Cara Memilih Mesin Kasir Dengan Aplikasi Pos Kasir Yang Tepat

Aplikasi Pos Kasir

Sebelum Anda membeli atau menyewa mesin kasir register atau sistem program pos kasir (POS-point of sales), bagusnya Anda mencari saran dari seorang profesional yang berpengalaman sebelum membuat keputusan akhir membeli produk tersebut. Pilihan yang buruk dapat menyebabkan turunnya omzet penjualan atau kesan terkait layanan pelanggan menjadi negatif. Namun, pada akhirnya, hanya Anda yang paling tahu apa yang tepat untuk bisnis toko ritel Anda.

Baca Juga: 5 Tips Efektif Manajemen Stok Barang

Cara Memilih Mesin Kasir dan Aplikasi Pos Kasir yang Tepat

Aplikasi Kasir Toko

Aplikasi Kasir Toko (Sumber: Google.co.id)

Harga sebuah mesin kasir resgiter berkisar antara 1 juta hingga 10 juta rupiah. Mesin kasir adalah peralatan penting dalam bisnis ritel apa pun. Selain membuat transaksi pembayaran lebih cepat dan lebih akurat, mesin kasir juga dapat memberikan keamanan ekstra untuk melacak arus kas dan bahkan inventaris toko Anda. Banyak mesin register kas ditawarkan dengan fitur-fitur canggih seperti layar sentuh dan mesin pemindai (barcode). Ketika memilih yang tepat untuk Anda, penting untuk mengevaluasi kebutuhan bisnis Anda baik untuk saat ini hingga di masa mendatang.

  1. Evaluasi bisnis Anda berdasarkan ukuran seberapa banyak transaksi toko Anda dan jumlah kategori produk yang dimilikinya. Jika Anda memiliki toko yang sangat besar, Anda mungkin memerlukan mesin kasir dengan bantuan kode produk dan alat pemindai (barcode). Jika Anda menjual banyak barang curah, Anda mungkin perlu skala alat bantu yang terhubung langsung ke mesin kasir. Jika Anda memerlukan lebih dari satu mesin kasir, maka Anda juga perlu menggunakan beberapa login kasir.
  2. Lakukan Brainstorming (studi banding) untuk calon pelanggan dan cari tahu fitur apa yang mungkin Anda butuhkan dari mesin kasir tersebut. Misalnya, jika kebijakan toko Anda memungkinkan pertukaran produk atau pengembalian tanpa tanda terima, Anda mungkin perlu menggunakan mesin kasir untuk mencari riwayat transaksi masa lalu atau harga produk. Jika bisnis Anda berlokasi di lingkungan yang berpotensi tidak aman, Anda harus memikirkan fitur keamanan seperti kata sandi dan kunci brangkas pengaman.
  3. Lihatlah ruang toko Anda dan catat di mana Anda berencana untuk menempatkan mesin kasir. Catat seberapa besar ruang penghitungnya. Tentukan apakah ada outlet listrik atau tidak. Jika tidak, Anda mungkin perlu mesin register yang dioperasikan dengan baterai.
  4. Berbelanja sekitar untuk membandingkan harga dan fitur. Untuk register kas sederhana, kunjungi toko peralatan kantor setempat untuk memilih yang sesuai. Untuk mesin yang lebih rumit dan berteknologi tinggi, Anda mungkin harus langsung menuju ke pabrik atau memesan secara online. Harga mesin register kasir bervariasi mulai dari 1 juta hingga 10 juta rupiah. Beberapa memiliki jaminan garansi, sementara yang lain banyak juga yang menawarkan pemeliharaan rutin dan pembaharuan produk. Jangan lupa juga, bahwa Anda mungkin perlu menyiapkan bahan cetak ulang seperti kertas tanda terima, tinta, dan perangkat lainnya, sehingga Anda juga harus menyiapkannya dalam bentuk persediaan.
  5. Rencanakan proyeksi untuk kebutuhan masa depan. Sisakan ruang untuk ekspansi sehingga mesin kasir Anda akan bertahan lebih lama.
  6. Bandingkan produk. Tanyakan kepada pemilik ritel lainnya untuk mendapatkan pendapat mereka tentang apa yang berhasil dan yang tidak.
  7. Beli dari perusahaan yang sudah mapan. Berinvestasi dalam mesin kasir yang dapat diandalkan akan menghemat uang Anda dalam jangka panjang.

Bagaimanakah Memilih Tempat Yang Tepat Untuk Membeli Mesin Kasir Register Dengan Sistem Program Pos Kasir?

Saat akan membeli mesin register dengan sistem POS, secara prinsip, semakin banyak perangkat keras POS ditambahkan ke sistem, semakin tinggi biayanya. Anda dapat menemukan mesin kasir sederhana dengan harga di bawah Rp. 2 juta tetapi bisa membayar lebih sebesar Rp. 3 juta hingga Rp. 5 juta untuk mesin register yang lebih canggih dengan pemindai, tiang pajangan dan fungsi lainnya. Tidak apa-apa untuk memilih model low-end untuk memulai bisnis toko selama Anda meningkatkannya nanti, seiring pertumbuhan bisnis.

Lihat di suplier lokal sekitar Anda. Kadangkala, mesin kasir atau sistem POS bekas akan jauh lebih murah daripada yang baru namun bisa dipakai dengan layak. Pilihan lain untuk pebisnis pemula yang tidak punya modal besar adalah menyewa sistem dari pemasok peralatan bisnis.

Jika Anda menginginkan Aplikasi Kasir Toko dengan berbagai fitur yang lengkap, Anda bisa menggunakan Software Kasir Bee.id!

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Digital Marketing | Bisnis itu 'Efek', penyebabnya itu penggunanya sendiri..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.