Alasan Mengapa Pengusaha Wajib Mengetahui Ilmu Akuntansi

Alasan Mengapa Pengusaha Wajib Mengetahui Ilmu Akuntansi

Menjadi penguasaha dan memiliki usaha sendiri memang sebuah tantangan yang tidaklah mudah untuk dijalani. Banyak hal yang mesti dipelajari supaya roda perusahaan bisa bergerak ke arah seharusnya. Dari sekian banyak hal yang wajib dipelajari maka ilmu akuntansi masuk ke dalam hal vital yang harus diketahui. Hal tersebut bukannya tanpa alasan, karena bisa dibilang akuntansi adalah pilar yang membuat perusahaan bisa tegap berdiri dan memenuhi visi perusahaan. Bagi Anda yang tergolong masih awam, berikut akan diberikan alasan mengapa pengusaha wajib mengetahui ilmu akuntansi.

1. Mampu Merencanakan Anggaran
Setiap perusahaan apapun itu pastinya membutuhkan anggaran supaya perusahaan dapat berjalan dengan baik. Anggaran ini sendiri bisa berupa anggaran tahunan, anggaran bulan, anggaran mingguan hingga anggaran harian. Biasanya anggaran ini merupakan nominal dana yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Mulai dari untuk dana operasional, beban produksi hingga gaji para karyawan. Untuk itulah, kemampuan menyusun dan merencanakan anggaran harus bisa dikuasai oleh setiap pengusaha. Apabila mereka tidak memiliki kemampuan ini dipastikan perusahaan yang dijalankan dalam masalah besar dan bisa berada di ambang kehancuran. Tidak perlu yang terlalu ahli ataupun mendetail, terkadang kemampuan menyusun anggaran juga sudah dijelaskan secara dasarnya apabila Anda menguasai ilmu akuntansi.

2. Mengetahui Laba dan Rugi
Salah satu tujuan paling utama dari sebuah perusahaan tentunya adalah mendapatkan keuntungan atau laba. Sayangnya, untuk bisa mengetahui hal ini maka dibutuhkan perhitungan yang rinci dan juga mendetail tentang keuangan perusahaan. Hal tersebut hanya bisa dilakukan apabila Anda menguasai ilmu akuntansi. Dalam ilmu akuntansi ada yang disebut dengan cost volume profit yang berguna untuk menghitung laba dan rugi sebuah perusahaan dalam jangka periode waktut tertentu. Dengan mengetahui laba dan rugi dari perusahaan yang Anda miliki pastinya dijadikan tolak ukur untuk rencana perusahaan Anda kedepannya.

3. Untuk Melakukan Sistem Pembukuan
Selama ini masih banyak pengusaha terutama pengusaha pemula yang lebih mementingkan laporan laba pada akhir periode yang diinginkan. Hal tersebut memang tidak salah, namun mesti diketahui juga bahwa laporan yang dibutuhkan perusahaan bukan hanya laporan laba semata tapi juga laporan pembukuan. Laporan pembukuan ini sendiri terdiri dari tiga hal yaitu pembukuan kas masuk, pembukuan keluar hingga pembukuan kas masuk keluar. Tentunya untuk bisa melakukan penghitungan pembukuan laporan perusahaan ini dibutuhkan ilmu khusus. Untuk itulah, setiap pengusaha diwajibkan menguasai ilmu akuntansi untuk bisa melakukan perhitungan ini salah satunya.

4. Mampu Dijadikan sebagai Alat Kontrol
Sebagai seorang pengusaha tentunya bisnis atau usaha yang sedang Anda jalani, hak penuhnya ada pada Anda. Berbagai kebijakan semuanya bersumber pada Anda dan tentunya hal tersebut dilakukan untuk kebaikan perusahaan. Namun tentunya kebijakan apapun yang akan dilakukan harus memiliki dasar yang relevan. Untuk itulah, dibutuhkan laporan keuangan perusahaan yang detail. Dengan Anda sebagai pengusaha yang menguasai ilmu akuntansi maka Anda dapat melakukan kontrol penuh terhadap perusahaan. Tidak terkecuali dengan mengambil berbagai keputusan atau kebijakan yang didasarkan dengan laporan keuangan yang sudah Anda susun sendiri.

Semoga point-point yang sudah dijelaskan di atas tentang alasan mengapa pengusaha wajib mengetahui ilmu akuntansi bisa bermanfaat untuk Anda. Supaya Anda lebih bisa menjalankan perusahaan ke arah dan visi yang lebih baik. Apabila Anda merasa artikel ini sangat bermanfaat dan ingin banyak orang lain untuk mengetahuinya, jangan ragu untuk men-sharenya ke teman-teman Anda. Karena berbagi ilmu itu tentu tidak bikin rugi. Salam Let’s #beefree

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *