Bagaimana Caranya Meningkatkan Penjualan di Restoran Anda

Bagaimana Caranya Meningkatkan Penjualan di Restoran Anda

Meningkatan profit usaha bisnis yang dimiliki pastinya impian setiap pengusaha. Begitupula bagi Anda yang berkecimpung di dunia kuliner dan membuka sebuah usaha restoran. Sayangnya, dengan persaingan yang begitu ketat membangun sebuah restoran dengan profit menjanjikan memang bukan perkara mudah. Hal tersebut dapat terlihat dari semakin menjamurnya bisnis restoran di berbagai tempat.

Namun jangan langsung surut semangat dong, karena sebenarnya dengan persaingan yang ketat mestinya disikapi dengan mental yang kuat. Hal ini dilakukan untuk membuat Anda tetap melakukan berbagai inovasi. Lantas pertanyaannya adalah, bagaimana caranya meningkatkan penjualan di restoran Anda? Berikut ini akan dijelaskan tipsnya.

1. Bangun Citra Restoran yang Baik Terlebih Dulu

Banyak orang yang terlalu fokus pada faktor eksternal yang berhubungan dengan usaha bisnisnya. Padahal faktor internal juga tidak boleh dilupakan begitu saja. Khusus untuk bisnis restoran maka faktor internal yang mempengaruhi adalah citra restoran yang terbentuk. Citra restoran yang baik sangat penting agar bisa menarik pelanggan lebih banyak lagi. Kemudian pertanyaan berikutnya pasti adalah: sudahkah Anda membangun citra restoran yang baik? Jika belum, tenang saja tidak perlu terlalu risau, karena Anda bisa mulai membangunnya mulai dari sekarang.

Berikut ini ada beberapa hal yang mesti Anda miliki untuk bisa memiliki citra restoran yang baik di mata pelanggan:

  • Konsep Restoran

Pertama, milikilah sebuah konsep restoran yang unik dan juga melambangkan citra kuat dari bisnis Anda. Dengan begitu banyaknya restoran di luar sana tentunya dengan membedakan diri maka akan membuat pelanggan dapat mengenali restoran Anda dengan cepat.

  • Target Pengunjung

Kedua adalah memiliki target pengunjung yang jelas. Spesifiklah dalam menentukan pengunjung yang ingin Anda sasar untuk bisnis restoran. Dengan semakin spesifik maka akan membuat restoran yang dimiliki memiliki pelanggan yang setia.

  • Menu yang Disajikan Sesuai Konsep

Berikutnya adalah dengan memiliki menu yang sesuai dengan konsep. Apabila konsep adalah restoran khas anak muda maka pilihlah menu yang difavoritkan oleh banyak anak muda. Hal ini untuk membuat para pelanggan tidak merasa salah memilih tempat.

  • Branding Melalui Media Sosial

Di jaman yang sudah serba internet ini maka semestinya Anda manfaatkan untuk semakin memperbesar peluang bisnis Anda mencakup keuntungan. Salah satunya dengan memanfaatkan dengan media sosial untuk membangun branding untuk restoran Anda. Mulai dari memposting makanan, view hingga review positif dari para pelanggan yang sudah datang.

2. Siapkan Strategi Promosi yang Efektif

Banyak usaha restoran yang seperti berjalan di tempat disebabkan karena promosi yang tidak berjalan baik. Lantas bagaimana caranya meningkatkan penjualan di restoran Anda dengan memanfaatkan strategi promosi? Pertama, pastikan dulu strategi promosi yang Anda pilih termasuk strategi promosi yang efektif. Yakni tidak mengeluarkan terlalu banyak biaya tapi tetap tepat sasaran.

Mulai dari menggunakan program costumer loyalty yang membuat para pelanggan setia akan mendapatkan potongan harga maupun pelayanan khusus. Ataupun juga bisa menggunakan promosi member get member yang akhir-akhir ini mulai dilirik banyak tempat usaha.

3. Jaga Relasi Baik dengan Pelanggan

Mungkin poin yang terakhir ini terdengar klise tapi sayangnya masih banyak usaha restoran yang gagal melakukannya. Asal tahu saja, banyak restoran yang merugi karena relasi antara pelanggan dengan pihak manajemen restoran tidak berjalan baik. Biasanya diawali dengan pelanggan yang merasa tidak puas dengan pelayanan restoran dan melakukan komplain.

Banyak komplain mereka yang tidak ditanggapi dengan baik, hal inilah yang membuat pelanggan memutuskan untuk tidak datang lagi. Menjadi catatan saja, sebanyak 50% tamu memilih komplain dengan karyawan Anda yang ada di restoran dan hanya 1 hingga 2% saja yang melakukan komplain dengan pemiliknya langsung.

Semoga point-point yang sudah dijelaskan di atas tentang bagaimana caranya meningkatkan penjualan di restoran Anda bermanfaat untuk Anda dan usaha bisnis Anda Apabila Anda merasa artikel ini sangat bermanfaat dan ingin banyak orang lain untuk mengetahuinya, jangan ragu untuk men-sharenya ke teman-teman Anda. Karena berbagi ilmu itu tentu tidak bikin rugi. Salam Let’s #beefree

 

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *