Bikin Bangkrut! 5 Kebocoran Toko Ritel yang Perlu Anda Ketahui

Bikin Bangkrut! 5 Kebocoran Toko Ritel yang Perlu Anda Ketahui

Usaha ritel merupakan usaha yang bisa dibilang mudah untuk dijalankan karena modalnya tidak terlalu banyak. Kebanyakan mereka yang membuka usaha ritel merupakan usaha rintisan sebelum menuju ke usaha yang lebih besar.

Seperti yang diketahui bahwa sudah banyak sekali toko-toko ritel di pinggir jalan yang bisa kita lihat. Yang paling sering dijumpai adalah minimarket. Mereka lebih memilih membuka minimarket dibanding dengan toko biasa. Namun perbedaannya ada pada sistem yang mereka jalankan. Biasanya minimarket menggunakan aplikasi untuk meningkatkan penjualan mereka. Apabila berbicara mengenai peluang, minimarket memang lebih besar kemungkinan untuk memperoleh omset paling banyak daripada toko biasa.

Membahas mengenai omset, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencapai omset tinggi. Bisa dengan cara menyusun rencana dan strategi selama periode tertentu supaya bisa menghasilkan lebih banyak pendapatan. Namun disaat menjalankan rencana tersebut, perlu juga memperhatikan beberapa hal yang dapat menggagalkan rencana tersebut.

Bila Anda juga pengusaha ritel, ada berbagai faktor yang bisa menggagalkan usaha ritel Anda. Hal ini akan membuat usaha Anda mati secara perlahan. Yang perlu dilakukan adalah melakukan tindakan agar hal ini tidak terjadi di bisnis Anda. Untuk itu, berikut ini akan dibahas 5 Kebocoran Toko Ritel yang Perlu Anda Ketahui.

1. Ditipu Supplier

Gambar 1. Ilustrasi Ditipu Supplier

Faktor ini mungkin tidak pernah diperhatikan oleh beberapa pengusaha. Mungkin karena owner tersebut jarang untuk berkunjung ke toko atau beberapa karyawan yang tidak memperhatikan hal ini. Kasusnya, pihak toko memesan sejumlah barang, namun barang yang datang jumlahnya tidak sesuai dengan yang dipesan. Tapi karyawan toko tersebut tidak teliti atau asal terima saja. Karena anggapannya dia, cukup cek di surat jalan. Apakah sudah sesuai dengan PO barang yang diminta.

Ini akan sering terjadi karena pihak toko tidak memiliki sistem pencatatan yang benar. Sehingga sering terjadi kesalahan tak terduga seperti ini. Sebaiknya bila melakukan pembelian ke pihak customer harus dilakukan pencatatan yang baik dan benar.

2. Barang Hilang Dicuri Pelanggan

Bikin Bangkrut! 5 Kebocoran Toko Ritel yang Perlu Anda Ketahui

Gambar 2. Ilustrasi Barang Dicuri Pelanggan

Oke yang ini mungkin bisa dibilang agak serem. Beberapa barang yang dimiliki di toko tiba-tiba berkurang. Ternyata barang di toko tersebut sering dicuri oleh pelanggan, tanpa ada yang mengetahui satu orang pun. Dan anehnya lolos dari CCTV. Dampaknya akan terjadi pada pendapatan Anda yang secara mendadak menurun sangat drastis.

Tindakan terbaik yang harus dilakukan adalah dengan membangun sistem keamanan terbaik di toko Anda. Bisa dilakukan dengan memberi tugas tambahan kepada setiap karyawan agar mereka selalu mengawasi setiap pelanggan yang kelihatannya mencurigakan. Atau selalu melakukan stok opname 1-2 hari sekali. Agar tahu kapan barang tersebut hilang dan Anda bisa melakukan tindakan saat itu juga.

3. Stok Sering Rusak dan Kadaluarsa

Bikin Bangkrut! 5 Kebocoran Toko Ritel yang Perlu Anda Ketahui

Gambar 3. Ilustrasi Produk Kadaluarsa

Stok merupakan salah satu faktor penting yang harus selalu diperhatikan agar tidak membuat bisnis Anda bangkrut. Karena stok ibaratnya seperti ‘mesin cetak uang’ yang kita miliki. Kasus ini sering banget terjadi di Toko Ritel.

Ada beberapa Toko Ritel yang mengeluh tentang stok mereka yang sering tiba-tiba rusak. Biasanya karena tempat penyimpanan yang kurang tepat dan jarang dirawat. Dan satu lagi stok sering kadaluarsa, karena pegawai Anda malas untuk melakukan prinsip FIFO (First In First Out). Untuk itu berikan toleransi yang lebih baik lagi terhadapa stok Anda, agar kasus seperti ini tidak terjadi lagi.

4. Kesalahan Kasir yang tidak Disengaja

Kasir juga merupakan aspek penting yang ada pada toko ritel manapun. Yang perlu dilakukan adalah memanajemen karyawan kasir dengan baik dan benar. Tujuannya agar kasir tidak merugikan usaha Anda. Ada penyebab usaha ritel tidak sesuai harapan karena adanya sebuah kesalahan yang tidak disengaja oleh kasir.

Contohnya seperti kasir yang kelelahan karena menghadapi banyak pelanggan yang mengantri karena event ramadhan atau hari raya, sehingga ada beberapa penjualan yang tidak tercatat. Semisal pelanggan beli 5pcs mie goreng, tapi karyawan anda hanya scan 1x (red: catat 1pcs).

Gambar 4. Ilustrasi Kebobolan Kasir yang Disengaja

5. Kebobolan Kasir yang Disengaja

Ini yang bisa dibilang sebagai peran utama penyebab gagalnya usaha ritel. Sudah banyak beredar di media bila karyawan kasir melakukan kecurangan. Akan sangat merugikan perusahaan bila tidak segera ditangani.

Saran kami adalah lakukan training terbaik untuk karyawan kasir Anda agar tidak melakukan kecurangan. Pahami juga kecurangan apa saja yang biasanya kasir lakukan untuk keuntungan pribadi mereka.

[EBOOK] 5 Modus Pembobolan Yang Terjadi di Kasir

Yang sering tidak disadari oleh bisnis Owner sehingga merugikan Toko Ritelnya.
 
Dapatkan Ebooknya, cukup dengan isi Nama dan Email pada form di bawah ini.

privacy Tenang, Data Anda Aman! Dan tidak kami sebarluaskan

Itulah dia yang bisa Saya bagikan. Harapannya setelah tahu permasalahan ini Anda jadi sadar dan bisa segera mengambil tindakan agar kebocoran ini tidak terjadi lagi di usaha Anda. Menurut Anda, apalagi kebocoran usaha ritel selain yang Saya bagikan ini? Coba tulis di kolom komentar di bawah ya.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Digital Marketing Beepos - Surabaya | Rumus sukses dalam bisnis adalah 1% teori dan 99% action

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

// //