Begini Seharusnya Mengelola Keuangan Bisnis Warung Kelontong

Begini Seharusnya Mengelola Keuangan Bisnis Warung Kelontong

Dewasa ini, warung  kelontong memang semakin banyak. Karena usaha ini memang cocok untuk kalangan ibu rumah tangga. Namun, seringkali yang menjadi permasalahan dalam menjalankan usaha warung kelontong yaitu uang kas yang sedikit karena barang yang tersedia masih menumpuk. Dengan hal yang seperti ini, tentunya keuangan warung tidak akan stabil. Sehingga, pendapatan waeung tersebut semakin berkurang, bahkan busa mendapatkan kerugian. Nah, bagi Anda baru saja membuka bisnis warung kelontong, harus menhetahui cara efektif mengelola keuangan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ulasannya.

Mengelola Keuangan Warung Kelontong? Berikut Cara Mudahnya!

Warung kelontong akan berjalan lancar jika Anda bisa mengelolanya secara benar. Yang menjadi permasalahan, bagaimana cara mengelola keuangan warung kelontong baik. Nah, berikut ini cara benar dan mudah mengelola keuangan warung kelontong.

  • Minimalkan stok barang yang tak laku

Stok barang yang ada di warung kelontong Anda, itu adalah bentuk lain dari uang atau modal Anda. Maka dari itu, jangan terlalu banyak menyetok barang yang tidak sesuai dengan permintaan pasar. Jika saja Anda menyetok barang yang tidak terlalu diminati, maka Anda tidak akan mendapatkan uang alias rugi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi, stok barang yang sejenis dalam jumlah sedikit. Yang terpenting stok barang yang Anda jual lengkap. Selain itu, Anda juga bisa menyetok saru jenis barang dalam jumlah yang banyak, jika barang tersebut banyak peminatnya.

  • Pisahkan uang pribadi dan uang warung

Ketika warung kelontong Anda sudah mendapatkan keuntungan, jangan sekali-kali mencampurnya dengan uang pribadi. Karena, jika keduanya di campur, maka Anda akan kesulitan mengetahui keuntungan dan kerugian yang terjadi. Jika kerugian mudah diketahui, maka Anda akan dengan mudah mencari solusi untuk mengatasinya.

  • Jangan terlalu sering menerima hutang

Uang modal Anda akan lebih mudah di putar, jika konsumen Anda membelinya secara tunai. Dengan kata lain, semakin cepat modal Anda berputar, maka Anda bisa lebih mudah mendapatkan keuntungan.

Berbeda jika Anda sering menerapkan sistem kredit, maka keuntungan cepat akan sulit di dapat. Karena, konsumen dengan sistem kredit belum pasti membayarnya tepat waktu.

  • Pastikan uang masuk lebih besar dari uang keluar

Menjalankan bisnis apapun, pastikan uang yang masuk lebih besar dibandingkan modal yang sudah dikelurkan. Jika yang terjadi kebalikannya, tentunya tidak baik untuk keberlangsungan bisnis tersebut. Nah, agar bisnis Anda tidak mengalami kerugian, setiap harinya catat pengeluaran dan pemasukan yang terjadi.

  • Alokasikan pendapatan secermat mungkin

Warung kelontong untuk setiap harinya pasti memiliki keuntungan. Nah, dari keuntungan tersebut, gunakan secara terperinci untuk tabungan, biaya operasional dan lain sebagainya. Alangkah lebih baik jika keuntungan yang Anda dapatkan itu digunakan untuk modal lagi. Agar warung kelontong bisa lebih banyak barang yang dijual. Dalam mengalokasikan pendapatan untuk modal, sebaiknya gunakan untuk membeli barang yang mudah laku dan paling banyak dibutuhkan di pasaran.

  • Gunakan Software Akuntansi

Untuk mempermudah pengelolaan keuangan warung kelontong yang Anda miliki, Anda bisa menggunakan software akutansi. Karena, softwer ini bisa membantu Anda mengetahui keakuratan data, baik itu pemasukan dan juga pengeluaran. Selain itu, keuntungan menggunakan aplikasi ini yaitu bisa menghindari kesalahan dalam laporan keuangan.

Demikian ulasan mengenai cara mengelola keuangan warung kelontong yang baik dan benar. Dengan menerapkan beberapa cara tersebut, bisnis Anda akan lebih mudah menghasilkan keuntungan. Jika saja Anda tidak menerapkan cara yang tepat, kemungkinan akan mengalami kerugian. Semoga bermanfaat.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.