7 Strategi Pemasaran Jitu untuk Para UMKM

7 Strategi Pemasaran Jitu untuk Para UMKM

Semakin banyaknya orang yang terjun dalam dunia bisnis, menuntut para UMKM untuk menyusun strategi pemasaran yang lebih kreatif dan inovatif. Kita semua mengetahui jika strategi pemasaran merupakan jantung kehidupan sebuah usaha, yang artinya jika strategi pemasaran salah maka secara otomatis usaha yang kita jalankan tidak dapat maju dan berkembang.

Hal utama yang harus dilakukan untuk menjadi UMKM adalah mengetahui produk apa saja yang saat ini sedang laku di pasaran. Anda juga dituntut untuk menentukan sasaran atau target dari produk yang nantinya akan Anda pasarkan.

Berikut 7 strategi pemasaran untuk para UMKM yang akan mempermudah mereka dalam meningkatkan daya saing di pasaran :

1. Bangun Relasi

Membangun relasi merupakan strategi pemasaran yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan jumlah konsumen. Banyaknya relasi yang Anda bangun akan mempermudah Anda mengenalkan bisnis Anda kepada mereka. Anda dapat bergabung di grup facebook yang berkaitan dengan usaha Anda. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui informasi perkembangan di dunia usaha Anda.

2. Maksimalkan Alat Promosi Cetak

Anda dapat membuat flyer, kartu nama atau brosur untuk membantu memperkenalkan perusahaan Anda. Dengan alat promosi cetak, memudahkan para konsumen untuk menghubungi Anda jika suatu saat mereka membutuhkan produk atau jasa Anda. Tidak semua orang dapat mengakses internet, oleh sebab itu, alat promosi cetak dapat membuat orang lebih percaya dengan bisnis Anda.

3. Penggunaan Teknologi Informasi

Dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini, Anda dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan komunikasi, mengurangi waktu proses maupun dalam pengambilan suatu keputusan. Anda dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk melakukan pemasaran produk. Anda dapat membuat website yang berisi data perusahaan serta produk yang Anda tawarkan.

Dengan membuka website usaha Anda, maka konsumen akan dapat dengan mudah mengenal perusahaan Anda. Hal ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang efektif utuk dijalankan.

5. Menentukan STP

Apa itu STP? STP merupakan kependekan dari segmenting, targeting, dan positioning yaitu strategi yang harus dilakukan para UMKM untuk mempermudah mereka dalam melakukan pemasaran produk. Segmenting merupakan suatu kegiatan untuk mengelompokkan atau memilah-milah konsumen berdasarkan persamaan yang mereka miliki.

Setelah melakukan segmenting, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah targeting yaitu memilih dan mengevaluasi dari beberapa segmen yang ada dan memutuskan siapa yang akan menjadi target dalam market Anda.

Dan yang terakhir adalah, Anda harus melakukan positioning yaitu menentukan posisi produk yang merupakan kombinasi dari kegiatan pemasaran yang dijalankan oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dari sasaran yang telah ditentukan. Untuk mencapai pemasaran yang sukses maka Anda harus melakukan ketiga strategi tersebut dengan baik.

6. Membuat Produk yang Unik

Hal yang penting saat Anda memulai sebuah bisnis adalah Anda harus membuat sesuatu yang unik dibandingkan dengan produk sejenis yang telah ada sebelumnya. Pastikan produk Anda mempunyai kelebihan dan berkualitas dibanding produk yang ada di pasaran. Kreativitas dan inovasi memang sangat diperlukan untuk mempermudah pemasaran.

7. Konsistensi

Sebagai seorang UMKM, Anda harus konsisten dalam menjalankan strategi pemasaran yang telah Anda pilih. Hal tersebut sangat penting untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap bisnis yang Anda jalankan. Jika konsumen telah percaya pada bisnis Anda, tentu mereka akan tertarik untuk membeli produk maupun memakai jasa yang Anda tawarkan.

Itulah 7 strategi pemasaran untuk para UMKM agar dapat meningkatkan bisnis mereka. Semoga bermanfaat.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.