Bayar Pajak Online E-Billing, Caranya Gimana?

Bayar Pajak Online E-Billing, Caranya Gimana?

Semakin hari, zaman semain canggih dimana yang awalnya semua serba manual kini sudah berganti ke yang serba elektronik. Salah satunya adalah sistem pembayaran pajak. Kini sudah ada metode pembayaran pajak secara online. Salah satunya adalah dengan menggunakan e-Billing. Pembayaran pajak dengan metode ini dilakukan dengan memakai kode Billing. Dan kini sudah mulai banyak kalangan masyarakat yang menggunakan cara ini untuk membayar pajak.

Langkah Pembayaran Pajak Menggunakan E-Billing

Sebelum mulai menggunakan metode pembayara pajak elektronik yang satu ini, pertama-tama Anda harus memahami bagaimana cara kerja dan langkah penggunaannya. Sebenarnya, caranya sangat sederhana. Akan tetapi, seringkali membuat orang yang belum pernah menggunakan metode ini merasa kebingungan. Oleh karena itu, berikut ini adalah langkah pembayaran pajak dengan metode e-Billing.

1. Membuat Akun Aplikasi Online Pajak

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membayar pajak dengan metode ini adalah dengan membuat akun aplikasi OnlinePajak. Caranya adalah dengan membuka halaman website OnlinePajak kemudian mengklik tombol “mulai sekarang”. Kemudian, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email beserta passwordnya. Terakhir, masuk ke menu daftar. Setelah itu, masuk ke menu e-Billing.

2. Buatlah ID Billing Anda

Setelah langkah pertama dilakukan dengan tepat, berikutnya adalah membuat ID Billing. Dalam hal ini, Anda harus mengklik bagian tombol “tambah”. Setelah itu, ada beberapa jenis pajak yang dapat dipilih sesuai dengan yang akan dibayarkan. Mulai dari PPN, PPh 21, PPh 23, hingga jenis PPh Final. Dan jika beberapa list pajak yang ada tetap tidak menampilkan pilihan Anda, maka cara berikutnya adalah mengklik pajak lainnya.

3. Masukkan Nominal Pajak dan Klik Tombol “Buat”

Setelah beberapa proses di atas berhasil dijalankan, berikutnya adalah proses di halaman pembayaran. Nantinya, ada beberapa pilihan metode pembayaran pajak, di antaranya adalah PajakPay dan metode lainnya. Jika Anda ingin memakai metode yang lain, maka ID Billing yang tadinya telah diproses otomatis diperlukan. Sehingga, usahakan membuat ID Billing yang tepat.

4. Centang Dengan Benar Pajak yang Ingin Dibayar

Hal penting yang harus diperhatikan saat membayar pajak secara online pada e-Billing adalah dengan mencentang jenis pajaknya dengan benar. Mengingat ada banyak jenis pajak yang dapat dipilih. Kesalahan dalam mencentang jenis pajak bisa merugikan Anda. Dan apabila sudah benar pilihan pajaknya, langsung klik ke menu “Lanjutkan Pembayaran”.

5. Tambahkan Kontak pada Menu Detail Pembayaran

Setelah itu, masuklah ke bagian menu Detail Pembayaran. Sesudah itu, tambahkan kontak Anda pribadi secara tepat. Tujuan dari memasukkan kontak di sini adalah agar bisa mengirimkan bukti pembayarannya. Caranya cukup dengan mengklik menu “Tambah Kontak” di bagian kolom “Pengaturan Kontak”. Di menu ini, Anda dapat mencantumkan nama, alamat email, nomor telepon atau kontak. Setelah itu, klik bagian “Tambahkan”.

6. Klik Bayar

Berikutnya, Anda ahrus mengklik bayar dengan syarat saldo PajakPaynya sudah mencukupi. Setelah itu, akan muncul pemberitahuan “Pembayaran Berhasil”. Langkah berikutnya adalah menekan tombol “OK”. Kemudian Anda harus masuk ke  halaman awal pada NTPN agar mendapatkan Bukti Penerimaan Negara. Bukti ini berbentuk PDF dan Anda hanya perlu mendownloadnya.

Ada banyak kemudahan yang akan didapatkan dengan menggunakan metode pembayaran pajak online e-Billing. Dimana, metode ini menjadikan semua transaksi pajak semakin praktis, aman dan mudah. Untuk masukan, pertanyaan dan statemen yang lain, silahkan tulis pada kolom komentar!

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.