Belum Punya NPWP? Hati-hati Resikonya Bagi Perusahaan

Belum Punya NPWP? Hati-hati Resikonya Bagi Perusahaan

Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP sangat tidak asing di telinga orang-orang yang sudah bekerja atau berpenghasilan. Fungsi utama dari kartu ini yaitu sebagai pengenal sekaligus sebagai identitas wajib pajak. Kartu ini digunakan oleh warga negaranya dalam melakukan pembayaran pajak untuk negara. Namun ada beberapa resiko mengenai NPWP, terutama bagi perusahaan.

Jika anda termasuk salah satu bagian atau pimpinan perusahaan dan bertanggungjawab dalam hal ini, pastikan bahwa segala sesuatu mengenai NPWP diselesaikan dengan baik. Hal ini dilakukan untuk menghindari berbagai masalah yang mungkin terjadi di kemudian hari yang bisa berdampak terhadap perusahaan anda. Simak beberapa resiko bagi perusahaan jika belum punya NPWP berikut ini.

Resiko Bagi Perusahaan yang Tidak Mempunyai NPWP Karyawan

1. Perjalan bisnis ke luar negeri menjadi lebih sulit

Salah satu kegunaan lain dari NPWP selain sebagai bukti resmi terdaftar wajib pajak yaitu digunakan pelengkap berbagai layanan administrasi. Apabila anda ingin melakukan perjalanan ke luar negeri, tentu saja membutuhkan passport atau visa. Jika anda termasuk karyawan kompeten yang diutus untuk melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri, maka NPWP harus dilampirkan dalam hal ini.

Jika belum memiliki NPWP, anda pasti akan kesulitan dalam membuat passport. Hal ini pun pasti merugikan perusahaan, sebab karyawan kompeten yang diutus tidak bisa berangkan dan rencananya tidak berjalan dengan baik. Tidak hanya itu, NPWP juga biasanya digunakan untuk pengajuan kredit ke bank.

2. Kredibilitas perusahaan menjadi dipertanyakan

Biasanya pembayaran pajak dilakukan oleh wajib pajak. Pihak wajib pajak pun harus melakukan perhitungan dan pelaporannya secara mandiri yang biasa disebut dengan metode self assesment. Sebab ada undang-undang yang mengaturnya. Perusahaan biasanya mewajibkan setiap karyawannya memiliki NPWP. Sebab ini merupakan salah satu indikator dari perusahaan yang berkompeten dan perusahaan yang menyejaterakan karyawan.

Namun jika perusahaan anda tidak melakukan hal ini, kredibilitas perusahaan bisa dipertanyakan. Sebab sudah ada peraturan yang mengatur kebijakan ini. Selain menjadi dipertayakan, akan ada banyak resiko atau kerugian lain yang bisa menimpa perusahaan.

Baca Juga: 5 Kunci Cara Mengatur Keuangan Bisnis Untuk Pemula

Ada baiknya jika perusahaan mulai sadar mengenai pentingnya kepemilikan NPWP para karyawannya. Perusahaan bahkan bisa melakukan perhitungan, penyetoran, serta pelaporan perpajakan secara online dengan memanfaatkan teknologi yang sudah ada. Mengingat kegiatan ini sangat penting dan membutuhkan kecermatan dan ketelitian. Dengan melakukannya secara online, perusahaan tidak perlu lagi untuk memastikan satu per satu dan dengan mendatangi kantor pajak untuk mengurus pajak karyawan maupun pajak perusahaan.

3. Resiko lainnya

Mengingat kepemilikan NPWP menjadi sesuatu hal yang wajib bagi karyawan dan perusahaan, maka tidak memiliki NPWP akan mengakibatkan kerugian kelak. Baik dari sisi keuangan ataupun dari sisi kejiwaan. Pasti ada rasa tidak tenang dari individu sebab kewajibannya tidak tertunaikan, padahal ini merupakan hal yang sangat disadari.

Resiko ini tidak hanya dirasakan oleh karyawan saja, namun juga berdampak pada perusahaan. Pihak perusahaan akan sangat dipertayakan jika ketahuan bahwa karyawannya tidak memiliki NPWP. Jika anda termasuk dalam pihak perusahaan, sebaiknya segera selesaikan hal ini. Baik dengan menggunakan self assesment seperti biasa, ataupun dengan bantuan pihak lain yang memudahkan anda.

Perlu dipastikan bahwa NPWP dimiliki oleh setiap karyawan di perusahaan anda. Penyelesaiannya pun tidak sulit sebenarnya. Hanya dibutuhkan sedikit effort saja. Apakah anda pernah mengalami kerugian sebab tidak memiliki NPWP? Berikan komentar anda di bawah ini agar tidak ada yang melakukan hal yang sama nantinya.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.