Cara Mempertahankan Bisnis Ritel Ditengah Peningkatan Transaksi Online

Cara Mempertahankan Bisnis Ritel Ditengah Peningkatan Transaksi Online

Memulai sebuah usaha nyatanya bukan hanya membutuhkan sokongan berupa modal dan daya manusia saja. Karena membangun tanpa dasar pertimbangan yang akurat juga dapat mengurangi daya saing toko. Apalagi jika bisnis yang ingin didirakan adalah ritel, diperlukan trik ampuh supaya dapat bertahan. Hal ini menyusul banyak robohnya binsis ritel raksasa, seperti Matahari.

Belakangan ini, industri ritel di Indonesia memang tengah mengalami penurunan cukup signifikan. Ada beragam faktor yang menjadi penyebabnya. Yang pertama dan paling utama adalah pergeseran gaya hidup masyarakat ke arah lebih modern dan praktis, yaitu dengan beralih ke aktivitas belanja online dibandingkan pergi ke toko real secara langsung.

Faktor Penyebab Kebangkrutan Bisnis Ritel :

1. Pertumbuhan Ekonomi

Bukan hanya di Indonesia, pertumbuhan di sektor ekonomi juga turut menggencet usaha ritel di seluruh dunia. Hal tersebut juga yang kemudian membuat publik beralih belanja ke sistem online dibandingkan ke toko ritel real. Pola hidup masyarakat yang berubah ini disinyalir menjadi salah satu dampak hebat kebangkrutan bisnis ritel di tanah air.

2. Produk Tidak Menarik

Sebagian besar kalangan masyarakat yang mulai mengurangi kegiatan ke toko ritel real mengatakan, bahwa produk di toko real itu-itu saja, dengan kata lain sudah kuno dan tidak menarik. Jika dibandingkan dengan toko online yang produknya lebih lengkap dan kekinian. Oleh sebab itulah, dianjurkan kepada pengusaha ritel untuk bisa berinovasi kreatif.

3. Harga Terlalu Tinggi

Toko ritel yang sudah memiliki nama dan didirikan di kawasan perkotaan, khususnya pusat wisata sudah pasti membanderol harga tinggi. Belum lagi pajak berapa persen yang dibebankan kepada pembeli. Hal tersebut tentu saja membuat pembeli merasa kapok dan tidak ingin datang lagi.

Tips Untuk Mempertahankan Bisnes Ritel di Era Modern :

1. Menyediakan Produk Lengkap

Kelengkapan produk menjadi salah satu alasan yang mendasari seseorang datang ke sebuah toko ritel. Karenanya, pastikan bahwa di toko Anda tidak kekurangan suatu barang apapun. Untuk menarik lebih banyak konsumen, sebaiknya sediakan juga produk terbaru dari suatu brand yang sedang nge-trend, karena publik menyukai sesuatu yang baru.

2. Harga Terjangkau

Harga merupakan salah satu faktor yang membuat usaha toko ritel kalah telak dari online shop. Karena di toko online, konsumen dapat dengan mudah memilih harga terendah sesuai keinginannya. Oleh sebab itu, apabila usaha ritel Anda dapat tetap berada di posisi stabil, maka usahakan untuk memajang harga terjangkau untuk menarik pembeli.

3. Meningkatkan Kualitas Layanan

Kualitas layanan merupakan salah satu strategi paling ampuh untuk mempertahankan loyalitas konsumen. Oleh sebab itu, ketika melakukan perekrutan pegawai maka pastikan kalau orang tersebut memilik kepribadian ramah kepada semua orang. Karena konsumen akan malas bertandang ke toko Anda apabila pelayannya jutek dan acuh.

4. Lokasi Strategis

Supaya bisnis ritel yang akan dibangun dapat bertahan di tengah pergolakan ekonomi yang meningkat signifikan, maka pemilihan lokasi strategis juga harus diperhatikan. Setidaknya toko yang dibangun pada jarak maksimal 5 Km dari lokasi pemukiman penduduk. Di samping itu, pastikan juga tidak berdiri terlalu berdekatan dengan toko ritel lain.

5. Melakukan Kolaborasi

Di era modern sekarang ini, Anda bisa dengan mudah berkolaborasi dengan siapapun yang diinginkan. Misalnya selebgram, blogger, dan social influencer untuk mempromosikan usaha milik Anda. Meskipun konsepnya adalah toko ritel real, namun jika ingin omset naik maka Anda bisa menggunakan sosial media atau e-commerce juga untuk menjangkau pasar lebih besar.

Mencegah lebih baik daripada mengatasi. Jadi sebelum toko Anda mengalami bangkrut, ada action yang harus Anda lakukan agar terhindar dari penyakit tersebut.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *