Alasan Mengapa Penjaga Kasir adalah Salah Satu Profesi Tertangguh

Alasan Mengapa Penjaga Kasir adalah Salah Satu Profesi Tertangguh

Tidak sedikit masyarakat yang memandang sebelah mata profesi sebagai kasir, karena masih beranggapan bahwa tugas kasir hanyalah berdiri mematung di depan komputer dan mesin print saja. Padahal, faktanya pekerjaan kasir sangatlah jauh dari kenyamanan yang dituduhkan oleh banyak orang. Sebagai kasir, banyak pahit dan manis moment bekerja yang harus dijalani.

Tidak semua orang dapat bertahan dengan pekerjaan sebagai seorang kasir, apabila motivasi dalam mencari uang dan ketahanan mentalnya tinggi. Karena bukan hanya menguji fisik, pekerjaan ini juga nyaris seperti ujian emosi. Kalau masih penasaran, maka berikut di bawah ini adalah beberapa alasan yang membuat mengapa kasir adalah profesi tertangguh di dunia.

1. Tetap Tersenyum Apapun Situasinya

Kalau ada orang yang pernah tersenyum sampai gigi terasa kering, maka hanya seorang dengan profesi sebagai kasirlah yang tahu bagaimana rasanya. Karena memang sudah tugasnya untuk ramah melayani semua konsumen, tidak peduli sedang sakit gigi, patah hati, sedih setengah mati, atau emosi. Tetap harus menampilkan wajah ceria.

2. Berani Dalam Berbagai Kondisi

Penjaga kasir tidak ada bedanya dengan seorang security atau petugas keamanan. Mereka harus berani mengambil tindakan dan bertahan dalam berbagai situasi dan kondisi. Salah satunya adalah menghadapi komplain dari konsumen yang rewel. Dan yang paling parah ketika tiba-tiba toko mengalami perampokan, dimana nyawa menjadi taruhannya.

3. Teliti dan Cermat

Ketelitian dan kecermatan seorang penjaga kasir memang terbukti sangat tinggi. Bukan hanya dalam menghitung barang belanjaan, namun juga menghitung stock yang keluar masuk toko. Jika tidak cermat, maka toko tersebut sudah tentu akan mengalami rugi besar. Jadi sebenarnya, seorang yang berprofesi kasir ini sangat tangguh sekali.

4. Berani Menanggung Risiko

Pekerjaan sebagai kasir juga sangat berisiko tinggi, selain harus memastikan kestabilan sebuah toko. Ia juga harus menanggung akibat yang sangat besar apabila terjadi kesalahan dalam penghitungan stock atau barang belanjaan. Jika kurang, maka akan dilimpahkan kepada si kasir untuk bertanggungjawab mengganti sebagian atau seluruh kerugian toko.

5. Memiliki Skill Product Knwoledge

Setiap kasir dituntut untuk memiliki kemampuan memahami semua produk (termasuk nama, harga, fungsi serta kegunaan, kelebihan, dan lain sebagainya) yang dijual di toko tersebut. Jadi, jangan menyepelekan profesi kasir karena kapasitas memori otaknya sangat besar sehingga bisa menghapal semua produk di luar kepala, dan menjelaskannya kepada konsumen.

6. Melakukan Pembukuan Secara Rinci

Jika biasanya pembukuan akan dilakukan oleh seorang akuntan tertentu yang memang kompeten dibidangnya. Maka seorang kasir pun dituntut bisa melakukan hal tersebut, meskipun tidak spesifik. Namun seperti yang diketahui, kesalahan kecil dalam proses penulisan pembukuan ini dapat berakibat fatal, karena otomatis semua data jadi salah.

7. Kekuatan Fisik di Atas Rata-Rata

Aksi heroik seperti pahlawan juga harus dimiliki oleh seorang kasir. Bagaimana tidak, apabila konsumen membeli sebuah barang dengan ukuran sangat besar, maka kasir lah satu-satunya orang yang bertugas mengangkat barang tersebut menuju motor atau mobil pembeli. Parahnya lagi, jika barang tersebut terletak di bagian atas rak dan Anda terpaksa mengambilnya.

8. Bertindak Sebagai Cenayang

Bukan hanya harus mengetahui uang dan produk yang hilang, seorang kasir juga akan turut dipersalahkan apabila ada seorang anak dari pengunjung yang tidak nampak batang hidungnya. Dan parahnya lagi, apabila ketemu buyer yang temperamen dan langsung mempersalahkan bahwa hal tersebut adalah salah dari si kasir.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.