Cara Lengkap Pembukuan Pajak untuk UKM

Cara Lengkap Pembukuan Pajak untuk UKM

Setiap UKM yang sudah memenuhi syarat Wajib Pajak diwajibkan untuk membayar pajak. Dalam hal ini, pemerintah memberikan instruksi kepada setiap UKM untuk melakukan pembukuan pajak. Bagi semua UKM, pembukuan sangatlah penting karena berbagai faktor. Anda pun tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk proses pembukuan pajak UKM tersebut.

Di antara alasan pentingnya melakukan pembukuan adalah untuk menghindari kesalahan dalam pembayaran pajak. Di samping itu, juga untuk acuan utama dalam pengambilan keputusan bagi sebuah bisnis. Alasan lainnya yang tidak kalah penting adalah agar memudahkan UKM untuk memperoleh pendanaan serta mempermudah para pelaku usaha di dalam meningkatkan kesuksesan sebuah usaha.

Cara Pembukuan Keuangan Pajak UKM dengan Menggunakan Jurnal

Salah satu cara pembukuan pajak untuk UKM yang dapat dilakukan adalah menggunakan aplikasi Jurnal. Ini merupakan aplikasi pembukuan yang terkenal sangat mudah dan praktis. Ada beragam keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi ini, salah satunya adalah fiturnya yang lengkap. Berikut ini adalah cara pembukuan keuangan pajak untuk UKM dengan menggunakan aplikasi Jurnal sebagai rujukan Anda.

1. Daftarkan Data Diri Anda

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk pembukuan pajak adalah dengan mendaftarkan diri. Proses pendaftaran tersebut dilakukan di my.jurnal.id/users/signup. Dalam langkah ini, identitas diri Anda sangatlah penting. Sehingga, pastikan memasukkan data-data yang dibutuhkan dengan tepat. Di antara identitas yang harus diisi adalah nama lengkap, nomor telepon dan email.

Setelah itu, Anda harus memasukkan password yang dikehendaki. Pastikan passwordnya mudah diingat sehingga Anda tidak kesulitan saat lupa. Jika semua proses pengisian data diri sudah tepat, berikutnya klik menu “daftarkan akun baru”.

2. Masukkan Informasi Perusahaan

Setelah proses pendaftaran diri berhasil dilakukan dengan baik, berikutnya Anda perlu memasukkan informasi atau identitas perusahaan. Informasi perusahaan ini juga sangat penting sebagai pengenal dari nama usaha atau bisnis yang tengah Anda jalankan. Di antara data yang harus dilengkapi adalah nama perusahaan, paket trial dan juga industri. Kemudian, Anda akan diminta untuk memilih bahasa.

Sesudah itu, masukkan kode promo yang bersangkutan dan kemudian klik bagian “buat perusahaan”. Setelah langkah ini berhasil, maka pembukuan sudah bisa mulai dilakukan.

3. Masukkan Invoice

Mulailah dengan mencoba membuat cacatan mengenai penjualan bisnis Anda. Pastikan memberikan cacatan secara tepat. Setelah itu, lakukan juga pembuatan setup awal. Di antaranya adalah dengan menyesuaikan antara kas dan juga rekening. Bagi Anda yang masih golongan pemula, lakukan langkah pertama ini dengan hati-hati agar semua prosesnya menjadi semakin lancar dan tepat.

Tidak kalah penting untuk dimasukkan adalah daftar piutang dan juga hutang usaha. Karena ini juga sangat penting untuk melihat berapa nominal pendapatan UKM Anda yang bersih.

4. Masukkan Daftar Aset

Selain beberapa cara di atas, pembukuan pajak untuk UKM juga harus dilengkapi dengan memasukkan daftar aset. Di antara daftar aset yang perlu dicantumkan adalah aset berupa barang-barang kepemilikan resmi. Selain itu, barang yang sifatnya sewa juga harus dicantumkan. Tidak lupa untuk memasukkan berbagai perlengkapan yang lain, khususnya yang berkaitan dengan aset bernilai.

Dari beberapa proses pembukuan UKM yang ada tersebut, maka jumlah pajak yang harus dibayarkan tidak akan terjadi kesalahan. Hal ini juga akan memudahkan pemerintah untuk proses penghitungan. Bagi Anda yang tertarik untuk mengulas topik dalam artikel ini lebih lanjut, silahkan tuliskan masukan dan pertanyaan Anda di kolom komentar.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.