Begini Cara Cepat Menghitung Laba Bersih Bisnis Anda

Begini Cara Cepat Menghitung Laba Bersih Bisnis Anda

Tujuan utama dari setiap bisnis yang dijalankan tentunya adalah mendapatkan laba yang menguntungkan. Untuk bisa mendapatkan hal tersebut maka setiap bisnis membutuhkan strategi dan visi bisnis yang tepat. Selain itu, seringkali banyak orang yang merasa kesulitan untuk bisa menghitung laba bersih bisnisnya secara cepat. Karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa untuk bisa menghitung labar bersih ini seringkali membutuhkan waktu yang sangat lama. Biasanya hal tersebut bisa terjadi karena kebanyakan orang yang masih menggunakan metode konvensional. Untuk itulah, begini cara cepat menghitung laba bersih bisnis Anda yang bisa dipraktikan.

1. Mencatat Seluruh Biaya Produksi
Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencatat seluruh biaya produksi dengan detail. Tentunya setiap bisnis apapun itu membutuhkan biaya produksi agar bisa berjalan. Biaya produksi ini biasanya mencakup bahan-bahan yang menjadi keberlangsungan utama dari bisnis tersebut. Laporan bersih bisnis Anda tidak akan valid apabila catatan biaya produksi juga tidak valid. Untuk biaya produksi sendiri biasanya terbagi menjadi dua tipe. Pertama adalah biaya tetap yang merupakan biaya yang sudah pasti tidak akan berubah setiap tahunnya. Sedangkan yang kedua adalah biaya variabel yang merupakan biaya tidak tetap atau biasanya tergantung jumlah produksi yang dilakukan.

2. Menyusun Laporan Laba Rugi
Berikutnya setelah mencatat seluruh biaya produksi, langkah selanjutnya yang mesti dilakukan adalah dengan menyusun laporan laba rugi. Laporan laba rugi ini merupakan akumulasi dari pendapatan yang dikurangi dengan biaya produksi, biaya operasional hingga biaya non operasional. Penting sekali untuk diingat bahwa pada tahapan ini Anda harus melakukannya secara detail dan juga rinci. Nah bagi Anda yang belum tahu, apa itu biaya operasional dan non operasional berikut akan dijelaskan secara ringkas. Biaya operasional sederhananya adalah biaya yang dibutuhkan untuk menunjang produksi sebut saja seperti air, listrik hingga gas. Sedangkan biaya non operasional misalnya adalah biaya penyusutan kendaraan hingga mesin produksi.

3. Menghitung Pendapatan Luar Usaha
Cara yang ketiga adalah dengan menghitung pendapatan luar usaha. Dimana yang dimaksud dengan pendapatan luar usaha adalah pendapatan yang didapatkan sebuah usaha atau bisnis di luar dari pendapatan utamanya. Biasanya pendapatan luar usaha ini biasanya didapatkan dari selisih kurs, hasil sewa, tabungan hingga pendapatan bunga bank. Meskipun bukan termasuk dari pendapatan utama namun Anda tetap harus menghitung pendapatan luar usaha. Supaya laporan laba bisnis Anda valid dan juga detail.

4. Menghitung Pengeluaran Luar Usaha
Cara terakhir agar Anda bisa mengetahui laba bersih bersih bisnis atau usaha Anda adalah dengan menghitung pengeluaran luar usaha. Bahkan bisa dibilang, pada tahap ini banyak sekali orang yang melewatkannya. Padahal tahap ini juga tidak kalah pentingnya. Dimana yang dimaksud dengan pengeluaran luar usaha adalah pengeluaran yang mesti dikeluarkan di luar dari inti usaha. Biasanya pengeluaran luar usaha ini berupaa biaya bunga bank hingga biaya jasa bank. Barulah setelah semua poin-poin di atas diketahui nominalnya, maka Anda baru bisa mengetahui laba bersih dari usaha bisnis yang dimiliki.

Semoga point-point yang sudah dijelaskan di atas tentang begini cara cepat menghitung laba bersih bisnis Anda bisa bermanfaat. Supaya Anda dan perusahaan lebih rinci dan cepat dalam menghitung laba bisnis Anda. Apabila Anda merasa artikel ini sangat bermanfaat dan ingin banyak orang lain untuk mengetahuinya, jangan ragu untuk men-sharenya ke teman-teman Anda. Karena berbagi ilmu itu tentu tidak bikin rugi. Salam Let’s #beefree

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *