Berikut Rincian Tugas Manager Operasional Restoran

Berikut Rincian Tugas Manager Operasional Restoran

Restoran yang sudah berkembang dan memiliki beberapa cabang usaha tentunya akan membutuhkan sebuah pengawasan atau kontrol lebih baik. Karena tanpa adanya pengawasan yang lebih ketat, maka supervisor yang bekerja di suatu cabang bisa saja melakukan tugas dengan tidak konsisten sehingga kinerjanya menurun. Yang mana apabila terjadi berkelanjutan dapat mempengaruhi stabilitas pekerjaan.

Itulah sebabnya mengapa kemudian ada posisi manager operasional di restoran besar, yang mana memiliki peranan sebagai pengawas terhadap kinerja supervisor di seluruh cabang dari restoran tersebut. Tapi bukan hanya itu, manajer operasional juga menghandle atau menangani tugas lain guna menjaga keberlangsungan bisnis tersebut.

Berikut di bawah ini adalah beberapa rincian tugas manager operasional restoran :

1. Memastikan Pelaksanaan Sebuah Program

Seorang manager operasional sangat dituntut memiliki kemampuan pengawasan, ketelitian, mempunyai sifat tegas yang baik. Salah satunya adalah memastikan bahwa program yang diberlakukan dari pusat terimplementasi dengan baik dan benar di semua cabang. Bukan hanya itu, manager juga memiliki tugas untuk melakukan kontrol guna mengetahui sejauh mana program telah terealisasi.

Apabila terjadi masalah atau timbul hambatan dalam proses pelaksanaan, maka manager operasional harus melaporkannya ke management pusat sehingga dapat dievaluasi. Di sisi lain, manager juga harus memberi dukungan kepada para supervisor untuk menghadapi kendala yang terjadi supaya tidak down.

2. Mengawasi Supervisor

Mengawasi kinerja supervisor merupakan tugas utama dari seorang manager operasional restoran. Hal ini supaya supervisor tetap konsisten dalam menjalankan tugas dan juga tanggung jawab tyang telah dibebankan oleh perusahaan. Dan manager memiliki tugas untuk melakukan pengawasan secara berkala.

3. Menyatukan Persepsi Supervisor Supaya Tetap Kompak

Manager operasional sangat dituntut memiliki skill komunikasi yang baik guna menyatukan cara pandang para supervisor-nya. Bukan rahasia umum lagi, bahwasanya supervisor di setiap cabang memiliki persepsi dan statement berbeda baik mengenai hal-hal teknis maupun non teknis. Dalam situasi ini, manager harus menengahi supaya tetap kompak dan tidak terjadi perpecahan dalam lingkungan restoran.

4. Pusat Koordinasi

Manager operasional berada di titik pusat koordinasi yang menghubungkan management pusat, supervisor, serta karyawan. Bukan hanya harus mengetahui segala hal yang terjadi di area lingkungan restoran, tapi juga informasi dari management yang kemudian akan diteruskan kepada surpervisor di seluruh cabang dan karyawan lainnya.

5. Memberikan Motivasi

Meskipun tidak diharuskan, tapi seorang manager operasional restoran yang baik memiliki kewajiban untuk bisa memberikan support dan motivasi kepada seluruh supervisor-nya supaya bisa meraih target yang telah ditetapkan. Disini, manager berperan sebagai seorang pendukung yang bisa merangkul para supervisor dari background dan personality berbeda.

Oleh karenanya, seorang manager sangat dituntut untuk memiliki jiwa leadership atau pemimpin sehingga dapat dijadikan teladan yang baik oleh para supervisor dan karyawan. Salah satu bentuk support yang bisa ditujukkan bisa dalam bentuk pujian ataupun reward ketika sebuah tujuan berhasil dicapai. Meskipun kedengaran sepele, tanpa disadari, hal ini dapat memicu semangat supervisor.

6.Bertanggung Jawab Pada Semua Aspek Customer Service

Manager operasional restoran memiliki tanggung jawab dalam seluruh aspek customer service. Terutama bagaimana staff di posisi tersebut menjalankan tugasnya dalam melayani para pelanggan, khususnya ketika menangani komplain yang diajukan. Manager harus memastikan bahwa customer service benar-benar dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Manager yang tidak bertanggungjawab, dikhawatirkan akan membawa suatu restoran diambang kehancuran sedikit demi sedikit.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

// //