Cara Membuat Pembukuan Bisnis Fashion Sederhana

Cara Membuat Pembukuan Bisnis Fashion Sederhana

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer yang harus terpenuhi. Fashion yang satu ini sering berganti-ganti mengikuti trendnya. Hal inilah yang membuat bisnis fashion tidak pernah sepi peminat dan cukup menjanjikan. Apalagi saat tertentu seperti idul fitri, biasanya bisnis fashion mengalami suatu peningkatan yang pesat. Pada saat menjalankan bisnis fashion, Anda harus bisa menyusun pembukuan dengan baik. Mengapa pembukuan bisnis fashion diperlukan? Berikut akan dijelaskan terkait hal tersebut beserta cara membuat pembukuan bisnis fashion dengan mudah.

Pentingnya Pembukuan Bisnis Fashion

Pada saat menjalankan bisnis fashion Anda memang harus mengetahui trend yang ada. Namun, selain itu Anda juga harus memperhatikan terkait pembukuan keuangan bisnisnya. Pembukuan yang disusun dalam bisnis fashion mempunyai peranan yang penting di dalam proses perputaran roda bisnis.

Pembukuan yang kurang baik akan membuat bisnis fashion bisa mengalami kegagalan. Hal seperti ini bisa saja terjadi karena kurangnya pengelolaan terhadap keuangan serta adanya masalah inventori. Lakukan pembukuan dengan baik supaya bisnis yang Anda jalankan tetap bisa berkembang.

Cara Membuat Pembukuan Bisnis Fashion dengan Mudah

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat pembukuan bisnis fashion dengan mudah, kini Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara membuat pembukuan bisnis fashion sederhana yang bisa Anda lakukan dengan mudah, diantaranya yaitu:

  • Buku Pemesanan

Buku pemesanan merupakan jenis buku yang memiliki fungsi untuk mencatat seluruh pesanan yang masuk beserta besaran jumlahnya. Setiap pesanan yang sudah masuk juga bisa diberikan detail keterangan apakah sudah lunas ataukah belum. Buatlah kolom-kolom untuk mengisikan data penting supaya memudahkan dalam melaksanakan rekap bulanan.

Isinya bisa berupa no, nama dari pelanggan, no order, tanggal serta jumlah order, tanggal pembayaran, besar nominal yang akan dibayarkan serta resi dari pengiriman tersebut. Pada setiap bulannya, jumlah seluruh pemesanan tersebut direkap untuk mengetahui besar omset yang diperoleh. 

Baca Juga: 5 Cara Megelola Keuangan Bisnis Toko Bangunan

  • Buku Pengeluaran

Seluruh pengeluaran yang terjadi selama waktu sebulan bisa Anda catat di buku pengeluaran. Misalnya seperti pembelian barang, gaji karyawan, listrik serta kebutuhan penting lainnya. Sebaiknya buatkan kolom-kolom untuk mempermudah dalam melakukan rekap bulanan. Isilah dari kolom tersebut dengan data penting seperti no, nama serta jumlah transaksi, tanggal dilakukannya transaksi, keterangan penting lainnya serta jumlah.

  • Buku Stok

Seluruh stok barang nantinya akan dicatat pada buku stok. Stok yang dimaksud yaitu mulai dari jumlah stok tersisa, jumlah dari bahan baku yang tersedia maupun catatan penting lainnya yang dianggap perlu. Jika ternyata jumlah yang terdapat di buku stok tidak sama dengan faktanya, maka Anda bisa melakukan pengecekan untuk memastikan apakah terdapat kesalahan dalam proses pencatatan ataukah terjadi barang hilang.

Cara Penghitungan Laba

Anda bisa melaksanakan penghitungan laba yang bisa Anda peroleh pada kurun waktu 1 bulan dari hasil rekapan ketiga jenis buku tersebut. Rumus keuntungan adalah total pemasukan dikurangi dengan total pengeluaran. Hasil dari keuntungan yang diperoleh bisa dipakai untuk mengembangkan bisnis fashion.

Jika bisnis yang Anda jalankan mengalami peningkatan, maka tentunya akan ada banyak sekali transaksi pada buku bisnis Anda yang keluar dan masuk. Pastikan jangan sampai bisnis Anda mengalami kerugian. Jika mengalami kerugian, maka Anda harus mencari cara untuk membuat kerugian tersebut bisa diatasi.

Demikianlah penjelasan mengenai pentingnya pembukuan bisnis fashion, cara membuat pembukuan bisnis fashion dengan mudah serta cara penghitungan laba. Jadi, pastikan Anda memahami hal tersebut pada saat akan atau sedang menjalankan bisnis fashion.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.