Berikut Tipe-Tipe Pelanggan Minimarket Anda

Berikut Tipe-Tipe Pelanggan Minimarket Anda

Memiliki usaha minimarket memang penuh dengan banyak hal yang mesti dipelajari dan juga diperhatikan. Namun satu hal yang mesti mendapatkan perhatian penuh tentunya adalah konsumen dari minimarket Anda. Dengan memberikan pelayanan terbaik maka tentunya akan membuat pelanggan merasa senang dan bisa kembali lagi berbelanja ke minimarket Anda. Namun untuk bisa membuat pelanggan menjadi puas memang bukan perkara yang mudah. Ada banyak sekali yang mesti diperhatikan tidak terkecuali adalah mengetahui tipe-tipe pelanggan minimarket Anda seperti berikut ini.

1. Pelanggan Reguler
Tipe pertama yang mesti Anda ketahui adalah pelanggan regular yang merupakan tipe pembelanja yang sudah sering datang ke minimarket Anda. Hal tersebut langsung dapat diketahui dengan gerak-geriknya ketika masuk ke dalam minimarket. Biasanya pelanggan regular akan langsung datang ke rak yang dituju dan tidak terlihat bingung. Hal tersebut bukannya tanpa alasan karena sudah sering datang ke minimarket Anda maka dia sudah mengetahui seluk beluk tempat tersebut. Tidak terkecuali dengan keberadaan dari rak tersebut dan tata letak barang yang diincar. Untuk menghadapi tipe pelanggan yang satu ini maka ada baiknya untuk menanyakan kabar mereka atau sedikit berbasa-basi lainnya. Hal tersebut dilakukan demi menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan yang sudah menjadi pelanggan tetap ini.

2. Pelanggan yang Bingung
Berikutnya adalah tipe pelanggan yang bingung atau biasa juga disebut dengan pelanggan pertama kali. Mereka adalah orang yang baru pertama kali datang ke minimarket Anda jadi wajar apabila mereka belum tahu detail dari tempat tersebut. Anda bisa langsung melihat dari gerak-gerik yang ditampilkan. Mulai dari terlihat bingung setelah masuk di minimarket, mencari rak barang yang diinginkan hingga terlihat menimbang barang yang ingin dibeli dalam waktu lama. Untuk pelanggan tipe yang satu ini maka Anda harus lebih aktif untuk bertanya. Mulai dari bertanya bantuan yang bisa diberikan hingga menjelaskan berbagai barang yang ditawarkan di minimarket Anda. Informasi tersebut pastinya akan membantu pelanggan menemukan apa yang mereka cari di minimarket tersebut.

3. Pelanggan Belanja Bulanan
Untuk tipe yang satu ini sangat terlihat dari jumlah barang belanjaan yang dibelinya. Biasanya jumlahnya banyak dan juga barang-barang tersebut berisi kebutuhan rumah tangga. Sebut saja mulai dari air minum, makanan, alat mandi hingga alat untuk mencuci. Tentu Anda mesti melakukan penanganan khusus untuk tipe pelanggan seperti yang satu ini. Paling utama adalah sabar dalam menghadapinya karena tentu tipe pelanggan ini membutuhkan waktu yang lebih lama di kasir untuk menyelesaikan barang belanjanya. Jadi Anda juga mesti memberikan perhatian lebih terhadap tipe pelanggan yang satu ini. Bahkan tidak ada salahnya untuk memberikan waktu khusus bagi mereka. Hal ini semata untuk membuat mereka merasa nyaman berbelanja di minimarket Anda. Dengan rasa nyaman tersebutlah, mereka tidak akan ragu untuk terus berbelanja di minimarket tersebut. Apalagi bisa dibilang, mereka yang berbelanja bulanan biasanya akan mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Jadi Anda tidak boleh memandangnya dengan sebelah mata.

Semoga point-point yang sudah dijelaskan di atas tentang tipe-tipe pelanggan minimarket Anda bisa bermanfaat untuk Anda. Supaya Anda yang memiliki minimarket dapat mengetahui cara melayani pelanggan minimarket dengan cara terbaik. Apabila Anda merasa artikel ini sangat bermanfaat dan ingin banyak orang lain untuk mengetahuinya, jangan ragu untuk men-sharenya ke teman-teman Anda. Karena berbagi ilmu itu tentu tidak bikin rugi. Salam Let’s #beefree

 

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *