Apa Itu NPWP dan Kenapa Kita Harus Punya?

Apa Itu NPWP dan Kenapa Kita Harus Punya?

NPWP merupakan singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak yang merupakan sebuah nomor khusus yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sebuah sarana di dalam semua proses administrasi perpajakan. NPWP sendiri dipakai sebagai bentuk tanda pengenal atau identitas pada Wajib Pajak untuk dapat melaksanakan hak dan kewajiban pada bidang perpajakan. Nomor ini sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap individu atau perusahaan yang masuk ke dalam kategori Wajib Pajak.

Wajib Pajak sendiri merupakan badan atau perseorangan yang telah memiliki hak dan kewajiban di dalam perpajakan. Baik itu pemungut pajak, pembayar pajak atau pemotong pajak sesuai dengan undang-undang perpajakan.

Alasan Penting Mengapa Anda Harus Memiliki NPWP

Banyak orang yang menyepelekan pentingnya memiliki NPWP. Padahal sebenarnya ini sangat penting karena memberikan berbagai kemudahan dan keuntungan dalam kehidupan. Khususnya yang berkaitan dengan bidang administrasi. Berikut ini adalah alasan yang mendasari mengapa Anda wajib memiliki NPWP. Baik itu NPWP untuk perusahaan ataupun NPWP untuk perseorangan. Karena keduanya memiliki kegunaan yang berbeda.

1. Untuk Pengajuan Surat Izin Usaha Perdagangan

Alasan pertama pembuatan NPWP adalah untuk mempermudah pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan atau yang biasa disingkat menjadi SIUP. Surat ini merupakan sebuah surat resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah sebagai izin usaha perdagangan bagi seseorang. Surat ini tidak hanya diperlukan oleh perusahaan, namun juga untuk UKM dan UMKM. Karena tanpa SIUP, bisnis perdagangan Anda tidak bisa dijalankan dan bersifat ilegal.

2. Merupakan Sebuah Syarat Administrasi di Bank

Selain dapat digunakan untuk mengajukan Surat Izin Usaha Perdagangan, NPWP juga sangat dibutuhkan oleh proses administrasi di Bank. Tidak hanya untuk mengajukan suatu kredit, namun juga saat Anda membuat rekening koran atau membuka tabungan di Bank. Khususnya untuk jenis kredit pinjaman dalam jumlah yang sangat besar, maka NPWP memiliki peran yang sangat penting.

3. Dapat Mengurangi Pembayaran Pajak

Adapun alasan berikutnya dari pentingnya pembuatan NPWP adalah mengurangi pembayaran pajak. Seseorang yang sudah memiliki NPWP, maka pajak yang dituntut oleh negara akan lebih ringan. Jenis pajak yang dimaksud di sini adalah pajak penghasilan. Hal ini dapat dibuktikan dengan prosentasi pajaknya, jika seseorang telah memiliki NPWP, maka pajak negara yang dibebankan kepadanya hanya sebesar 5%.

4. Merupakan Syarat Pembuatan Paspor

Berikutnya, NPWP ternyata juga sangat penting dan dibutuhkan dalam rangka pembuatan paspor. Paspor sendiri merupakan sejenis dokumen yang bersifat resmi dari negara yang bersangkutan. Fungsi dari paspor adalah untuk keperluan imigrasi ke luar negeri sebagai pengganti dari KTP. Dan ini adalah syarat yang utama, sehingga paspor tidak bisa dibuat jika Anda tidak memiliki NPWP.

5. Memudahkan Urusan di Perpajakan

Proses mengurus dokumen perpajakan membutuhkan NPWP. Sehingga, ketika Anda memiliki NPWP, urusan perpajakan akan semakin praktis dan mudah. Baik untuk jenis NPWP online maupun jenis yang offline. Dengan demikian, proses restitusi pajak atau melihat jumlah pajak yang wajib dibayar akan semakin mudah. Yang dimaksud denga restitusi adalah proses pengembalian atas pembayaran pajak yang mensyaratkan kepemilikan NPWP.

Pembuatan NPWP adalah hal yang sangat penting karena memberikan berbagai manfaat dan kemudahan. Oleh karena itu, baik perusahaan atau perseorangan harus memilikinya dengan mengurus secara langsung ke instansi setempat. Untuk Anda yang ingin memberikan tanggapan dan pertanyaan atas artikel ini, silahkan mengisinya di kolom komentar!

 

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.