Berikut 5 Kesalahan Fatal yang Berakibat Usaha Ritel Anda Bangkrut

Berikut 5 Kesalahan Fatal yang Berakibat Usaha Ritel Anda Bangkrut

Menjalankan usaha ritel kelihatannya mudah, namun jangan terjebak! Anda bisa saja terlena dan mengalami kebangkrutan jika tidak waspada. Masih ditambah lagi dengan persaingan yang ketat. Pengelolaan jadi harus ekstra dan membutuhkan inovasi – inovasi yang bisa membedakan ritel Anda dengan yang lainnya. Jelas ini akan menjadi peluang bagi pelanggan untuk tidak memilih belanja di ritel Anda.

Selain itu, masih ada banyak lagi masalah dan hal – hal yang menjadi tantangan dalam pengelolaan usaha ritel Anda. Apa sajakah hal – hal yang perlu dihindari dalam menjalankan bisnis ritel supaya tidak mengalami gulung tikar? Anda bisa mempelajari sebab – sebab berikut ini supaya bisa menghindari dan mengantisipasinya mulai dari sekarang.

5 Kesalahan Fatal Penyebab Usaha Ritel Bangkrut

1. Tidak Mengenali Lingkungan dan Konsumen

Mendirikan sebuah ritel bukan hanya soal bisa mendirikan di lahan yang kosong dan memiliki potensi saja. Akan tetapi harus diperhatikan pula mengenai kondisi sekitar, apalagi masyarakatnya. Banyak sekali para pengusaha ritel yang tidak mau melakukan survey lebih lanjut mengenai produk – produk apa saja yang dibutuhkan oleh orang – orang yang ada di sekitar tokonya.

Tidak mengenali konsumen dan lingkungan sama saja dengan tidak akan terpenuhinya target pemasaran. Kebangkrutan jelas di depan mata. Coba lihat apa di sekitar Anda ada sekolah? Anda bisa menaikkan jumlah stok peralatan sekolah dan memberikan varian produk alat tulis yang lebih banyak. Jika berada di kawasan perumahan, sesuaikan kira – kira barang apa yang diminati ibu – ibu rumah tangga sekitar.

2. Tidak Cermat Memilih Pegawai

Kesalahan bisa terjadi karena Anda tidak cermat dalam memilih pegawai sejak awal. Beberapa orang akan tertarik merekrut orang yang terlihat pandai dan cerdas, padahal perilaku dan attitude merupakan landasan pertama dalam memilih seorang pegawai. Pilihlah pegawai yang rajin dan jujur. Jika rajin, maka ia akan selalu belajar terus menerus dan bekerja keras untuk berusaha mencapai target.

Kejujuran juga merupakan yang utama. Setiap hari pasti uang jutaan akan keluar masuk pada toko Anda, bayangkan jika pegawai Anda lihai untuk memanipulasi laporan dan sistem sehingga ia bisa saja melakukan pencurian. Selain itu, keramahan juga penting. Sekali saja penjaga ritel tidak ramah dan terlihat galak, maka pelanggan bisa enggan untuk datang kembali dan menyebarkan gossip pada orang lain.

3. Promosi Berlebihan

Niat hati ingin memikat pelanggan, namun malah pikiran negatif dari masyarakat sekitar yang diperoleh. Jika ingin memberikan promo maka berikan sewajarnya saja. Jangan dilakukan setiap hari. sebab orang akan berspekulasi jika barang atau produk yang Anda jual adalah stok sisa sehingga harga yang ditawarkan bisa murah setiap hari. Hanya karena anggapan sederhana itu, target penjualan bisa tak terpenuhi.

4. Tidak Kreatif

Kreatifitas Anda sebagai pemilik diuji dalam menjalankan bisnis ini, sebab jika cara penjualan begitu – begitu saja maka orang akan cepat berpindah pada toko lain. Kreatifitas disini contohnya, mengubah display produk setiap hari, mengubah tatanan toko di waktu – waktu tertentu, dan mendekorasi ritel saat hari – hari tertentu misalnya saat Natal.

5. Tidak Menyediakan Dana Darurat

Maraknya persaingan ritel, pada tahap awal pendirian tidak mungkin langsung toko akan ramai dan bisa mencapai target besar secara langsung. Sebaiknya untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan, sediakan dana darurat. Dana ini juga bisa dikeluarkan saat terjadi kecelakaan kerja, mengganti rugi pelanggan, dan lain – lain.

Lima hal tersebut wajib Anda perhatikan. Meski terlihat umum, tetapi jika diabaikan akan berakibat fatal. Jika Anda memiliki saran lain, silakan tinggalkan di kolom komentar.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.