Bagaimana Sistem Point of Sale Dapat Memotong Biaya Dalam Bisnis

Bagaimana Sistem Point of Sale Dapat Memotong Biaya Dalam Bisnis

Pergerakan teknologi yang cepat juga mesti diimbangi oleh setiap pelaku bisnis. Jangan sampai deh cuma jadi penonton dari roda teknologi yang bergerak dan pada akhirnya hanya mendapatkan imbas negatifnya. Padahal dengan kepekaan dan ide kreatif maka teknologi yang maju juga bisa memberikan dampak positif bagi setiap pelaku bisnis. Seperti penggunaan sistem point of sale yang akhir-akhir ini makin ramai digunakan oleh banyak tempat usaha.

Jangan bilang, kalau Anda belum tahu apa itu sistem point of sale? Tenang saja, sistem point of sale adalah sistem untuk melakukan transaksi penjualan retail yang dilakukan oleh seperangkat komputer dan mesin kasir. Meski sudah banyak yang mengetahui definisinya ternyata masih banyak juga pelaku bisnis yang ragu dalam menggunakannya.

Biasanya mereka dihantui dengan sebuah pertanyaan “Bagaimana sistem point of sale dapat memotong biaya dalam bisnis?” dan memberikan keuntungan? Berikut ini akan dijelaskan secara ringkas bagaimana caranya:

1. Mampu Menganalisis Data Penjualan Secara Terperinci

Salah satu hal yang menyebabkan kerugian pada bisnis apapun itu adalah data penjualan yang tidak dihitung secara terperinci. Hal ini akan membuat stok barang yang harus diproduksi maupun dipersiapkan tidak sesuai dengan kebutuhan. Biasanya hal ini berefek langsung dengan modal yang harus dikeluarkan lebih banyak dari yang seharusnya dikeluarkan.

Lain cerita kalau Anda menggunakan sistem point of sales sebagai andalan usaha bisnis Anda. Sebagai sistem yang digerakkan dengan mesin dan teknologi tentunya penghitungan yang dilakukan bisa lebih akurat dan jauh lebih terperinci. Dan stok pun akan terpotong secara otomatis mengingat sistem ini semuanya sudah otomatisasi.

2. Mampu Melakukan Promosi Secara Efisien

Promosi tentunya adalah hal penting untuk membuat usaha bisnis Anda terus menjaring pelanggan. Dengan sistem POS ini maka sistem promosi bisa dipantau hasilnya. Misalnya dengan cara sistem promosi membership, atau bisa juga happy hour, sistem point, Diskon dan promo-promo lainya.

Nah dengan sistem Point Of Sale itu promosi-promosi tersebut bisa Anda jalankan. Coba bayangkan jika Anda masih menggunakan pencatatan manual bagaimana Anda akan mencatat member-member maupun point-point nya. Ribet pastinya oleh karena POS ini menjadi solusi yang tepat untuk bisnis ritel Anda. 

Dengan sistem ini Anda pada akhirnya akan tahu bagaimana dampak dari sistem promosi yang Anda gunakan saat ini apakah memberikan dampak penjualan yang signifikan atau tidak. Dengan sistem membership pun akan mengurangi biaya promosi Anda seperti pembuatan brosur maupun pamflet-pamflet.

3. Menghindari Kecurangan Karyawan

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa banyak usaha bisnis yang merugi karena kecurangan yang dilakukan oknum karyawan. Lalu bagaimana sih cara untuk bisa mencegah hal ini? Penggunaan sistem point of sale bisa dijadikan salah satu solusinya. Karena setiap penghitungan penjualan, pengeluaran, diskon maupun yang lain akan dihitung dan dilacak dengan tepat.

Kondisi ini akan membuat oknum karyawan yang memiliki niat curang sangat mustahil untuk bisa memuluskan rencananya tersebut. Selain itu, efisiensi dan kinerja karyawan juga pastinya akan meningkat apabila Anda menggunakan sistem yang satu ini. Hingga pada akhirnya hal tersebut akan berdampak positif pada bisnis yang Anda miliki. Terutama dampak positif dalam masalah keuangan maupun penghasilan yang didapatkan.

Semoga point-point yang sudah dijelaskan di atas tentang Bagaimana sistem point of sale dapat memotong biaya dalam bisnis bermanfaat untuk Anda dan usaha bisnis Anda. Apabila Anda merasa artikel ini sangat bermanfaat dan ingin banyak orang lain untuk mengetahuinya, jangan ragu untuk men-sharenya ke teman-teman Anda. Karena berbagi ilmu itu tentu tidak bikin rugi. Salam Let’s #beefree

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *