Cara Membuat Laporan Keuangan Laba Rugi Sederhana

Cara Membuat Laporan Keuangan Laba Rugi Sederhana

Pembuatan laporan keuangan terkadang menjadi sesuatu yang diabaikan oleh para pebisnis pemula. Sebenarnya laporan keuangan ini sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha yang mereka jalankan. Biasanya mereka akan lebih fokus terhadap produk dan strategi pemasaran yang mereka jalankan tanpa memperhatikan arus keluar masuknya uang.

Tujuan utama sebuah usaha memanglah untuk mencari keuntungan. Dengan fokus pada produk dan strategi pemasaran, maka tidak menutup kemungkinan mereka akan mendapatkan pendapatan yang lumayan besar. Omset yang besar tanpa adanya laporan keuangan tentu tidak akan jelas berapa laba dan rugi yang didapatkan. Untuk itu, laporan keuangan memang sangat diperlukan dalam melakukan sebuah usaha.

Mengapa Kita Harus Membuat Laporan Keuangan?

Semakin berkembangnya suatu usaha tentu semakin besar pula omset yang kita dapatkan. Namun dengan omset yang besar belum tentu perusahaan mempunyai dana cash yang besar pula, mungkin bisa jadi tidak ada margin karena perusahaan terlalu banyak memberi piutang. Hal ini dapat diketahui dengan pasti jika kita membuat laporan keuangan.

Pengelolaan keuangan yang baik tentu akan dapat meningkatkan profit perusahaan secara maksimal. Dengan laporan keuangan laba rugi perusahaan dapat diketahui secara akurat sehingga hal tersebut akan memudahkan Anda dalam mengambil sebuah keputusan yang berhubungan dengan keuangan perusahaan. Tanpa pengelolaan keuangan yang baik, perusahaan dapat mengalami kegagalan dalam usahanya. 

Baca Juga: Begini Seharusnya Mengelola Keuangan Bisnis Warung Kelontong

Cara Membuat Laporan Keuangan Laba Rugi Sederhana

1. Buat Buku Catatan Pemasukan

Dalam buku catatan pemasukan kas ini Anda dapat mencatat seluruh transaksi yang berhubungan dengan penerimaan perusahaan. Misalnya jumlah transaksi penjualan barang yang diperoleh perusahaan dalam sehari. Melalui buku kas pemasukan ini, total penjualan dan keuntungan perusahaan per harinya dapat diketahui dengan pasti.

2. Buat Buku Catatan Pengeluaran

Selain mencatat jumlah pemasukan, Anda juga harus mencatat jumlah pengeluaran yang dilakukan perusahaan per harinya. Buatlah buku yang berbeda dan terpisah untuk membedakan keduanya. Pengeluaran yang biasanya dilakukan perusahaan antara lain: pengeluaran gaji karyawan, pembelian bahan baku, berbagai jenis pengeluaran lainnya.

Pada awal membuka suatu usaha, pencatatan pengeluaran juga diperlukan guna mengetahui berapa modal yang kita keluarkan untuk membuka suatu usaha. Dengan begitu, kita akan dapat mengetahui apakah modal yang kita keluarkan sebelumnya telah kembali atau belum.

3. Buat Buku Kas Utama

Buku kas utama merupakan buku yang berfungsi untuk menggabungkan antara transaksi penerimaan dan pengeluaran. Melalui buku kas utama, akan terlihat dengan jelas berapa besarnya keuntungan yang kita peroleh atau bahkan kerugian yang harus kita tanggung dari usaha kita. Anda juga dapat menentukan besarnya anggaran untuk keluar masuknya uang melalui buku kas utama.

Perkiraan arus kas juga sangat penting untuk membuat perencanaan ataupun untuk melakukan strategi pemasaran.

4. Buku Stok Barang

Selain mencatat keuangan perusahaan, jumlah barang yang dimiliki oleh perusahaan juga penting untuk dicatat. Dengan pencatatan jumlah stok barang, akan mempermudah kita dalam melakukan pemesanan barang selanjutnya. Sehingga kita tidak akan kekurangan barang atau bahkan tidak terjadi penumpukan barang di gudang.

5. Buku Laba Rugi

Untuk membuat laporan keuangan sederhana, buku terakhir yang diperlukan adalah buku laporan laba rugi perusahaan. Buku ini memuat unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan yang dicatat secara rinci pada periode tertentu. Dengan melakukan pencatatan laba rugi, maka kita akan mengetahui perusahaan sedang dalam kondisi untung atau rugi.

Itulah beberapa cara membuat laporan keuangan laba rugi sederhana. Semoga bermanfaat.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.