Cara Cerdas Memilih Koki untuk Restoran Anda

Cara Cerdas Memilih Koki untuk Restoran Anda

Ada banyak sekali faktor yang menentukan kesuksesan sebuah bisnis. Mulai dari faktor modal, faktor promosi hingga banyak faktor lainnya. Hal yang tidak jauh berbeda juga terjadi dengan bisnis restoran tau bisnis kuliner. Khusus untuk bisnis kuliner atau restoran maka ada satu faktor yang bisa dibilang paling vital dan tidak boleh terlewatkan. Faktor tersebut adalah dengan memiliki Koki yang handal pada restoran Anda. Soalnya bisa dibilang, koki inilah yang nantinya menentukan kualitas masakan dari restoran Anda. Dengan memiliki kualitas makanan yang baik dan terjaga maka bisa membuat restoran Anda dipenuhi pengunjung. Namun untuk bisa memiliki Koki yang berkualitas memang bukan perkara mudah. Tenang saja, berikut ini ada cara cerdas memilih koki untuk restoran Anda.

1. Memiliki Kemampuan Memasak yang Mumpuni
Hal pertama sekaligus hal yang paling terpenting untuk dimiliki oleh setiap Koki tentunya adalah kemampuan memasak yang mumpuni. Kemampuan memasak ini bukan hanya menciptakan makanan yang lezat tapi juga bagaimana dia menghidangkan makanan tersebut. Lebih lanjut lagi, Koki juga harus selalu kreatif dan juga memiliki inovasi dalam menciptakan berbagai masakan. Hal ini tentunya dilakukan demi kepentingan restoran agar selalu menarik di mata pelanggan dan tidak membosankan.

2. Tidak Memiliki Sifat Temperamental
Attitude atau kepribadian dari seorang koki juga tidak boleh dilewatkan untuk ikut dipertimbangkan. Salah satu yang paling utama adalah kepala dingin yang dimiliki oleh koki tersebut. Terutama kepala dingin sehingga tidak memiliki sifat temperamental dalam pekerjaan. Soalnya situasi di restoran seringkali tidak terduga dan juga tidak tertebak. Bahkan seringkali terjadi kekacuan di dalam dapur restoran. Apabila koki yang Anda miliki tidak memiliki sifat kepala dingin maka pastinya kondisi di restoran akan semakin kacau balau. Dengan memiliki koki yang kepala dingin maka akan membuat karyawan lainnya lebih tenang menghadapi masalah, tidak panik dan juga menghadapai tekanan dalam bekerja.

3. Perhatian Terhadap Detail
Hal berikutnya yang tidak boleh dilewatkan untuk dimiliki oleh setiap koki adalah memiliki perhatian terhadap detail. Anda jangan sampai salah sangka dan menganggap bahwa koki hanya bertugas untuk menyiapkan masakan semata. Koki yang baik dan berkualitas akan selalu memperhatikan detail yang berhubungan dengan pekerjaannya. Mulai dari merancang susunan menu, memperhatikan detail tempatnya bekerja, menyiapkan kebutuhan untuk memasak hingga tidak terkecuali memprediksi kebutuhan pelanggan untuk ke depannya. Dengan memiliki berbagai hal ini maka bisa dibilang, Anda sudah memilih koki yang tepat.

4. Paham dengan Teknologi
Dengan perkembangan zaman maka penggunaan teknologi juga sudah tidak bisa dipungkiri lagi akan berbagai kemudahan yang ditawarkan. Hal tersebutlah yang semestinya dikuasi juga oleh setiap koki untuk kepentingan dari restoran Anda. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi untuk bisa menghitung biaya resep hingga memeriksa keuntungan menu. Meskipun terdengar sederhana tapi hal ini penting untuk masuk pertimbangan dalam memilih koki.

5. Memiliki Visi yang Sama

Terakhir adalah pastikan bahwa koki yang Anda pilih memiliki visi yang sama dengan Anda. Soalnya kemampuan tinggi akan menjadi percuma apabila si koki tersebut tidak memiliki visi yang sama. Hal tersebut hanya akan membuat restoran atau usaha kuliner yang sedang Anda bangun menjadi timpang dan tidak menutup kemungkinan terjadinya konflik dari dalam.

Nah, hal di atas bisa dijadikan pedoman cara cerdas memilih koki untuk restoran Anda. Apabila Anda merasa artikel ini sangat bermanfaat dan ingin banyak orang lain untuk mengetahuinya, jangan ragu untuk men-sharenya ke teman-teman Anda. Karena berbagi ilmu itu tentu tidak bikin rugi. Salam Let’s #beefree.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *