8 Cara Mengelola Stok Barang di Gudang

8 Cara Mengelola Stok Barang di Gudang

Keberadaan gudang dalam sebuah bentuk usaha ataupun perusahaan tentunya adalah bagian yang penting. Hal tersebut bukannya tanpa alasan yang pasti. Perlu diketahui bahwa gudang merupakan salah satu roda penggerak bagi setiap badan usaha maupun perusahaan. Karena pada gudanglah tersimpan produk maupun informasi tentang produk yang menjadi modal utama perusahaan agar bisa mendapatkan keuntungan.

Mengingat pentingnya hal inilah yang kemudian membuat proses stok barang di gudang menjadi hal yang penting. Sayangnya, masih banyak orang yang melakukan kesalahan bahkan tidak tahu bagaimana cara mengelola stok barang di gudang yang benar. Untuk itulah, berikut ini ada 8 cara mengelola stok barang di gudang.

1. Memiliki Gudang Penyimpanan

Cara pertama adalah pastikan Anda maupun perusahaan Anda sudah memiliki gudang penyimpanan. Meskipun terdengar sepele tapi poin inilah yang bisa dibilang paling terpenting. Gudang penyimpanan ini berguna untuk membuat berbagai produk berada dalam satu tempat yang sama. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda dalam melakukan proses stok barang nantinya.

2. Mempersiapkan Data Seakurat Mungkin

Berikutnya yang juga tidak boleh dipandang sebelah mata adalah mempersiapkan data seakurat mungkin. Hal tersebut disebabkan karena progress yang dialami oleh perusahaan sangat tergantung dengan data-data tersebut. Untuk itulah, ada baiknya untuk mempekerjakan satu orang khusus untuk mempersiapkan maupun menyiapkan data untuk kebutuhan gudang yang seakurat mungkin.

3. Membuat Forecast Persediaan

Setelah Anda melakukan penghitungan data pada barang maka hal berikutnya yang patut dilakukan adalah membuat forecast persediaan. Dimana yang dimaksud dengan forecast persediaan adalah perkiraan persediaan stok barang yang dibutuhkan dalam beberapa waktu ke depan. Hal ini jugalah yang nantinya akan menentukan besaran modal yang harus dikeluarkan perusahaan untuk bisa memenuhi kebutuhan stok barang dalam periode tertentu tersebut.

4. Memberikan Kode Pada Setiap Barang yang Dimiliki

Pemberian kode pada setiap barang maupun produk akan sangat memudahkan nantinya. Mulai dari mampu memberikan harga berbeda dari setiap barang tersebut, memberikan pelayanan yang berbeda hingga tentunya membuat pelanggan lebih mudah dalam mencari produk yang diinginkan. Mengingat berbagai manfaat tersebutlah yang membuat pemberian kode pada setiap barang di gudang jangan sampai terlewatkan.

5. Pisahkan Stok Baru dengan Stok Lama

Langkah berikutnya adalah memisahkan stok barang baru dengan stok barang lama. Biasanya pada langkah ini, banyak orang yang tidak terlalu memperdulikannya. Padahal dengan memisahkan antara stok baru dengan stok lama akan memberikan banyak keuntungan. Salah satu keuntungan yang paling utama adalah mampu membedakan barang yang fresh dengan barang yang sudah mulai lama tersimpan di gudang.

6. Lakukan Pengecekan Sebelum Barang Disimpan

Melakukan pengecekan barang sebelum barang disimpan atau bahkan dijual juga adalah langkah penting. Hal ini untuk mencegah kekeliruan harga maupun hal yang tidak diinginkan lainnya seperti barang yang sudah kedaluarsa. Perlu diketahui bahwa banyak kesalahan yang dapat dicegah ketika melakukan pengecekan yang satu ini.

7. Lakukan Pencatatan Secara Rutin

Tips berikutnya adalah melakukan pencatatan secara rutin. Dimana yang dimaksud dengan pencatatan secara rutin adalah melakukan pencatatan persediaan produk di gudang baik produk yang masuk, produk yang keluar hingga produk yang rusak. Hal tersebut dilakukan untuk membuat pendataan dan persediaan produk tetap dapat diawasi dalam periode waktu tertentu.

8. Pastikan Produk Dalam Kondisi Terbaik

Untuk poin yang terakhir tidak kalah pentingnya adalah memastikan produk dalam kondisi yang terbaik. Hal ini tentunya akan berimbas langsung pada kepuasaan pelanggan ketika nantinya mendapatkan barang tersebut. Sehingga Anda juga harus menjaga produk-produk yang tersimpan di dalam gudang agar selalu berada dalam kualitas terbaiknya.

Setelah mengetahui delapan tips tersebut tentunya semua akan percuma apabila tidak dipraktekkan. Karena 8 cara mengelola stok barang di gudang ini diketahui ampuh untuk mengelola gudang menjadi lebih baik lagi.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa share di sosial media Anda agar teman Anda mendapatkan manfaatnya. Karena sebaik–baik nya ilmu adalah berbagi.
Salam Let’s #beefree

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Asal kamu mau berjuang untuk meraihnya. @venjaskens

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

// //