. ada yang ingin mencoba bisnis kuliner ini, menjanjikan lho hasilnya dan menyenangkan karena kita punya usaha sendiri

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.