Apa Saja Pajak yang Harus Dibayar Pengusaha Bisnis Kuliner?

Usaha kuliner, tentu saja harus mengetahui jenis pajak, agar kita menjadi seorang bisnisman yang kerap membantu pertumbuhan bangsa. Pajak kuliner dan Pajak Restoran sendiri telah ditetapkan oleh Pasal 1 ayat 22 Undang- Undang Nomor 28 Tahun 2009.

Beberapa jenis pajak ini tentu akan sangat penting bagi para pengusaha bisnis kuliner. Pengetahuan ini harus dimiliki agar kita tetap mempunyai ancang- ancang bila kita akan memulai bisnis kuliner. Dan juga jangan sampai anda tertipu oleh beberapa oknum penagih pajak. Maka dari itu sebagai pengusaha bisnis kuliner, harus memahami jenis pajak.

Beberapa Hal Tentang Pajak Bisnis Kuliner

Adapun berikut ini adalah beberapa pajak yang harus dibayar pengusaha bisnis kuliner…

1. Objek Pajak Kuliner

Sama seperti jenis pajak lainnya Pajak kuliner memiliki sebuah Objek Pajak. Dalam kuliner Objek Pajak terletak pada pelayanan. Tetapi tidak semua jenis pelayanan pada bisnis kuliner dikenai Pajak. Beberapa pelayanan yang tidak terkena objekPajak:

  • Pelayanan yang memang disajikan dalam bisnis kuliner ,nilai penjualannya dibawah batas yang ditetapkan oleh Peraturan Daerah
  • Pelayanan Objek pajak tergantung Peraturan Daerah.

2. Subjek Pajak Bisnis Kuliner

Subjek Pajak bagi pengusaha bisnis kuliner, merupakan pajak personal, badan atau beberapa kerjasama, yang terkait pembelian makanan atau minuman. Maka tidak ada salahnya bila kita sebagai calon pengusaha bisnis kuliner mengetahui hal ini.

3. Wajib Pajak Pebisnis Kuliner

Dasar penetapan pajak kepada pihak pebisnis kuliner yaitu jumlah pembayaran yang harus di berikan kepada pemerintah, yang sudah ditetapkan oleh pemerintah daerah. Maka setiap beberapa pemerintah daerah akan berbeda pula jenis pajaknya. Disamping itu beberapa pajak akan sangat berbeda, tergantung tempat dan jenisnya.

Jumlah pembayarankuliner adalah:

  • Jumlah pembayaran bila terdapat potongan harga
  • Jumlah pembayaran dengan voucher atau makanan atau minuman

Jumlah beberapa pembayaran yang disetorkan terdapat dari harga jual pada makanan atau minuman. Dan bentuk pajak dapat berupa voucher dan bentuk lain dalam jenis penjualan.

Tarif pajak sebuah kuliner adalah berikut:

  • Tarif pajak untuk perkulineran paling besar adalah 10%(sepuluh persen);
  • Tarif pajak untuk pebisnis kuliner, memang sudah diatur oleh Peraturan Daerah.

4. Permasalahan Pajak Bisnis Kuliner

Dalam praktik pajak perkulineran yang berkembang di daerah, terdapat juga beberapa permasalahan dan problem salah satunya terkait persinggungan dengan tarif pajak pusat yang dikenal PPN. Dalam artian ada beberapa jenis bisnis kuliner yang tidak dikenai pajak, dan hal itu menjadi perdebatan

Bilia dilihat sesuai PMK No 18/PMK.010/2015dimana pembahasan tentang bisnis kuliner Jasa Boga dan Katering merupakan sebagai usaha yang tidak dijatuhi pajak PPN. Dan hal ini sering diperdebatkan oleh beberapa pengusaha bisnis. Kutipan dari kriteria kuliner yang bebas pajak dalam pasal tersebut, berbunyi:

Pasal 1

  • Jasa Boga dan Katering merupakan jenis jasa kuliner/ atau bisnis kuliner yang tidak terkena PPN atau Pajak Pertambahan Nilai.
  • Jasa Boga dan Katering seperti yang diterangkan pada ayat (1) adalah jasa penyediaan sebuah makanan dan juga minuman yang memang dilengkapi dengan beberapa peralatan dan juga perlengkapan dalam proses pembuatannya, baik itu penyimpanan, serta penyajian, yang difungsikan untuk lokasi yang diinginkan untuk pemesan.

Pasal 2

  • Jasa boga dan juga katering seperti dalam Pasal 1 ayat ( 2) boleh memiliki kios atau kedai.

Inti dari permasalahan tersebut, mengungkapkan bahwa ada beberapa jenis pajak yang dikenakan oleh pengusaha bisnis kuliner, dan juga terdapat beberapa jenis usaha kuliner yang bebas pajak PPN. Oleh karena itu sebagai pengusaha kuliner, wajib mengetahui beberapa jenis pajak yang harus dibayar. Bila anda memiliki saran mari diskusikan dikolom komentar.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Digital Marketing | Bisnis itu 'Efek', penyebabnya itu penggunanya sendiri..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.