8 Manfaat Software Kasir Untuk Restoran

8 Manfaat Software Kasir Untuk Restoran

Kasir merupakan salah satu hal penting dalam menjalankan bisnis penjualan tidak terkecuali pada bidang makanan. Seperti yang diketahui bahwa kasir merupakan tempat dilakukannya transaksi. Dalam hal ini, tentu harus dilakukan pencatatan mengenai pemasukan serta pengeluaran uang.

Jika dilakukan secara manual maka hal tersebut tentu akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit serta merepotkan. Namun hal ini dapat diatasi dengan adanya pengembangan teknologi dalam bidang bisnis yaitu dengan adanya aplikasi kasir. Aplikasi ini dapat digunakan pada berbagai macam bisnis penjualan tidak terkecuali restoran.

Aplikasi berbasis sistem point of sale ini sangat menguntungkan bagi pemilik restoran terutama pada pencatatan transaksi. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan menggunakan aplikasi kasir untuk bisnis restoran adalah sebagai berikut ini.

1. Memudahkan Proses Akuntansi

Jika pada mesin kasir konvensional diharuskan untuk menghitung struk dengan jumlah yang tidak sedikit secara manual. Maka berbeda hanya dengan aplikasi kasir yang dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efisien. Pada aplikasi kasir dilakukan input data mengenai tabel penjualan harian yang menyesuaikan   makanan di setiap restoran.

Dengan adanya hal ini, maka setiap kali dilakukan sebuah transaksi maka dapat dilakukan dengan hanya melihat tabel penjualan tersebut. Transaksi nantinya juga akan terdapat secara otomatis melalui aplikasi kasir ini.

2. Mengurangi Tingkat Kesalahan

Aplikasi kasir ini juga dilengkapi dengan fitur-fiturnya yang memudahkan pengguna. Terdapat fitur pengecekan produk yang di input dan juga pengecekan transaksi.  Apabila terjadi kesalahan transaksi penjualan akan dapat diperbaiki dengan lebih cepat. Dengan demikian terjadinya kesalahan dalam pencatatan transaksi dapat diminimalisir sehingga tidak ada pihak yang akan dirugikan.

3. Pembuatan Laporan Stok Lebih Mudah

Fitur lain yang disediakan oleh aplikasi kasir adalah fitur kontrol stok makanan. Dengan adanya hal ini tentu akan membuat penggunanya lebih mudah melakukan pembuatan laporan stok makanan. Tanpa perlu mengecek ke tempat persediaannya secara langsung. Akan tetapi sebaliknya, Pengecekan persediaan dapat dilakukan dengan hanya duduk di depan komputer.

4. Mengetahui Keuntungan dan Kerugian Yang Diperoleh pada Waktu Tertentu

Pencatatan dengan menggunakan aplikasi kasir yang akurat maka akan bisa memberikan keuntungan lainnya. Berdasarkan hal ini, hasil perhitungan dalam pencatatan dapat digunakan untuk menganalisa apakah bisnis mengalami keuntungan atau sebaliknya. Kondisi ini dapat diketahui dengan memperkirakan laba kotor melalui perhitungan antara total persediaan dan juga jumlah penjualan yang dicapai.

5. Mengontrol Stok Persediaan

Aplikasi kasir juga dilengkapi dengan kemampuan untuk dapat melihat stok makanan secara realtime. Dalam hal ini, apabila terdapat stok yang digunakan maka jumlah persediaan yang ditunjukkan juga akan berkurang secara otomatis.

Kelebihan ini tentu dapat membuat kontrol persediaan juga akan semakin mudah dilakukan. Dengan demikian apabila terdapat stok yang jumlahnya semakin sedikit akan dapat dilakukan penyetokan kembali sehingga kehabisan stok dapat diantisipasi. 

Baca Juga: Kiat Sukses Memulai Usaha Kuliner Hingga Sukses

6. Pelayanan Lebih Cepat

Bagi sebuah restoran, Pelayanan  merupakan hal yang sangat penting untuk tidak mengecewakan pelanggan. Terlebih jika pelanggan sudah merasa lapar dan tidak ingin menunggu terlalu lama. Salah satu kelebihan dari aplikasi kasir adalah transaksi dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Mulai dari proses pembayaran yang dapat dilakukan dengan menggunakan kartu kredit, hingga pencetakan bukti transaksi pelanggan dapat dilakukan hanya dengan beberapa menit saja.

7. Biaya Perawatan Lebih Rendah

Menggunakan mesin kasir yang sudah tertinggal oleh zaman tentu akan membutuhkan perbaikan yang lebih sulit. Mengingat terbatasnya pihak yang dapat memperbaikinya serta juga akan membutuhkan biaya lebih mahal.

Namun berbeda halnya dengan aplikasi kasir yang dapat diperbaiki oleh vendor yang sudah ahli dalam bidangnya. Selain itu juga banyak vendor yang tersedia sehingga biaya perbaikan akan lebih rendah dibandingkan dengan perbaikan mesin kasir konvensional.

8. Dapat Selalu Terhubung Dengan Bisnis

Bisnis merupakan suatu hal yang sangat penting dan harus selalu dikontrol pelaksanaannya. Dengan adanya aplikasi kasir maka pemilik bisnis restoran juga dapat selalu terhubung dengan bisnisnya.

Hal ini dapat dilakukan dengan adanya pemberitahuan mengenai penjualan harian atau stok yang akan habis dari aplikasi kasir. Dengan adanya informasi tentang kondisi bisnis tersebut maka pemilik bisnis akan tahu apa saja dan kapan saja tindakan yang harus dilakukan untuk dapat mengelola bisnisnya.

Itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan penggunaan aplikasi kasir pada bisnis restoran. Dengan demikian, restoran akan tetapi berjalan dengan lancar serta selalu berada dalam pengawasan pemiliknya.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.