Analisis Resiko Dalam Menjalankan Usaha Bisnis

Analisis Resiko Dalam Menjalankan Usaha Bisnis

Dalam menjalani sebuah bisnis, tentu banyak hal yang harus dipertimbangkan. Salah satunya adalah resiko yang akan dihadapi. Hal ini menjadi penting agar para pelaku usaha bisa memiliki gambaran mengenai bagaimana usaha yang dijalankan. Selain itu juga berkaitan dengan menyiapkan strategi apa saja dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

Ada banyak hal mengenai analisis resiko. Berikut beberapa hal yang bisa anda jadika sebagai rujukan atau referensi mengenai analisis resiko dalam menjalankan usaha bisnis. Beberapa di antaranya meliputi analisis aspek keuangan, aspek potensi pasar, aspek sumber daya manusia yang dimiliki, aspek bahan produk, aspek pelanggan, serta aspek pesaing.

1. Aspek keuangan

Aspek keuangan tentu saja berkaitan dengan modal atau dana usaha. Namun penting untuk diketahui bahwa modal bukanlah hal paling utama, sebab kunci keberhasilan dari sebuah usaha bukan hanya terletak pada modal saja. Sebagai pelaku usaha, anda sebaiknya memahami bahwa yang penting adalah modal yang tepat dengan penggunaan yang tepat pula.

Modal yang disiapkan harusnya sesuai dengan potensi pasar dan konsumen, keuntungan yang diperoleh, pengembalian bunga dan pokok utang, serta penggunaan modal sendiri. Untuk bisa meminimalisasi terjadinya resiko keuangan dapat anda lakukan dengan melakukan pengelolaan uang dengan baik, melakukan pembukuan yang teratur, serta mengikuti jaminan usaha lainnya.

Beberapa resiko usaha pada aspek keuangan yang perlu anda ketahui adalah ada biaya produksi, perusahaan, pinjaman, serta hutang yang besar atau berlebihan. Selain itu juga dengan adanya suku bunga valuta asing dan resiko komoditas.

2. Aspek potensi pasar

Analisis dari aspek yang satu ini berkaitan dengan perang harga produk yang ditawarkan antar sesama pelaku bisnis. Anda bisa melakukan riset dan analisis lanjut untuk menyiapkan strategi selanjutnya. Misalnya dengan meningkatkan teknik pemasaran, memilih produk yang tepat untuk dijual, menemukan potensi pasar yang bisa menguntungkan, serta menentukan perilaku pelanggan.

3. Aspek sumber daya manusia

Sebagai pelaku usaha dengan sumber daya manusia yang tersedia, anda bisa melakukan analisis resiko tentang para karyawan, resiko dalam hubungan industri serta persilihannya, etika dalam berbisnis dan bekerja, serta resiko eksekutif puncak dengan staf utama dalam bisnis tersebut.

4. Aspek bahan produk

Anda bisa melakukan evaluasi pemasok produk atau barang, memeriksa proses produksi, memberikan informasi yang membantu para konsumen dalam menikmati keuntungan produk yang ditawarkan, serta memberikan pelayanan yang baik kepada para pelanggan.

5. Aspek pelanggan

Beberapa hal yang bisa dilakukan yakni menganalis terhadap sikap pelanggan yang melakukan protes atas produk yang diberikan, respon mengenai produk yang akan dibeli, ataupun minat pelanggan atas produk yang ditawarkan. Salah satu hal yang penting untuk dilakukan yakni dengan menindaklanjuti keluhan yang pernah terlontar dari pelanggan sebagai bahan evaluasi.

6. Aspek pesaing

Sebagai pelaku usaha, anda pasti ingin memenangkan persaingan pasar. Hal ini bisa dilakukan dengan memerhatikan kualitas produk yang ditawarkan, kesesuaian antara harga yang diinginkan konsumen dengan harga yang diberikan, serta pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Selain itu, anda perlu mengetahui strategi pemasaran yang tepat, desain produk yang sesuai, dan memberikan pelayanan yang tidak biasa dan tidak berikan oleh pesain yang lain.

Cukup menantang, bukan? Apa saja analisis resiko yang pernah anda lakukan sebelumnya? Bagaimana hasil yang diberikan? Yuk berikan tanggapan atau sharing pengalaman berharga anda di kolom komentar di bawah ini.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.