Berikut Tantangan Bisnis Online yang Wajib Diwaspadai

Berikut Tantangan Bisnis Online yang Wajib Diwaspadai

Bisnis yang dijalankan kadang tidak semulus dengan apa yang dibayangkan. Seorang pembisnis hendaknya mengantisipasi apa saja kemungkinan terburuk yang bisa terjadi. Dengan begitu, mereka mempunyai cara tersendiri dalam menyelesaikan tantangan pada bisnis online yang dijalankan. Baik tantangan internal ataupun tantangan eksternal.

Macam-Macam Tantangan Bisnis Online yang Harus Diwaspadai

Seseorang yang memulai bisnis online dari nol akan lebih matang pengalamannya dari pada mereka yang langsung memulai dengan modal besar. Orang yang mulai dari awal akan paham beberapa tantangan yang harus dihadapi pada saat bisnis. Berbeda dengan orang yang cuma bermodal besar saja. Berikut tantangan dalam bisnis online yang wajib Anda ketahui.

1. Kompetitor

kompetitor bisnis online

Banyak sekali pesaing bisnis serupa dengan yang Anda jalankan. Oleh karena itu, tawarkan produk dengan cara sendiri. Dengan begitu, produk tersebut akan memiliki ciri khas yang tidak sama dengan brand kompetitor. Jangan sampai pada saat bisnis online Anda menjelek-jelekan kompetitor lain. Hal tersebut akan menjadi bumerang pada diri sendiri.

2. Ulah Konsumen

Banyak sekali konsumen nakal yang membeli produk. Misalnya saja pada saat barang dikirim, uang tidak dibayarkan. Jika terjadi hal tersebut, maka mintalah pembayaran di depan dahulu agar sama-sama percaya. Oleh karena itu, harus jeli dalam memilih konsumen agar tidak merugikan usaha bisnis tersebut. 

Baca Juga: Inilah Bisnis Kuliner Terlaris 2019 yang Wajib Anda Ketahui

3. Penipuan

Hati-hati dengan penipuan, baik penipuan langsung ataupun tidak langsung. Umumnya penipu tersebut merancang kata-kata menarik agar Anda tergiur. Misalnya saja menawarkan barang dengan harga di bawah standar, akan tetapi harus kirim sejumlah uang terlebih dahulu. Hal tersebut harus dihindari karena bisa merugikan.

4. Hacker

Jika Anda senang dengan bisnis online, maka rutinlah mengganti password minimal seminggu sekali. Catat paswort baru tersebut agar tidak lupa. Jika bisnis besar, tidak menutup kemungkinan akan banyak hacker yang mengincar akun tersebut. Semua hal bisa terjadi, maka waspadalah pada hal tersebut agar bisnis online Anda tetap aman.

5. Perkembangan Teknologi

Pada saat ini sudah banyak pembelian online dengan cara pengiriman langsung. Misalnya saja pada saat memesan makanan tidak perlu antre. Ikutilah perkembangan zaman dalam memasarkan produk yang dijalankan karena ini merupakan tantangan tersendiri agar orang semakin melek teknologi.

6. Musim

Tidak semua barang akan layak pakai selamanya. Penjual online harus mengikuti musim. Misalnya saja, dulu TV masih menggunakan tabung, akan tetapi sekarang sudah LED semua. Perubahan musim juga berlaku pada semua produk, baik pakaian, alat kerja ataupun jasa.

7. Pola Makan

Bisnis online mengharuskan seseorang terus menerus melihat ponsel ataupun laptop. Terkadang orang lupa belum makan. Dengan begitu maka akan menyebabkan tubuh mudah sakit. Oleh karena itu, pola makan harus dijaga walaupun pada saat bekerja sekalipun.

8. Gaya Hidup

Jika bisnis online orang tersebut laku dan mendapatkan banyak laba. Maka pola hidup mereka biasanya lebih boros. Membeli barang-barang mewah. Seharusnya dengan laba tersebut mereka bisa menabung dan menyisihkan untuk memperbesar bisnis mereka.

9. Ketidaksiapan

Anda harus siap apapun yang terjadi baik itu untung ataupun rugi. Kebanyakan orang tidak siap untuk rugi. Pada saat mengalami kerugian, bisa jadi orang tersebut akan stres berat dan mengakibatkan bisnisnya semakin berantakan.

Kesiapan untuk mengahadapi tantangan bisnis tergantung pada diri Anda. Beberapa orang mungkin tidak siap dengan tantangan tersebut, kebanyakan dari mereka takut gagal sebelum mencoba. Bagaimana dengan Anda? Yuk beri masukan dan komentar Anda di kolom bawah.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.