Berikut Beberapa Jenis Bisnis Retail Berdasarkan Klasifikasinya

Berikut Beberapa Jenis Bisnis Retail Berdasarkan Klasifikasinya

Bisnis retail adalah bisnis yang umumnya langsung menjual barang-barang kebutuhan ke tangan konsumen akhir dengan cara eceran. Apabila ditelaah lebih jauh, bisnis retail memiliki berbagai jenis, yang diklasifikasikan berdasarkan skala usaha, tipe kepemilikan, jasa atau produk yang dijual, teknik pemasaran produk, bentuk hukum, dan ukuran outlet. Berikut penjelasannya untuk Anda.

4 Jenis Bisnis Retail Berdasarkan Klasifikasinya

1. Skala usaha

Berdasarkan skala usaha, bisnis retail terdapat dua jenis, yaitu retail besar dan retail kecil. Berikut penjelasannya,

a. Retail besar

Ritel besar adalah bisnis yang menyediakan barang-barang eceran dalam jumlah besar, misalnya supermarket, hypermarket, departemen store, dan sebagainya.

b. Retail kecil

Retail kecil adalah bisnis yang mengecerkn barang dalam jumlah kecil, umumnya masih bersifat tradisional. Retail ini terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu retail skala kecil tidak berpangkal yang menjajakan dagangannya secara berkeliling, misalnya pedagang kaki lima, dan retail skala kecil yang berpangkal.

Retail skala kecil yang berpangkal yaitu bisnis yang memiliki tempat yang tetap, misalnya kios, toko, dan sebagainya.

2. Tipe kepemilikan

a. Pengecer yang independen

Hal tersebut adalah pengecer yang dimiliki sendiri dan tidak terlibat kerja sama kepemilikan dengan perusahaan lain, misalnya toko, warung, kios di pasar, dan sebagainya.

b. Waralaba

Bisnis ini adalah bisnis yang dikerjakan oleh siapapun (retailer) secara sendiri, tetapi status kepemilikannya tetap atas nama perusahaan induk, atau peraturan-peraturannya mengikuti perusahaan induk, misalnya KFC, McDonald, dan Pizza Hut.

c. Corporate chain

Corporate chain adalah retail yang dimiliki oleh grup tertentu, yaitu terdiri atas dua bisnis atau lebih dan saling berhubungan, yang dimiliki oleh beberapa kelompok atau individu yang memengang saham. Contoh retail jenis ini adalah Ramayana Group dan Matahari Group.

3. Produk atau jasa yang dijual

Berdasarkan pembagian ini, maka bisnis dibagi menjadi dua, yaitu bisnis pengecer barang dan jasa. Bisnis retail barang adalah bisnis yang menjual kepada pembeli dalam bentuk barang yang dapat dilihat dan diraba, misalnya toko serba ada, minimarket, toko, warung, dan sebagainya.

Bisnis retail jasa adalah bisnis yang memberi layanan jasa kepada pelanggan. Bisnis ini dapat berupa penyewaan atau perbaikan barang, serta pelayanan liburan, dan sebagainya.

4. Teknik pemasaran produk

Berdasarkan pemasaran produk, maka bisnis retail dibagi menjadi bisnis dalam toko (memiliki tempat berjualan secara nyata) dan bisnis non-toko yang dilakukan dengan menjual barang atau jasa di selain toko. Bisnis retail di toko melakukan transaksi secara langsung antara penjual dan pembeli, misalnya kios, toko, warung, dan sebagainya.

Bisnis non-toko umumnya menawarkan produk mereka dengan internet, melakukan transaksi di dunia maya dengan chatting, SMS, telepon, atau email, membayar dengan sistem transfer atau sejenisnya, dan mendapatkan barang dengan cara pengiriman barang.

5. Bentuk hukum

Berdasarkan bentuk hukum, retail terbagi menjadi retail perorangan dan kemitraan.

6. Ukuran outlet
Ukuran outlet terbagi menjadi tiga, yaitu minimarket (400 meter persegi), supermarket (400-500 meter persegi), dan hypermarket (lebih dari 500 meter persegi).

Usaha retail tentu membutuhkan sistem kasir online yang mudah dan aman. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk mengelola bisnis Anda. BeePos membantu Anda untuk mewujudkannya. Selain itu, Anda dapat memantau omzet yang Anda dapatkan di mana pun karena sistem terdata secara online dan update secara berkala. BeePos pun dapat digunakan ketika internet dalam keadaan yang tidak stabil. Sangat menguntungkan, bukan?

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.