Berikut Rincian Modal Usaha Coffee Shop

Berikut Rincian Modal Usaha Coffee Shop

Dunia bisnis saat ini semakin digemari oleh sebagian besar orang. Ada banyak jenis bisnis yang mulai dijalankan. Salah satunya yakni bisnis kafe yang sedang berkembang. Konsep dari bisnis cafe atau yang biasa dikenal dengan coffee shop ini sangat bervariasi. Baik konsep yang sederhana, maupun modern. Coffee shop saat ini menjadi tempat tongkrong favorit, termasuk para kalangan muda.

Apabila anda mulai tertarik dengan bisnis ini, anda tentu saja bisa mencobanya. Manfaatkan setia peluang untuk meraih pundi-pundi rupiah. Apalagi jika anda memiliki minat lebih di dunia bisnis. berikut gambaran mengenai usaha coffee shop. Salah satu hal yang paling dikhawatirkan biasanya berupa modal usaha. Anda tidak perlu khawatir, berikut gambaran modal usaha coffee shop untuk anda.

Gambaran Modal Usaha Coffee Shop

1. Menyusun Konsep Coffee Shop

Hal pertama yang bisa anda tetapkan setelah memiliki niat dan tekad yang kuat untuk membangun bisnis coffee shop yakni menyusun konsepnya. Berbagai jenis variasi coffee shop yang sudah ada sebelumnya bisa menjadi inspirasi bisnis anda. Konsep ini akan menjadi brand tersendiri untuk usaha anda. Konsep yang unik tentu saja akan lebih menarik perhatian banyak orang. Anda bisa memilih konsep modern, vintage, simple atau tradisional, maupun konsep lainnya.

2. Menentukan lokasi bisnis atau tempat usaha

Lokasi bisnis menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Anda bisa menggunakan bagian kecil dari rumah anda jika tidak memiliki biaya lebih untuk menyewa tempat lain. Lokasi yang strategis biasanya akan lebih menguntungkan anda.

3. Menyiapkan Menu

Menu adalah hal utama bisnis anda. Jika coffee shop yang anda usung bisa menarik perhatian banyak orang, anda bahkan bisa memberikan kesan spesial kepada pengunjung dengan menyajikan menu spesial juga.

Pemilihan menu akan sangat berpengaruh terhadap minat konsumen. Sehingga, riset mengenai menu pun sebaiknya anda lakukan dengan baik. Anda bahkan bisa menyajikan menu yang pernah anda coba dan sukai sebelumnya, kemudian dimodifikasi dan disajikan sebagai menu pada coffee shop anda.

Tidak hanya itu, anda pun bisa menyuguhkan menu makanan lain. Misalnya pisang bakar, kentang goreng, roti bakar, serta aneka menu lainnya. Umumnya coffee shop bisa menjadi salah satu tempat favorit bagi sebagian besar orang untuk menghabiskan waktunya. Sebagai pemilik bisnis, akan sangat disayangkan apabila momen ini dilewatkan begitu saja. Sajikan berbagai jenis makanan dan minuman yang cocok untuk menemani pelanggan di coffee shop anda.

4. Mengurus Perizinan Usaha

Anda sebaiknya pun mengurus perizinan usaha. Hal ini dilakukan untuk menghindari berbagai kemungkinan masalah yang bisa terjadi di kemudian hari.

Menyiapkan Berbagai Jenis Peralatan dan Perlengkapan Pendukung

Selanjutnya anda bisa mulai menyiapkan berbagai peralatan atau perlengkapan pendukung bisnis anda. Bisa anda mulai dengan mencatat keperluan apa saja yang akan dibutuhkan. Ini akan membantu anda dalam menentukan anggaran yang akan dikeluarkan untuk memulai bisnis ini.

5. Investasi Peralatan maupun Perlengkapan Lainnya

Beberapa gambaran mengenai investasi peralatan maupun perlengkapan lainnya yang mungkin akan anda perlukan saat ingin memulai bisnis coffee shop yaitu :

  • Panci : Rp 250.000
  • Kompor Gas : Rp 500.000
  • Wajan : Rp 250.000
  • 20 set alat makan: Rp 1.000.000
  • Tabung Gas 3 kg: Rp 150.000
  • Blender : Rp 450.000
  • Kulkas 1 Pintu : Rp 1.500.000
  • 10 set meja kursi: Rp 5.000.000
  • Sewa tempat : Rp 15.000.000/tahun
  • Biaya listrik : Rp 150.000
  • Dekorasi ruangan: Rp 1.500.000
  • Biaya Izin Usaha: Rp 200.000
  • Gaji Pegawai : Rp 1.400.000/orang
  • Biaya bahan dasar untuk makanan (Mie instan, susu kaleng, telur, mentega, aneka frozen food cemilan, dsb : Rp 1.700.000
  • Biaya lain-lain : Rp 500.000

Berdasarkan rincian di atas, diperkirakan modal usaha untuk caffe shop adalah sekitar Rp 29.500.000. Perihal keperluan dari peralatan ataupun perlengkapan ini bisa berubah sesuai dengan situasi dan keinginan anda. Namun bisa dijadikan sebagai patokan dalam membantun bisnis coffee shop. Rincian harga di atas dapat berubah sesuai situasi dan kondisi lingkungan anda, namun dapat dijadikan patokan sebagai langkah awal anda untuk berbisnis kuliner.

Beberapa hal di atas sangat mungkin untuk direalisasikan. Selalu ada jalan untuk orang-orang yang berusaha. Jika anda tertarik, anda bisa memulainya. Ada banyak hal yang bisa anda dilakukan untuk meningkatkan usaha anda kelak. Bagi anda yang sudah memulai bisnis coffee shop sebelumnya, anda bisa memberikan tanggapan atau sharing mengenai tips, trik, ataupun yang lainnya di bawah ini.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.