Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Usaha Café Shop?

Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Usaha Café Shop?

Kebutuhan manusia terhadap makanan atau tempat makan semakin berkembang. Dahulu, manusia hanya mementingkan perut kenyang, atau cukup datang ke tempat makan untuk menyantap makanan lalu pulang. Namun, semakin lama, manusia membutuhkan aspek kenyamanan untuk menikmati hidangan dengan keluarga atau teman-teman, bersantai, atau nongkrong di tempat makan. Salah satu tempat makan yang mengusung tempat tersebut adalah café shop atau kafe.

Kafe umumnya dibangun dengan suasana yang nyaman dan dekorasi yang artistik. Selain itu, kafe umumnya dilengkapi dengan fasilitas wifi gratis, meja dan tempat duduk yang nyaman, bahkan hiburan band anak muda.

Oleh sebab itu, kafe menjadi pilihan kebanyakan anak muda untuk bercengkerama, menghabiskan waktu dengan teman-teman atau keluarga, mencari inspirasi, atau mengerjakan tugas. Hal tersebut menjadi ladang bisnis menarik yang dapat Anda lakukan.

Namun, tentu ada persiapan yang harus dilakukan sebelum memulai usaha kafe. Apa sajakah itu? Simak ulasan berikut!

Persiapan sebelum memulai usaha café shop

1. Rancanglah konsep kafe Anda

Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah konsep Anda. Anda perlu menentukan hal utama apa yang bisa menjadi daya tarik bagi pembeli, misalnya makanan dan minuman andalan, atau konsep nongkrong yang memikat banyak anak muda untuk singgah di kafe Anda.

Tentukan apakah kafe Anda bernuansa modern, vintage, atau bahkan tradisional. Konsep tersebut akan menjadi dasar yang menjiwai keseluruhan kafe Anda. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika Anda memikirkan masak-masak tentang hal tersebut.

2. Tentukan jenis makanan atau minuman yang Anda tawarkan

Tentukan jenis makanan dan minuman yang akan Anda tawarkan secara detail. Selain itu, tentukan teknik pembuatannya agar semakin jelas. Anda dapat menggunakan passion Anda untuk merancang hal tersebut. Selain itu, Anda perlu memadu-padankan dengan selera pasar.

Bila perlu, lakukan percobaan pembuatan makanan atau minuman tersebut. Sebaiknya, sajikanlah menu makanan dan minuman yang unik serta lain dari yang lain. Atau, tawarkanlah rasa yang berbeda atau sentuhan khas dalam makanan dan minuman Anda.

3. Supply atau pasokan bahan

Pasokan bahan menjadi hal yang sangat penting karena bahan tersebut merupakan asal muasal dari makanan minuman kafe Anda. Pastikan Anda memiliki pasokan bahan yang cukup agar kafe Anda tetap berkelanjutan. Anda dapat menggandeng vendor atau pengusaha dari pihak lain. pintar-pintarlah dalam mengambil pasokan bahan karena hal tersebut pun berpengaruh terhadap keuntungan usaha Anda.

4. Pekerja

Rencanakan berapa pekerja yang Anda kerjakan. Atau, persiapkan diri Anda jika Anda ingin bekerja sendiri atau hanya meminta bantuan saudara atau kerabat Anda. Sesuaikan jumlah pekerja dengan tugas-tugas yang harus dilakukan di kafe Anda. Selain itu, sesuaikan pula dengan luas dan peminat kafe Anda. Jika kewalahan dalam menghadapi pengunjung, Anda dapat menambah jumlah pekerja sesuai kebutuhan.

5. Lokasi kafe

Lokasi sangat penting untuk menarik perhatian pengunjung. Usahakan untuk memilih lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh anak muda. Anda dapat membangun kafe di dekat kampus, kosan mahasiswa, sekolah SMA, dan sebagainya. Umumnya, kafe lebih diminati oleh anak muda di kota, maka sesuaikan pula pembangunan kafe Anda dengan hal tersebut.

Untuk dapat menunjang bisnis kafe Anda, Anda memerlukan sistem kasir yang sirancang secara online sehingga Anda dapat mengecek kondisi kafe Anda di mana saja. Anda dapat menggunakan fitur BeePos karena fitur ini memiliki keunggulan dapat menganalisis bisnis Anda dengan angka, serta dapat digunakan secara cepat dan aman.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.