7 Teknik Promosi Efektif di Bulan Ramadhan

7 Teknik Promosi Efektif di Bulan Ramadhan

Sebagai negara dengan mayoritad Islam terbesar di dunia, kehadiran bulan Ramadan memang benar-benar berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia. Hal tersebut tentu harus Anda perhatikan jika ingin mempromosikan sesuatu maupun untuk meningkatkan penjualan di bulan puasa tersebut. Simak yuk beberapa teknik promosinya di bawah ini.

Kiat-kiat Promosi Selama Ramadhan

1. Beri ucapan Selamat Ramadhan

Promosi di bulan suci Ramadhan ada baiknya diawali dengan ucapan selamat Ramadhan kepada seluruh pelanggan setia Anda yang muslim. Dengan mengucapkan kalimat tersebut, mereka akan merasa bahwa Anda punya kepedulian terhadap pelanggan dan tak serta merta mementingkan penjualan.

2. Coba Desain Promosi dengan Tema Ramadhan

Lain dengan hari biasanya, bulan Ramadhan memiliki  simbol khusus yang bisa Anda angkat sebagai materi promosi produk. Simbol yang sudah umum digunakan ketika bulan Ramadhan di antaranya, simbol bulan sabit, kurma, lentera, kubah Masjid dan sebagainya.

Dengan menambahkan simbol-simbol tersebut akan menjadikan alat promosi Anda bernuansa bulan Ramadhan dan siap dipasarkan. 

Baca Juga: Bisnis Kuliner: Inilah Menu Buka Puasa Cocok untuk Pelanggan Anda

3. Anggaran Promosi selama Ramadhan

Terdapat hubungan antara bulan Ramadhan dengan meningkatnya perilaku konsumtif masyarakat, sebagian besar perusahaan memanfaatkan hal ini dengan fokus meningkatkan intensitas promosi selama bulan tersebut.

Berdasarkan penelitian ada kenaikan pengeluaran untuk promosi sekitar 20% selama bulan Ramadhan melebihi pengeluaran bulanan biasanya.

4. Aturlah budget promosi

Oleh sebab itu, Anda perlu cermat dalam mengatur budget promosi. Jangan sampai Anda telah repot-repot promosi, namun nyatanya hasil yang diperoleh tidak sesuai harapan.

Sebaiknya Anda perlu mempelajari hasil promosi pertama. Apabila hasilnya bagus, Anda dapat meningkatkan budget untuk promosi selanjutnya. Yang lebih penting ialah pakai teknik promosi yang mampu menekan biaya operasional tetapi target market yang diperoleh bisa maksimal.

5. Hati-hati terhadap Konten Promosi

Dalam melakukan promosi, khususnya di bulan suci Ramadhan, Anda perlu berhati-hati ketika menentukan konten promosi. Pesan seperti apa sih yang hendak disampaikan selama bulan Ramadhan dan Anda pun perlu memastikan promosi produk Anda selalu menghormati budaya dan tradisi umat Muslim.

Bulan Ramadhan merupakan tradisi religius dengan ikatan emosional yang sangat kuat di masyarakat yang tentunya harus dihormati. Oleh sebab itu, jangan sampai konten promosi Anda menyinggung pihak tertentu.

Sebaiknya Anda punya tim khusus yang bertugas memilah dan memilih alat promosi mana yang dapat digunakan dan mana yang harus diperbaiki sebelum diluncurkan.

6. Gunakan Kecanggihan Digital dalam Promosi

Di era digita seperti saat ini, Anda dimudahkan dengan banyak platform promosi dalam bentuk digital. Anda dapat memanfaatkan platform digital tersebut, contohnya media sosial, untuk melakukan promosi secara gratis. Dengan demikian Anda dapat mengurangi budget promosi yang sudah dianggarkan sebelumnya.

Meskipun memang untuk memperoleh hasil maksimal, Anda perlu membayar biaya promosi (fb ads), tetapu setidaknya dengan media digital pengeluaran biaya promosi Anda dapat sedikit dihemat jika dibandingkan dengan promosi secara tradisional seperti pasang iklan di televisi atau media cetak.

Apalagi selama bulan suci Ramadhan sebagian besar masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu berselancar di dunia maya dibanding hangout ke luar rumah. Sehingga strategi promosi Anda akan mudah dan cepat tersampaikan kepada mereka.

7. Pilih Waktu yang Tepat untuk Melakukan Promosi

Waktu promosi yang tepat di bulan Ramadhan tentu beda dengan waktu promosi di hari-hari biasa. Anda perlu perhatikan kapan target market Anda mengakses media sosial.

Anda dapat pilih di waktu sahur, jam istirahat kantor, dan menjelang waktu berbuka puasa untuk melakukan promosi. Sebab, dipastikan banyak masyarakat yang mengakses media sosial di jam-jam tersebut.

Bagaimana menurut Anda? Cukup mudah bukan tips-tips di atas? Semoga dengan tips di atas kegiatan promosi Anda berhasil meningkatkan omzet di bulan Ramadhan. Selamat mencoba!

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.